Pontianak Post - [PDF Document] (2024)

Pontianak Post - [PDF Document] (1)

Eceran Rp. 2.500PERTAMA DAN TERUTAMA DI KALIMANTAN BARAT

11:41 15:04 17:45 18:57 04:16

“Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang

ditentukan waktunya atas orang-orang yang ber-

iman.” (An-Nisa’: 103)

Online: http://www.pontianakpost.com/ Jawa Pos Group Media*Mempawah, Sambas, Singkawang, Bengkayang Rp 2.500 *Landak, Sanggau, Sintang Rp 3.000 *Ketapang Rp 3.000 *Kapuas Hulu Rp 3.000

Jumat, 15 Mei 2009 M / 19 Jumadil Awal 1430 H

Pontianak Post

Di antara sejumlah aset Tentara Nasional

Indonesia yang diang-gap tidak memenuhi

unsur kelayakan, masih ada segelintir ’’harta’’

yang bisa dibanggakan. Salah satunya adalah

armada rumah sakit terapung KRI dr Soehar-so. Bukan hanya desain yang canggih, kapal itu juga dilengkapi fasilitas

medis mutakhir.

ZULHAM MUBARAK,Manado

Darurat Tertangani Cepat karena Dokter Tinggal Pindah KamarKRI dr Soeharso; Rumah Sakit Terapung Satu-satunya di Asia Tenggara

DENGAN dimensi panjang 122 meter dan bobot saat kosong 11.394 ton, KRI dr Soeharso terlihat

menonjol di antara kapal-kapal ne-layan yang melaut di sekitar Teluk Manado. Sudah hampir sepekan

terakhir kapal yang juga disebut rumah sakit terapung tersebut parkir di Perairan Manado.

Hal itu dilakukan tak lain karena KRI yang memiliki fasilitas medis

Ke Halaman 11 kolom 5

BELUM lama ini Sheila Marcia gembar-gembor ingin menikah muda dengan kekasihnya, Josh Pe-

ter. Bahkan ketika masih di bui, Josh rajin mengejenguk Sheila dan mem-berikan dukungan kepada gadis 22 tahun ini.

Tapi setelah bebas dan eksis kembali di dunia artis, Sheila malah memutuskan pria yang pernah men-jadi gay itu. Apak-ah Sheila sudah kembali terbuai dengan kehidupan artis? Sheila sep-erti lupa kacang dengan kulitnya.

“Kalau sesuatu yang dipaksakan

biasanya akhirnya tidak baik. (Putus) yang terbaik untuk kita berdua,” kata Sheila tenang.

Sheila Marcia

SELEBRITASKacang Lupa Kulit

SURABAYA--Penampilan Miami Heat Dancers termasuk yang paling bikin penasaran di ajang NBA Madness presented by Jawa Pos, bulan Juni nanti di Surabaya. Apalagi, penggemar bukan hanya bisa melihat mer-eka beraksi. Dua dancer terbaik juga dapat kesempatan berko-laborasi dengan enam anggota dance team paling populer di NBA tersebut.

Berbagai kompetisi basket seru memang mewarnai even yang diselenggarakan 4-28 Juni.

Ada Jawa Pos Slam Dunk Con-test, Honda Beat 3-Point Shoo-tout, Mie Sedaap 3 x 3 Challenge, dan beberapa lainnya. Selain itu, ada pula kompetisi non-basket, Flexi Dance Competition.

Kompetisi in i terbuka untuk umum, dengan batasan usia maksimal 25 tahun. Setiap kelompok

terdiri atas empat sampai enam dancer. Setelah beberapa tahap audisi, lima dance team bakal

lolos ke babak final, di weekend penu-

tup NBA Mad-ness presented by Jawa Pos, 25-28 Juni di

Supermal Paku-won Indah.

Di babak fi-nal itu, enam

personel Miami Heat Dancers tampil sebagai juri. Jackie, Jenny,

Kristina, Maddy, Sarah, dan Shea bukan hanya memilih tim juara. Mereka akan mencari dua dancer terbaik. “Dua orang itulah yang akan diajak berkolaborasi dengan Miami Heat Dancers pada hari penutupan,” kata Masany Audri, general manager DBL Indonesia, penyelenggara NBA Madness presented by Jawa Pos.

Masany mengingatkan, pen-galaman itu bakal menjadi pen-galaman tak terlupakan. Sebab, Miami Heat Dancers adalah juara

JAKARTA – Komisi Pember-antasan Korupsi (KPK) tidak mau berpangku tan-gan menghadapi perkembangan kasus Antasari Azhar. Karena itu, KPK membentuk komite etik untuk menyidangkan du-gaan pelanggaran etika yang dilakukan mantan jaksa tersebut.

Empat pimpinan KPK telah

PONTIANAK--Kawin kontrak atau mut’ah kian marak di tanah air. Kawin dengan batas waktu ini tak saja dilakukan oleh turis-turis Timur Tengah saat wisata di Puncak, Bo-gor, namun mulai diikuti masyarakat umum. Buku-buku penjelasan mut’ah juga telah beredar.

Bagaimana Islam menyikapi hal ini. “Dalam Islam, kawin kontrak jelas tidak dibenarkan,” kata Ketua MUI Kalbar, dr H Achmad Zaim M.Kes kepada Pontianak Post ke-marin (14/5).

Dijelaskannya, kawin kon-trak bertentangan dengan tujuan persyari’atan akad nikah, yakni

membangun ikatan keluarga yang langgeng (mitsaqan ghalidzha) yang dipenuhi dengan sinar kedamaian (sakinah), saling cinta (mawaddah), dan saling kasih-sayang (rahmah).

Selain berseberangan dengan ajaran keislaman, lanjut Zaim, mayoritas umat Islam di Indonesia penganut paham Sunni (Ahlus Sunnah wal Jama’ah), pelaksanaan kawin kontrak juga bertentangan dengan UU Nomor 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam yang sifatnya mengikat.

Dalam fatwanya, MUI telah mengharamkan terjadinya kawin kontrak atau mut’ah. Dalilnya adalah Al Quran Surah Al Mukminun (23) ayat 5-6, yakni “Dan (diantara sifat

mukmin itu) mereka memelihara kemaluannya kecuali terhadap istri atau jariah mereka maka sesung-guhnya mereka (dalam hal ini) tidak tercela.”

Ayat di atas, dijelaskan Achmad Zaim, hubungan kelamin hanya diperbolehkan kepada wanita yang telah bestatus istri atau jariah yang sah. “Wanita yang diambil sebagai jalanmut’ah tidak berfungsi sebagai jariah. Akad mut’ah bukan akad nikah,” tegasnya.

Beberapa alasan yang mendasari pemikiran itu adalah mut’ah tidak saling mewarisi. Sedangkan akad nikah menjadi penyebab memper-oleh harta warisan; iddah mut’ah

EKS KAPAL AMFIBI: KRI dr Soeharso terlihat dari speedboat pengangkut pasien saat bersiaga di Perairan Manado, Sulawesi Utara, kemarin (foto kiri). Salah satu fasilitas operasi di dalam kapal.

PALING POPULER:Miami Heat Dancers saat tampil di salah satu pertand-ingan NBA. Mereka akan tampil dengan dancer lokal terbaik Indone-sia peserta NBA Madness.

Victor Baldizon/NBAE/Getty Images

Kolaborasi Bareng Dancer Terbaik

Ke Halaman 11 kolom 5

KPK Duga Antasari Langgar Kode Etik

menugasi Deputi Pengawasan In-ternal dan Pengaduan Masyarakat

Ke Halaman 11 kolom 5Ke Halaman 11 kolom 5

Kawin Kontrak Rendahkan Martabat Perempuan MUI Haramkan Mut’ah

JAKARTA--Hampir pasti pemilihan presiden 2009 akan diikuti tiga pasangan. Yakni Jusuf Kalla-Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono-Bo-ediono, dan Megawati Soekarnoputri-Prabowo. Dari sisi elektibilitas, pasangan SBY-Boediono memiliki kans lebih besar dibanding dua pasan-gan lainnya.

Hasil survei Lem-baga Survei Indo-nesia (LSI), sampai awal Mei, posisi incumbent masih sangat dominan. Pasangan SBY-Boediono diprediksi bakal mengungguli lawan-lawannya. Temuan LSI memang menemu-kan pasangan SBY-Boediono memimpin dengan 70 persen. Menyusul jauh dibelakangnya Mega-Prabowo dengan 21 persen. “Sekarang memang belum mulai kampanye. Saya nggak tahu bisa atau tidak Mega-Prabowo mengejarnya,” kata Direktur Eksekutif LSI Saiful Mujani di kantornya, Jalan Lembang Terusan, Menteng, kemarin (14/5).

SBY-Boediono Masih Teratas

JAKARTA--Setelah Shalat Jumat hari ini, PDIP akan mendeklarasikan cawapres Megawati. Acara tersebut rencananya diselenggarakan di kediaman pribadi Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng. Meskipun belum ada keterangan resmi, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto kabarnya sudah luluh hatinya dan menerima pinangan sebagai cawapres Megawati.

“Saya yakin keputusannya memang harus hari ini, tidak ada hari lagi. Kalau kita mau deklarasi ya besok, sehingga sabtu pagi didaftarkan,” kata Sekjen DPP PDIP Pramono Anung, kemarin (14/5).

Diprediksi Satu Kali Putaran

Ke Halaman 11 kolom 1

Deklarasi Mega Tanpa KiemasGandeng Prabowo Tantang SBY

Ke Halaman 11 kolom 5

RAKA DENNY/JAWAPOS

TOLAK BOEDIONO: Massa dari Komando Rakyat Anti Neolis berunjukrasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/5). Mereka menolak salah satu calon wakil presiden yang akan digandeng oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Ke Halaman 11 kolom 5

Pontianak Post - [PDF Document] (2)

Cover story2 Pontianak Post - Jumat 15 Mei 2009

ingin pasang iklandi...Pontianak Post

Call aja...disini...

735071gedung GRAHAPENA Lt.2

Jl. Gajahmada No. 2-4 Pontianak

surabaya sport Center Dijadwalkan selesai Akhir 2009

SURABAYA – sudah puluhan tahun surabaya menantikan kompleks olahraga yang memadai. sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, surabaya memang sudah tak punya stadion yang memadai. stadion Gelora 10 Nopem-ber, yang didirikan pada 1951, sudah jauh dari status layak. sekarang warga surabaya tidak perlu lagi menunggu terlalu lama. Dan, kali ini warga sura-baya bisa menung-gu sesuatu yang spek-takuler.

ti d a k lama lagi surabaya memang bakal memiliki kompleks olahraga super-megah dengan fasilitas superlengkap. Proyek bernama surabaya sport Center (ssC), yang memakan dana rp 440,2 miliar, dijadwalkan selesai paling lam-bat Desember 2009.

Berlokasi di kawasan Benowo, surabaya Barat, kompleks itu terdiri atas sebuah stadion utama berkapasi-tas 50 ribu penonton, sebuah stadion indoor berkapasitas 10 ribu penonton, dan sebuah masjid. Nanti kompleks tersebut juga direncanakan memiliki stadion atletik dan sirkuit.

Wali Kota surabaya Bambang Dwi Hartono mengatakan bahwa pemerintah kota memang tidak ingin membangun sembarangan. ’’stadion itu dibangun sangat memadai dan ber-

standar internasional,’’ tandasnya. Bambang berharap, kompleks itu

bakal menjadi salah satu kenangan manis yang dia tinggalkan setelah tidak lagi menjabat wali kota (bera-khir 2010). Dia berharap, siapa pun penggantinya nanti, proyek tersebut bisa dilanjutkan karena untuk kepent-ingan orang banyak.

’’saya tidak tega melihat penonton sepak bola yang tidak bisa masuk kalau di stadion tambaksari (Gelora 10 Nopember, red),’’ ucapnya. Lokasi ssC memang tergolong ter-pencil. Di pinggiran surabaya. Bagi yang penasaran ingin melihat, paling cepat naik tol arah Gresik, keluar ke arah romokalisari. setelah itu, tinggal mengikuti jalan menuju ke Lahan Pembuangan sampah (LPs)

Benowo. Kompleks ssC berada di sebelah LPs tersebut.

Lama tidak dibicarakan, kompleks itu ternyata sudah mulai terlihat ben-tuknya. Dari kejauhan, stadion utama yang dinamai Gelora Bung tomo terse-but sudah terlihat begitu besar.

Apalagi bisa ke dalamnya. Kalau berdiri di tengah-tengah stadion yang sedang dibangun itu, kita sudah bisa membayangkan bagaimana atmosfer

pertandingan nanti. sebab, tribun utama di dua sisi sudah mulai berbentuk.

Menurut Adhi-recon, Jo. sebagai kontraktor, proyek itu berjalan sesuai jadwal. target penyelesaian bulan ini (Mei) diklaim sudah terpenuhi, bahkan melampaui target. Mei ini pengerjaan stadion utama ditargetkan rampung 24,25 persen. Mereka mengklaim, saat ini pengerjaan mencapai 28,67 persen.

sudardi, seorang engineer utama di kontraktor tersebut, mengatakan bahwa atap stadion mulai dipasang bulan depan. Dia menjelaskan, sesuai kontrak, pengerjaan seharusnya selesai oktober mendatang. Namun, karena pemkot terlambat dalam menyerahkan lahan, pengerjaan dimungkinkan molor hingga Desember. ’’tapi, Desember sudah siap,’’ tandasnya.

Boedi M. Wibowo, presiden komis-aris Pt Isoplan selaku construction management ssC, juga menyata-kan optimistis bahwa proyek terse-but bisa selesai akhir tahun ini. Dia menjelaskan, secara keseluruhan proyek ssC rampung 38,22 persen. Gelora Bung tomo merupakan cen-terpiece (komponen utama) dari ssC. stadion utama di ssC ini disiapkan se-bagai stadion yang superkomplet. Bu-

kan hanya menampung 50 ribu orang, stadion itu juga disiapkan memiliki standar fasilitas yang tinggi. Untuk penonton, disediakan tiga kelas. Ada standar, vIP, dan vvIP. Anita yuliani, engineer Adhi-recon, Jo., menjelaskan bahwa Gelora Bung tomo memiliki 21 pintu masuk di sekeliling stadion. Masing-masing pintu memiliki dua akses menuju ke tribun. ’’Dengan ban-yaknya akses itu, penonton bisa lebih leluasa dan nyaman,’’ ujarnya.

Demi menjaga ketertiban dan keamanan saat masuk, pintu masuk dibuat berkelok-kelok seperti ular. setiap jalur hanya muat satu baris pe-nonton dengan dibatasi besi kukuh yang mampu menahan desakan penonton.

Alur antrean itu nanti melewati sebuah ruangan khusus yang menjadi

tempat screening. Di sana semua penon-ton yang akan masuk stadion diperiksa satu per satu oleh petugas keamanan. ’’Itu dilakukan untuk menyaring penon-ton yang membawa benda-benda yang dilarang. Misalnya, senjata maupun minuman keras,’’ ucap Anita.

Di dalam stadion, penonton langsung menempati tribun. Khusus untuk pe-nonton kelas standar, tempat duduknya tidak berbentuk kursi plastik, melainkan dari beton. Meski begitu, penonton tetap dibuat nyaman. sebab, setiap ’’tangga’’ duduk penonton dirancang selebar 80 cm. Dengan demikian, penonton bisa duduk enak karena alas duduknya lebar. tidak hanya itu, tinggi dudukan dibuat 48 cm. Anita mengatakan, hitungan itu mempertimbangkan faktor kenyamanan selama menonton. Posisi kaki bisa rileks meski dalam posisi duduk.

tempat duduk penonton sengaja tidak dibuat dari plastik. Perempuan asal Nganjuk itu menjelaskan, berdasar pengalaman di beberapa stadion, dudu-kan yang berbentuk kursi justru mudah rusak. Apalagi, bahannya kebanyakan dari plastik. ’’Malahan sering dipatah-kan dan menjadi alat untuk melempar suporter lawan,’’ ucapnya.

selain itu, tempat duduk dari beton lebih awet meski terkena hujan dan panas setiap hari. Juga tidak mudah dirusak. Dan, yang lebih penting tidak bisa dijadikan alat untuk berbuat kek-erasan. Fasilitas lain yang tidak keting-galan, tersedianya toilet yang lokasinya tidak jauh dari tempat duduk penonton. toilet itu merata di beberapa penjuru stadion. Dengan demikian, penonton tidak kesulitan menemukannya.

ssC juga menyediakan tempat yang khusus menjual makanan dan minuman. Lokasinya berada di lantai 1. Penonton bisa leluasa mengakses lantai satu dan tribun selama pertandingan. ’’Kalau pas nonton lapar, ada resto yang menyajikan aneka makanan dan minuman. tidak perlu keluar gedung,’’ tutur Anita.

Lain halnya dengan penonton kelas vIP dan vvIP. Untuk kedua kelas

itu, ssC menyediakan fasilitas plus. tiket kelas vIP dijual khusus, nanti bisa beli di lokasi maupun dengan cara online. Di sana penonton kelas ini disediakan tempat duduk menggunakan kursi sejenis sofa yang empuk. Kursi tersebut menghadap langsung ke arah lapangan. Dengan begitu, penonton bisa rileks dalam menikmati pertandingan.

Kapasitas kelas vIP terbatas, hanya 4.370 tiket. view-nya bakal istimewa karena berada di lantai 4–7. Untuk vIP, disediakan toilet khusus yang tidak tercampur dengan penonton kelas standar. Di lokasi tersebut juga disedia-kan resto yang menyediakan makanan dan minuman. Hanya, penonton tidak perlu turun ke lantai 1 karena sudah tersedia di lantai yang sama. ’’Bisa saja bentuknya resto, kafe, atau sejenis lain-nya,’’ ucap Anita. Lain lagi penonton kelas vvIP. Penonton diberi pelayanan seperti di hotel. Kelas istimewa itu disediakan khusus untuk tamu-tamu penting. ’’seperti pejabat negara atau yang lain,’’ kata Anita. Penonton kelas itu ditempatkan di ruangan khusus yang terpisah dari penonton lainnya.

Untuk kelas tersebut, hanya tersedia delapan ruangan. Kapasitas masing-masing ruangan beragam, bergantung kepada tipenya. Ada yang superior, ada pula yang standar. secara keselu-ruhan, kelas vvIP hanya menampung 130 penonton. Kalau di eropa atau Amerika serikat, ruang-ruang itu disebut corporate suite, biasanya di-jual ke perusahaan-perusahaan yang berminat.

Di dalam ruangan disediakan sofa dan meja layaknya ruang tamu. Masing-masing ruangan diberi pelayan yang siap menyediakan segala sesuatu yang diminta tamu tersebut. Bahkan, untuk memesan makanan dan minuman, disediakan interkom yang tersambung langsung dengan pelayan yang sudah disediakan. Dengan demikian, pe-nonton yang ingin makan tidak perlu beranjak dari kursi atau keluar ruangan. Pembangunan Gelora Bung tomo telah

disusun sedemikian rupa. termasuk memperhitungkan kemugkinan ter-jadinya kerusuhan yang menyebabkan penonton mengamuk hingga turun ke lapangan. Untuk mengatasi itu, Gelora Bung tomo telah dikonsep untuk mengatasi turunnya penonton ke dalam lapangan. salah satu di antaranya, mem-buat jarak cukup jauh antara lapangan dan tribun penonton paling bawah. Di depan tribun paling bawah dibuat pem-batas besi setinggi 1,5 meter. Ujungnya berbentuk huruf t. ’’Pagar itu tidak mu-dah dinaiki penonton untuk melompat ke dalam lapangan,’’ jelas Anita.

Di depan pagar itu lantas ditambahi semacam parit selebar dua meter yang mengelilingi lapangan. Jarak tribun paling bawah dengan dasar parit dibuat 3,75 meter. Jauh sekali. ’’Dengan jarak tersebut, penonton pasti pikir-pikir ka-lau mau terjun dari tribun ke lapangan lewat parit,’’ tambahnya.

Anita bercerita, Wali Kota Bam-bang D.H. sempat berkelakar ke-tika mengunjungi lokasi tersebut rabu lalu (13/5). Bambang mengatakan, sebaiknya parit itu juga diisi bua-ya. supaya penonton benar-benar tak berani melompat ke dalamnya. Dengan progres yang ada ini, warga surabaya tentu sudah berangan-angan seandainya ssC kelak sudah rampung. Bukan hanya stadion utama, juga fasilitas-fasilitas lain. Hanya, masih banyak yang skeptis terhadap masa de-pan proyek tersebut. Apalagi, lokasinya begitu jauh dari keramaian.

Menanggapi keraguan itu, Wali Kota Bambang D.H. mengingatkan kita untuk berpikir jangka panjang. Dia menerangkan, pembangunan di kawasan surabaya Barat dimaksudkan untuk membagi arus keramaian yang selama ini berada di pusat kota.

selain itu, pemenuhan kebutuhan lahan 100 hektare untuk pembangu-nan proyek tersebut juga tidak dapat dipenuhi di pusat kota. Menurut Bam-bang, pembangunan ssC itu nanti menjadi pembangkit pembangunan di wilayah surabaya Barat. Apalagi, pemkot saat ini juga membangun ru-mah sakit surabaya Barat (rssB) yang masih dalam tahap pengerjaan.

’’Nanti kawasan itu akan menjadi kota baru,’’ tandas Bambang, yang ke-mudian menambahkan bahwa saat ini banyak lahan di sekitar kawasan ssC yang dibeli developer.

Bambang juga menanggapi kekha-watiran soal akses menuju ke stadion. Dia menyatakan sudah menjalin ko-munikasi dengan Kementerian Peker-jaan Umum di Jakarta guna membuka akses jalan tol untuk bisa diarahkan ke stadion. Hasilnya, pemerintah pusat memberikan lampu hijau terhadap usul tersebut. Karena itulah, stadion tersebut kelak tidak akan lagi terasa jauh. ’’Konsepnya nanti, akses ter-hubung lewat tol,’’ ucapnya.

Pembukaan akses jalan tol itu me-mang krusial. Khususnya untuk me-mudahkan jalan dari Bandara Juanda. salah satu syarat gedung berstandar in-ternasional memang kemudahan akses dari bandara. Bambang menjelaskan, dari Bandara Juanda, gedung itu nanti bisa diakses lewat tol Waru–Juanda. Dari Waru lantas masuk tol ke arah Benowo. (eko/aza)

Menunggu Spektakuler

JPNN

MAKET: Surabaya Sport Center akan menjadi kebanggan warga Jawa Timur.

PEMBANGUNAN:

Pengerjaan proyek SSC terus dilakukan

mengejar rampung 2009.

JPNN

Pontianak Post - [PDF Document] (3)

cmyk

cmyk

+

+

+

+

3Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009 NasioNal

Gandeng Kanada, Berlangsung Lima Tahun

JAKARTA - Jebloknya kuali-tas pelayanan publik di berbagai daerah menggugah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan serangkaian perbai-kan. Lima tahun ke depan, komisi akan melaksanakan perbaikan di sejumlah kabupaten di Sulawesi dengan membangun program E- Procurement .

Untuk melaksanakan program tersebut, KPK menggandeng Canadian International Develop-ment Agency (CIDA). Komisi akan mendapatkan hibah dari lembaga asing tersebut. “Kami mendapatkan hibah untuk pro-gram islands of integrity,” jelas Wakil Ketua KPK M Jasin saat penandatanganan MoU dengan CIDA, kemarin. Pihak CIDA diwakili Head of Aid CIDA Patricia Mc Cullagh.

Namun, kata Jasin, bantuan yang dikucurkan tersebut tidak berupa dana. “Kami mendapat-kan bantuan berupa kegiatan,” katanya. Dengan begitu, KPK tidak akan terbebani dengan tanggung jawab keuangan.

Prioritas program tersebut, kata Jasin, adalah perbaikan pelayanan publik di sejumlah daerah di Sulawesi. Program itu,

kata pria alumnus Universitas Brawijaya Malang, beragam bentuk. “Kalau selama ini sudah ada perbaikan pelayanan publik di suatu kabupaten di sana. Kami akan mendorong menjadi pe-layanan satu atap,“ katanya.

KPK juga melirik proses pen-gadaan barang. Caranya mendor-ong daerah menyelenggarakan E -Procurement. “Banyak contoh daerah berhasil menyeleng-garakan ini, seperti Surabaya,” katanya. Sekedar diketahui, pengadaan jasa yang amburadul selama ini memang menjadi biang praktik korupsi. Delapan puluh persen kasus korupsi yang ditangani komisi selama ini semuanya berasal dari sektor pengadaan barang dan jasa.

Daerah yang didorong untuk berubah itu, kata Jasin, adalah daerah yang punya niat kuat untuk berubah. “Kami akan memilih, sehingga bisa men-jadi pemicu daerah perbaikan daerah di sekitarnya dari utara hingga selatan akan kami pilih,” ungkapnya.

Proses perbaikan itu akan dilaksanakan tim KPK. CIDA sebagai pemberi hibah dilarang turut campur dengan pejabat daerah selama proyek berlang-sung. “CIDA tak akan bersentu-han langsung dengan pemerin-tah daerah setempat,” katanya. Proses evaluasi berlangsung tiap semester. (git)

JAKARTA - Bolak-balik pelimpahan berkas kasus pe-langgaran HAM berat antara Komnas HAM dan Kejak-saan Agung menarik perhatian man tan Jaksa Agung Marzuki Darusman. Marzuki yang kini menjabat sebagai penasehat Komnas HAM, kemarin (14/5), menemui penerusnya, Jaksa Agung Hendarman Supandji.

“Tadi membicarakan ke jaksa agung untuk mencari jalan (ke-luar),” kata Marzuki usai men-emui Hendarman. Dia mengakui sering ada perbedaan pendapat tentang penyelesaian perkara pelanggaran HAM berat.

Untuk menyelesaikan kebun-tuan itu, kata Marzuki, perlu ditetapkan prosedur tetap antara Komnas HAM dan Kejagung. Prosedur tersebut dalam ben-tuk memorandum kerjasama. “Bagaimana tata caranya su-paya lancar. Sekarang ini kan seperti ada mata rantai yang hilang antara kedua pihak,” urai mantan anggota Komnas HAM 1993-1998 itu.

Marzuki mengharapkan, de-ngan memorandum tersebut bisa memperlancar penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat. Termasuk ketika diteruskan ke DPR untuk pembentukan pen-gadilan HAM ad hoc. “Sekarang ini pandangan Komnas sendiri, pandangan Kejagung sendiri,

dan pandangan DPR atau politik sendiri,” terangnya. Dia mengaku telah menganjurkan kepada jaksa agung agar ada pembicaraan lebih lanjut dengan Komnas HAM.

Seperti diketahui, kasus pe-langgaran HAM terkatung-katung penyelesaiannya karena selalu bolak-balik berkas dari Komnas ke Kejagung. Di antaranya kasus Trisakti, Semanggi I dan II (TSS), Wasior Wamena, Penculikan dan Penghilangan Paksa, dan kasus Talangsari.

Menurut Kejaksaan, pe-nyelesaian harus menunggu terbentuknya Pengadilan HAM ad hoc. Itu sesuai dengan pasal 43 UU No. 26/2000, di mana kasus HAM berat yang terjadi sebelum diundangkannya UU itu, diperiksa dan diputus oleh Pengadilan HAM ad hoc den-gan Keppres atas usulan DPR. Selain itu, beberapa kasus tidak dapat ditingkatkan ke penyidi-kan karena telah disidangkan di Pengadilan Militer, seperti kasus TSS.

Namun Marzuki mengatakan, solusi yang lebih tepat adalah dilakukan revisi terhadap UU Pengadilan HAM. Misalnya memberikan wewenang kepada Komnas untuk memanggil paksa dan waktu pembentukan pengadi-lan ad hoc. “(Revisi) itu solusi yang paling tepat,” kata pria kelahiran Bogor, Jabar, itu.(fal/agm)

MANADO – Draf Deklarasi Kelautan Manado (Manado Ocean Declaration, MOD) se gera diadopsi 75 negara. Set-elah dibuka kemarin pagi (14/5) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), malamnya perwakilan menteri-menteri dan delegasi dalam konferensi kelautan internasional itu me-neken kesepakatan tentang MOD dengan suara bulat. Konferensi Kelautan Dunia pun tuntas.

Pembukaan World Ocean Con-ference (WOC) pada pukul 09.00 Wita tersebut ditandai berkuman-dangnya lagu karangan SBY berjudul Save Our Planet di grand ballroom 3 Grand Kawanua Con-vention Center (GKCC). Audiens pun menyambut dengan tepuk tangan dan standing ovation set-elah lagu itu dibawakan tim paduan suara Kota Manado.

Selain itu, untuk menandai pem-bukaan Konferensi Kelautan Dunia yang pertama tersebut, kepala negara memukul tetengkoren, alat musik tradisional Minahasa, dan menandatangani Sampul Hari Per-tama (SHP) Prangko Seri Istimewa

WOC 2009.Pada acara itu, SBY didampingi

Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menlu Hassan Wirajuda, Menkominfo M. Nuh, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, dan Gubernur Sulawesi Utara SH Sarunda-jang. Ketika membacakan pidato pembukaan, SBY menegaskan WOC tidak akan menghasilkan suatu proses baru untuk mengatasi perubahan iklim. ’’Harus dijelaskan bahwa WOC tidak menghasilkan proses baru namun memperkuat dan melengkapi kerangka kerja PBB untuk Konvensi Perubahan Iklim,’’ katanya.

Siang hingga sore kemarin, pembahasan materi-materi De-klarasi Kelautan Manado pada pertemuan tingkat menteri (minis-terial meeting) Konferensi Kelau-tan Dunia berjalan mulus. ’’Semua negara telah sepakat bahwa MOD harus masuk dalam kerangka kerja PBB pada konferensi perubahan iklim di Copenhagen, Denmark, Desember 2009,’’ kata Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi setelah menutup acara

WOC pada sorenya. Sejumlah negara yang segera mengadopsi deklarasi itu, antara lain, Indone-sia, Filipina, Thailand, Malaysia, Somalia, Suriname, Pakistan, Gre-nada, Amerika Serikat, Republik Korea, Prancis, India, Tiongkok, Kamboja, Angola, dan Namibia.

Tuntas dengan WOC, kerja panitia masih tersisa. Forum internasional yang diagendakan di Manado berlanjut dengan per-temuan Coral Initiative Triangle (CTI). Tadi malam Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono mengada-kan jamuan santap malam bagi para kepala negara KTT Inisiatif Segi Tiga Terumbu Karang alias CTI. Jamuan santap malam itu dihadiri sedikitnya 250 orang di GKCC.

Kepala negara peserta KTTB CTI yang hadir malam itu adalah Presiden Filipina Gloria Macapa-gal Arroyo, Presiden Timor Leste Ramos Horta, PM Papua Nugini Michael Somare, PM Kepulauan Solomon David Sikua, dan PM Malaysia Najib Razak. Turut hadir sejumlah duta besar negara saha-bat. Di antaranya, Amerika Serikat, Polandia, dan Tunisia. (zul/kim)

ZULHAM MUBARAK / JPNN

BUKA WOC: Presiden SBY, memberi pidato sambutan pada pembukaan Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference - WOC) dan sekaligus membukanya, di Grand Kawanua, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (14/5).

Lagu Ciptaan SBY Buka WOC

KPK Bangun E-Procurement di Sulawesi

Kasus HAM Macet, Marzuki Temui Jakgung

Pontianak Post - [PDF Document] (4)

4 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009LokoMotif keMaJuan ekonoMi kaLbar

INDEKS GLOBALINDEKS SEKTORAL BEIIHSG SAHAMTOP VALUE Stock Harga %BUMI 2175 8.75ENRG 435 24.28TINS 1980 3.12BTEL 141 9.30ELTY 270 20.00UNSP 880 6.02

TOP FREQ Stock Harga %BUMI 2175 8.75ENRG 435 24.28BTEL 141 9.30DEWA 179 5.29BNBR 94 5.61TINS 1980 3.12

TOP GAINERS Stock Harga %DLTA 42000 5.00BATA 25500 2.00BRPT 1370 22.32TCID 5750 3.60BUMI 2175 8.75INKP 1800 10.42

Valas dan Index SahamValas Jual Beli USD 9.942 10.942AUD 7.486 8.244EUR 13.479 14.836JPY 104.00 115.00SGD 6.784 7.474

Index Nilai (+/-) DOW JONES 8284.89 -2.18NASDAQ 1664.19 0.00HANG SENG 16541.69 -3.04NIKKEI 9093.73 -2.64STI 2122.11 -2.89Sumber: eTrading.co.id 14/05/2009 19:0:0 wib8/05 11/05 12/05 13/05 14/05

Kamis 14/05-09 Kamis 14/05-09

3.58

1851.33

1785.09

1862.53

1830.74 1842.02

AGRI 1525.51 -5.57MINING 1630.2 -7.97BASIC-IND 171.22 -3.72MISC-IND 325.22 -3.82CONSUMER 400.38 -1.14

PROPERTY 122.83 -3.10INFRASTRUC 565.28 -3.03FINANCE 213.89 -2.31TRADE 199.44 -1.12MANUFACTUR 310.69 -2.78

Selasa 12/05-09

9

BUMN

Wakil Ketua Umum Bidang- Organisasi Keanggotaan, Asosiasi & Himpunan : Junaidi SE- Pemberdayaan Pelaku Usaha & Kebijakan Publik : Drs.H.Soetaryo Seradi- Perhubungan & Infrastruktur : H.Abdulbad H.A.Rani

SPd- UMKM, Koperasi & Ekonomi Perdesaan : Drs.Ibrahim Banson SH- Industri, Perdagangan & Investasi : Arie Chandra- Jasa Konstruksi : H.Zulkarnaen M Noor- Energi, Distribusi BBM & Gas : Ir.J.Alexander Lesil- Pariwisata, Promosi & Hubungan Luar Negeri : Raja Sapta Oktohari- Jasa Pengadaan, Konsultan & Jasa Lainnya : Drs.H.Syamsul Rizal- Perkebunan & Pertanian : H.Syafrudin Nasution

SH MH- SDM, Ketenagakerjaan & Pendidikan : Budi Santoso SH MM- Sumber Daya Mineral & LH : Drs.Hengky RN- Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perbatasan : H.Subhan Nur- Keuangan, Perbankan, Dana & Sarana : Paulus Andy Mursalim

SE SIp MM- Perikanan & Peternakan : H.Usman Mailah- Kehutanan & Sumber Daya Alam : Makarius Sintong SH

MH- Real Estate & Pengembangan Wilayah : H.A.Aries Sanjaya SE

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali mengimbau perbankan segera menurunkan suku bunga deposito sehingga bisa diikuti oleh pemang-kasan suku bunga kredit. Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom mengatakan BI telah mengupayakan agar segmentasi likuiditas antara bank besar dan kecil bisa dikurangi.

“Kita harapkan bunga deposito bisa cepat turun karena persaingan antarbank untuk merebut na-sabah bisa dihilangkan. Dengan demikian kalau suku bunga deposito turun, suku bunga kredit bisa diturunkan karena biaya dana (cost of fund) bank turun,” kata Miranda di Gedung DPR, Jakarta, kemarin (14/5).

Selama ini suku bunga deposito masih sulit untuk turun karena perbankan masih berebut dana masyarakat. Miranda menyebutkan, selain faktor BI rate, ada faktor lain yang menentukan turun-nya suku bunga kredit. Faktor lain itu antara lain berupa persepsi risiko.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya bersama BI akan menyiapkan program dan langkah yang mendorong adanya penurunan suku bunga kredit perbankan. “Kami dan BI akan melihat program-program dan langkah ke arah itu,” kata Menkeu.

Hingga kini, Depkeu dan BI masih terus meman-tau reaksi perbankan terhadap penurunan BI rate dan ekspektasi mereka terhadap penurunan bunga. Pengucuran kredit oleh perbankan kepada sektor riil tetap menjadi prioritas dan fokus pemerintah. Penurunan biaya operasional bank seharusnya juga diikuti dengan penurunan bunga pinjaman oleh bank.

Menkeu mengatakan kredit bermasalah (NPL) akan menjadi kecil jika prospek ekonominya membaik. “K arena bagaimanapun kalau prospek ekonominya positif, seluruh sektor ekonomi mulai bergerak dan risikonya mulai mengecil, itu bisa mempengaruhi prospek pengembalian kredit yang telah disalurkan,” kata Menkeu. (sof)

JAKARTA - Pemerintah diminta mem-perluas insentif penghapusan pajak per-tambahan nilai barang mewah (PPnBM) produk elektronik, agar industri dalam negeri kembali berkuasa. Pengetatan im-por sejak 1 Januari 2009 lalu dinilai belum efektif memberantas produk impor.

“Pemerintah perlu memberikan insentif yang lebih luas bagi produk elektronik buatan lokal agar harganya dapat bersaing dengan produksi Tiongkok,” ujar Ketua

Electronics Marketer Club (EMC), Iffan Suryanto kemarin. Menurut dia, masih banyak masyarakat yang tertarik mem-beli produk elektronik Tiongkok, karena harganya murah meskipun kualitasnya kurang bagus.

Meskipun pemerintah telah memper-ketat importasi produk elektronik, tapi menurut Iffan, itu kurang maksimal karena hanya dilakukan di lima pelabu-han utama. Padahal, Indonesia memiliki

puluhan pelabuhan “tikus” yang bisa dimanfaatkan untuk menyelundupkan produk elektronik dari luar negeri. “Pengetatan pengawasan itu harus di-lakukan di seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

Sesuai hukum pasar, menurut Iffan, produk elektronik impor, terutama dari Tiongkok akan tetap laku di pasaran. Hal itu terjadi karena masyarakat Indonesia sangat sensitif harga. Otomatis produk Tiongkok yang berharga murah tetap akan diminati. “Dengan insentif itu, produsen elektronik dalam negeri dapat menghemat biaya produksi sehingga bisa memasarkan produknya dengan harga yang bersaing,” lanjutnya.

Public Relations & Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi (produsen Ploytron), Santo Kadarusman setuju dengan pendapat itu. Selaku pro-dusen elektronik dalam negeri terbesar di Indonesia, pihaknya berharap pemerin-tah lebih memperhatikan industri dalam negeri. “Supaya tumbuh kecintaan, kepercayaan, kebanggaan dan keyaki-nan masyarakat terhadap kemampuan produksi nasional,” tegasnya.

Menurut dia, Polytron tidak hanya dikenal di Indonesia, namun juga telah menjadi brand internasional. Produk

ini diekspor ke 25 negara. Permintaan yang lumayan besar datang dari Filipina, Thailand, Myanmar, India, Sri Lanka, Pakistan, Bahrain, UAE, dan Vietnam. “Kami berharap bisa meningkatkan pen-jualan Polytron khususnya untuk pasar ekspor yang selama ini hampir mencapai 10 persen. Tahun ini kita targetkan lebih dari 10 persen,” tambahnya.

Saat ini penjualan Polytron 90 persen di pasar domestik. Sebagai produsen elektronik dalam negeri, pihaknya mengaku telah berkarya selama 32 tahun dan menjadi satu-satunya produsen elek-tronik lokal-tanpa principal-yang terus menerus memajukan industri elektronik di tanah air. “Kita berharap produk In-donesia sukses di dalam negeri dan juga di luara negeri,” ungkapnya.

Hal itu ditempuh dengan melalui serangkaian produk-produk inovatif yang telah diluncurkan. Santo menjamin keseluruhan produk Polytron lahir dari tangan putra-putri Indonesia melalui pabrik yang berlokasi di Sayung, Sema-rang dan Kudus, Jawa Tengah. Bahkan PT Hartono Istana Teknologi telah mengantongi 21 paten di Indonesia, Canada dan Amerika Serikat. “Itu se-bagai komitmen yang diakui dan bukti adanya inovasi,” jelasnya. (wir)

PEMERINTAH menunda proses privatisasi BUMN sampai rampungnya proses pemilihan presiden. Proses ini akan kembali dimulai di

kuartal IV tahun ini. Hal ini diungkap Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu malam (13/5). Menurut-nya, saat ini semua pihak baik eksekutif ataupun legislatif tengah fokus di pemilu. Sehingga, proses privatisasi hanya bisa

dijalankan kembali ketika prose ini telah selesai. “Ya kita lihat dulu sekarang kondisi mau pemilu presiden. Moga-moga semua berjalan lancar dengan baik. Jadi bisa baik keadaannya. Kita sedang minta waktu ke komite privatisasi kalau tidak terlalu men-desak kita tunda sampai kuartal ke 4,” jelas Sofyan. Lebih lanjut, Sofyan mengatakan pelaksanaan pri-vatisasi seperti go publik tergantung pada kebutuhan negara. Pelaksanaan privatisasi dia akui untuk me-nambal kebutuhan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Saat ini belum ada kebutuhan men-desak untuk APBN. Sehingga, pelaksanaan privati-sasi tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Hal sama akan dilakukan pada penawaran sa-ham tambahan (green shoes) PT Bank Negara Indonesia Tbk. Sebelumnya, Pemerintah masih memiliki opsi melepas saham tambahan BNI. Na-mun, sejak dilepas, saham bank keempat terbesar ini tidak pernah kembali naik ke level Rp.2.050. “Karena masalahnya pilpres, mungkin ban-yak hal lain yg lebih mendesak. Untuk pri-vatisasi lebih kepada kondisi APBN teru-tama disamping harga pasar,” tambah Sofyan. Kendati begitu, Sofyan mengakui bahwa penundaan ini terkait dengan berakhirnya masa jabatan kabinet. Kemungkinan besar proses ini akan dilanjutkan oleh kabinet baru pascapilpres. Namun, dia menjanjikan proses privatisasi akan tetap dilanjutkan saat itu. “Untuk diketahui masa jabatan saya habis di Okto-ber oleh sebab itu jika terlalu mendesak kita tunda saja dulu. Tapi persiapan supaya disiapkan dulu. Nggak (akan molor) kita siapkan saja semuanya,” pungkas Sofyan.(*.mi)

JAKARTA - Kondisi indeks pasar modal akhirnya menemukan momentum koreksinya setelah beberapa hari masih bisa bertahan di zona positif. Kinerja bursa regional yang memburuk dinilai menjadi salah satu faktor yang mendorong pelemahan indeks.

Perdagangan saham kemarin (14/5), menun-jukkan kondisi indeks pasar modal anjlok 66,329 poin (3,58 persen) menjadi 1.785,003. Indeks LQ-45 turun 13,470 poin (3,75 persen) menjadi 345,358 dan Jakarta Islamic Index (JII) turun 13,647 poin (4,51 persen) menjadi 288,860.

Ini membuat indeks pasar modal yang sebel-umnya mendekati level 1.900 kembali menjauh dan berada dibawah 1.800.

Pengamat pasar modal Ikhsan Binarto menjelaskan bahwa kondisi bursa yang fully overbought sejak lama menemukan momentum koreksi seiring turunnya bursa regional diatas 2 persen.

“Indeks melemah 66 poin setara 3,6 persen ke level 1.785 membuat rally ke 1.900 tertunda

sem*ntara,” ujarnya di Jakarta kemarin (14/5). Di awal perdagangan, bursa saham langsung terkoreksi 0,03 persen ke level 1.850 seiring sen-timen negatif bursa global dan regional. Koreksi terus terjadi akibat maraknya aksi profit taking sehingga indeks saham pada sesi siang berada di posisi 1.815 sebelum ditutup di 1.785.

Transaksi perdagangan cukup ramai ditandai dengan frekuensi transaksi 203.360 kali, den-gan volume 30,297 miliar unit saham, senilai Rp.7,806 triliun. Sebanyak 60 saham naik, 155 saham turun dan 47 saham stagnan.

Analis Optima Securities tersebut menam-bahkan bahwa bursa saat ini sedang mencari keseimbangan baru mendekati middle Bollinger band sehingga cukup wajar bila terkoreksi.

“Selanjutnya arah pergerakan bursa akan dipengaruhi data PDB kuartal I 2009 yang diumumkan BPS hari ini. Kisaran pergerakan indeks pasar modal berada di level 1.720-1.880,” lanjutnya.

Saham-saham Grup Bakrie yang dlam beber-

apa hari terakhir menjadi pilar kenaikan indeks akhirnya harus tumbang juga. Hal ini ditandai dengan melorotnya berbagai harga saham ung-gulan salah satu konglomerasi nasional itu.

Diantaranya saham PT Bakrie & Brothers (BNBR) luruh 3,84 persen menjadi Rp.100, serta PT Bakrieland Development (ELTY) an-jlok 13,55 persen ke level Rp.255. Kemudian, saham PT Bakrie Telecom (BTEL) terpuruk 7,83 menjadi Rp.153, PT Bumi Resources (BUMI) tergelincir 11,36% nenjadi Rp.1.950, dan PT Darma Henwa (DEWA) melemah 6,25% ke level Rp.225 per unitnya.

Selain itu, emiten-emiten yang juga mengala-mi penurunan terbesar antara lain PT Astra Argo Lestari (AALI) anjlok Rp.1.550 ke Rp.16.900, PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) terpuruk Rp.1.300 menjadi Rp.17.350, PT Astra Interna-tional (ASII) tersungkur Rp.800 ke Rp.18.350, PT Gudang Garam (GGRM) jatuh Rp.450 ke Rp.7.950, dan PT Bukit Asam (PTBA) terkoreksi Rp.400 menjadi Rp.9.900. (iw)

Turunkan Bunga Deposito

Pemerintah Tunda Privatisasi

Tunggu GDP, Indeks Terkoreksi

Bebas PPnBM Elektronik Perlu DiperluasRALAT: Terjadi kekurangan nama pada susunan pengurus Kadin Kalbar pada Pontianak Society Halaman 16 yang terbit kemarin. Untuk itu kami terbitkan ulang susunan pengurus lengkap Kadin Kalbar Periode 2009-2014. Demikian ralat ini kami buat.

REDAKSI

Ketua Dewan Penasehat : Leo AbamKetua Dewan Pertimbangan : H.M.Ali KadirKetua Umum Dewan Pengurus : Santyoso Tio SH MH

Sofyan Djalil

JPNN

PRODUK UNGGULAN: PT Hartono Istana Teknologi, produsen elektronik merk Polytron menggelar berbagai produk unggulan terbarunya di arena Pameran Produksi Indonesia 2009 Kemayoran.

JPNN

25 JUTA: Mobil UPV buatan FT Univ Negeri Semarang Jawa Tengah, harga Rp.25-32 juta, di pameran PPI, Pekan Raya Jakarta kemarin.

Pontianak Post - [PDF Document] (5)

ekonomi bisnisPontianak Post Jumat 15 Mei 2009 5

migas

JAKARTA - Otoritas migas mulai frustasi dengan molornya jadwal produksi minyak lapangan Banyu

Urip di Blok Cepu. Pasal-nya, kendala pembebasan lahan belum menemukan solusi. Potensi hilangnya pendapatan negara pun terus membengkak.

Kepala Badan Pelak-sana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) R. Priyono mengatakan, mundurnya jadwal produksi Blok Cepu membuat negara rugi atau kehilangan potensi penda-

patan hingga USD 150 juta atau sekitar Rp 1,65 triliun. “Ini akibat mundurnya produksi dari Januari hingga saat ini,” ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR kemarin (14/5).

Menurut Priyono, jika produksi Blok Cepu makin molor, potensi hilangnya pendapatan negara akan makin besar.

Deputi Pemasaran dan Finansial BPMigas Djoko Harsono menyebut, potensi hilangnya pendapatan negara itu dihitung dengan asumsi produksi sebe-sar 20.000 barel per hari (BPH). Sedangkan harga minyak diasumsikan USD 50 per barel.

Dalam paparan di depan Komisi VII, Priyono menyebut salah satu kendala utama pengembangan Blok Cepu saat ini adalah pembebasan lahan untuk pengembangan fasilitas produksi berupa jalur pipa 10 inci sepanjang 10 km yang melintas di Kabupaten Tuban. “Sampai saat ini, izin pembebasan lahan dari bupati Tuban tidak kunjung turun,” tuturnya.

Priyono mengaku, BPMigas sudah memfasilitasi Mobil Cepu Limited (MCL), selaku operator, dalam upaya pembebasan lahan. Tapi, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. “Bupati Tuban sama sekali tidak kooperatif. Padahal, ini demi kepentingan nasional, dan juga untuk daerah,” ujarnya.

Untuk mencari solusi, BPMigas sudah meminta bantuan ke berbagai pihak. Termasukm Departemen ESDM hingga Wapres Jusuf Kalla (JK). “Kami sudah laporkan soal ini ke Pak Menteri (ESDM) dan Pak JK, tapi belum juga berhasil,” kata Priyono.

Bahkan, lanjut dia, masalah pembebasan lahan makin berat karena saat ini menteri kehutanan ikut mencabut izin penggunaan hutan untuk pembangu-nan pipa. “Karena izin dari bupati lama, izin dari Menhut keburu habis. Mesti mengajukan izin baru lagi. Jadi, pasti jadi makin lama,” terangnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan produksi awal (early production) Cepu sebesar 20.000 barel per hari pada Desember 2008. Lalu, jadwal mundur menjadi Februari 2009, namun mundur lagi menjadi Juni 2009. Saat ini, BPMigas menargetkan produksi awal bisa dimulai pada Agustus 2009.(owi/dwi)

Blok Cepu Molor, Rp.1,65 T Hilang

JAKARTA--Program stimu-lus sektor perdagangan se-nilai Rp.335 miliar dibatal-kan pelaksanaannya 2009, dan diprogramkan kembali 2010. “Untuk 2009 ini batal, nanti kita cari lagi. Kalau pembangunan infrastruktur kita lanjutkan, tapi yang ini kita batalkan,” kata Sekjen Departemen Perdagangan Ardiansyah Parman usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) tertu-tup dengan Komisi VI DPR, di Jakarta kemarin.

Menurutnya, pemerintah daerah tidak sanggup menye-lesaikan proyek pembangunan pasar dan gudang pada Oktober 2009. “Sebentar lagi bulan Juni dan belum di tender, sem*ntara proyek selesai Oktober, tidak ada yang sanggup,” ujarnya.

Meski demikian, program pembangunan pasar yang dida-nai APBN senilai Rp.100 miliar tetap dijalankan“Karena batasan waktu dan banyak pandangan dari anggota (DPR), jadi kita batalkan,” tambahnya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Depdag Subagyo me-nambahkan sebenarnya pro-posal yang diajukan oleh pemda sudah baik namun tidak bisa

diselesaikan pada Oktober. “Proposalnya semua bagus. Terkait soal waktu pelaksanaan ada yang bilang sanggup tapi selesainya Desember,” jelasnya. Menurut dia, pembatalan pro-gram stimulus sektor perda-gangan itu justru merupakan penghematan anggaran yang dapat dialokasikan kembali tahun depan (2010).

“Program stimulus tidak di-laksanakan, diprogramkan (kem-bali) 2010,” tegasnya.

Ketua Komisi VI yang me-nangani sektor perdagangan, perindustrian, BUMN, UKM dan Koperasi, Toto Daryanto men-gatakan pembatalan program tersebut atas permintaan Depdag yang mengaku belum siap.

“Kan ada syarat lahannya harus bebas sengketa. Kita tidak bisa memaksakan,” ujarnya. Anggota Komisi VI dari fraksi Partai Golkar, M Azwir Dainy Tara mengatakan pembatalan program stimulus sektor per-dagangan itu diputuskan oleh pemerintah sendiri bukan atas de-sakan DPR. “Yang membatalkan bukan DPR, tapi pemerintahnya yang tidak siap, walau dapat dana stimulus,” katanya.(*/mi)

StimulusPerdagangan Ditunda 2010

JAKARTA--Salah satu penyebab utama lesunya pengembangan perke-bunan kelapa sawit di tanah air adalah masalah tumpang tindih aturan terkait status lahan. Implikasi dari Undang-Undang Tata Ruang No 26 Tahun 2007. “Banyak pengusaha kelapa sawit belakangan terjerat masalah status hokum, lantaran ketidakpastian hukum soal status lahan. Kejadian ini sudah menjerat pengusaha ke-lapa sawit di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan serta di Sumatra Utara,” ujar Ketua GAPKI Cabang Kalimantan Tengah Eddy Martono saat berdialog dengan komisi IV DPR RI di Jakarta, kemarin.

Adapun sumber permasalahan yang menjadi sumber perselisihan adalah dengan adanya Undang-Un-dang Tata Ruang No 26 tahun 2007, yang mengharuskan daerah untuk menata ulang wilayahnya.

“Hadirnya UU tata ruang telah banyak merubah status hutan, ter-masuk hutan produksi kelapa sawit. Misalnya yang tadinya berstatus

areal penggunaan lahan beralih menjadi hutan produksi (HP). Aki-batnya pengusaha yang sebelumnya mengantongi hak guna usaha (HGU) hutan harus menghentikan produksi, terkena denda berupa ganti rugi hingga menyiapkan lahan pengganti,” ujar Eddy.

Di Kalimantan Tengah yang memi-liki luas lahan kelapa sawit 500 ribu hektare yang sudah berjalan saat ini terdapat 500 pengusaha perkebunan kelapa sawit. “Pemerintah daerah sendiri sudah menyediakan 2,9 juta hektare lahan untuk perkebunan kelapa sawit ini. Namun hanya 1,2 juta hektare yang diusulkan Menteri Kehutanan ke DPR.

sem*ntara itu 1,7 juta hektare lainnya kini berstatus sudah memiliki izin (HGU), namun tidak bisa melan-jutkan operasional. Da yang masih menunggu proses operasional, serta yang sudah memiliki izin lokasi tapi tidak boleh beroperasi,” ujar Eddy.

Hal senada dikemukakan ketua GAPKI cabang Kalimantan Selatan

Hernandy R Karli yang menyebut perusahaan kelapa sawit di daerah-nya yang sudah mendapatkan izin lokasi yang diberikan pemda yang sudah ditetapkan dalam peraturan daerah berbenturan dengan keputu-san menteri kehutanan nomor 453 Tahun 1999.

“Akibatnya pengusaha kelapa sawit sudah melalui proses-proses, mendapat izin lokasi dari bupati, sudah ada IUP, sudah ada sekian tahun beroperasi harus berhenti beroperasi karena dalam aturan itu juga teerjadi perubahan status hutan dari hutan produksi menjadi hutan lindung,” ujar Hernandy.

Ia juga menilai keberadaan tim teknis yang dibentuk pemerintah daerah maupun yang berada di pusat lebih banyak mencari-cari kesalahan pengusaha dibandingkan mencari titik temu dan menyelesaikan masalah.“Padahal apabila izin kita dicabut untuk proses keluarnya lagi membutuhkan waktu 3-4 tahun,” ujar Hernandy. (*/mi)

R. Priyono

JAKARTA--Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) saat ini masih terken-dala rendahnya sumber daya manusia (SDM) dan standar produk yang dihasilkan.

“Sudah ada institusi per-bankan yang melirik UKM khususnya kuliner, hanya saja terkendala dengan SDM dan standar produk,” kata General Manager Marketing dan Op-

eration UKM Gallery, Bogank Serpiadi di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, sebagian besar pelaku UKM belum memiliki wawasan wirausaha dan cend-erung puas dengan apa yang telah dihasilkannya. “Dengan jualan di bawah jembatan mereka anggap sudah cukup. Padahal perlu dikembangkan lagi usahanya sehingga lebih maju,” katanya. (*/ii)

Aturan Status Lahan Dikeluhkan Pengusaha Sawit

JAKARTA--Perusahan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog), akhirnya memutuskan tidak akan ambil bagian dalam ekspor per-dana beras premium pada tahun ini. Langkah itu diambil agar Bulog dapat memantau pelaksanaan ekspor oleh swasta, agar tidak mengganggu stabili-tas harga dalam negeri dan keamanan pangan nasional. “Kalau Bulog tidak ikut di tahap-tahap awal maka lebih mudah bagi Bulog untuk memantau,” kata Direktur Utama Perum Bulog Mus-tafa Abubakar dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR-RI di Jakarta, Kamis (14/5).

Mustafa menjelaskan, keputusan Bulog untuk memberikan sepenuhnya kesempatan ekspor beras premium kepada swasta, dikarenakan pihaknya menghindari terjadinya persaingan yang dapat me-nyebabkan harga tereskalasi yang bisa menggangu kestabilan harga di dalam negeri.

Untuk itu, kata dia, dalam ekspor perdana ini, Bulog lebih memilih menjadi pengawas untuk menghindari harga tereskalasi tinggi, terjadi peyim-pangan kualitas dan kuantitas, serta terjadi kebocoran atau penggelembungan.

“Bulog tidak harus buru-buru. Bulog lebih concern

kepada stabilitas harga dalam negeri dan keamanan pangan nasional dibanding memburu profit,” kata Mustafa.

Mustafa mengungkapkan, Bulog sebenarnya sudah mendapatkan reko-mendasi untuk ekspor sebesar 10 ribu ton, namun belum diteruskan kepada Menteri Perdagangan. Ini karena Bulog ingin melihat terlebih dahulu persaingan di tingkat swasta dalam memanfaatkan kuota ekspor 100 ribu ton tersebut. Meski demikian, ia mengakui sudah menargetkan ekspor beras premium

sebesar 10 ribu ton itu ke Jepang. “Buyer dari Jepang akan datang tanggal 22 Mei 2009 untuk membicarakan masalah kontrak,” terang dia. Mustafa memperkirakan jumlah ekspor beras premium pada Mei 2009 diperkirakan mencapai 650 ton, khususnya yang dilakukan oleh PT Alam Makmur Sembada yang akan mengekspor ke Turki dan New Zealand.

Beras yang diekspor sendiri kebanyakan berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah, terutama jenis beras muncul, cianjur, pandan wangi, dan metik wangi. “Pagi ini, sudah ada pengapalan pertama di Tanjung Priok oleh PT Alam Makmur Sembada sebanyak 300 ton,” ungkapnya.(*/mi)

Bulog Batal Ekspor Beras Tahun Ini

Mustafa Abubakar

UKM Terkendala SDM-Mutu

SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

NAIK: Tumpukan telur yang dijual dengan naik harga mulai dari 830-950 rupiah perbutir. Seminggu sebe-lumnya, telur mencapai harga terendah 630 rupiah perbutir.

Pontianak Post - [PDF Document] (6)

Advertorialkomunikasi bisnis6

seremoniPontianak Post Jumat 15 Mei 2009

ekonomi bisnis

PESTA dan pemeran anggrek akbar bakal kembali diadakan di Kalimantan Barat. Kegiatan yang dinamakan Borneo Orchids Show (BOS) itu digelar di Taman Anggrek Auditorium Untan dan dibuka pada 17 Mei 2009. BOS yang berlangsung hingga 24 Mei 2009 itu juga bakal bergandengan dengan rangkaian kegiatan HUT Emas ke-50 Untan.

Penyelanggaraan BOS meru-pakan hasil kerjasama Dinas Pertanian dan DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalbar, serta Untan. Event tahunan itu dinilai sangat strategis untuk mengembangkan potensi tana-man anggrek di Kalbar. BOS menjadi media komunikasi yang baik antara petani, penjual dan peneliti. ”BOS menjadi ajang promosi yang sangat luar biasa,

strategis dan efektif untuk ang-grek dan tanaman hias,” ujar Ketua Panitia BOS VIII 2009 Ir.Dewo Sunarso SH MH di-dampingi Sekretaris BOS Ir.Setia Budi di Pontianak, kemarin (14/5).

Ketua Bidang Budidaya dan Promosi PAI Kalbar itu menam-bahkan, BOS memacu peng-embangan usaha agribisnis di Kalbar. Terutama untuk mencipta-kan komoditas unggulan bernilai ekonomi tinggi dengan tetap men-jaga kelestarian plasma nuftah. Panitia mengharapkan berbagai pihak ikut hadir dalam BOS.

Mereka mengundang para anggota PAI, Koperasi Anggrek dan Tanaman Hias, institusi terkait, pemda, pengusaha dan pendukung lainnya, serta bebe-rapa nursery dari Jawa. Panitia juga menyediakan 120 stan untuk peserta bursa dan pameran. Aneka lomba bernuansa anggrek dan tanaman hias pun bakal kembali digelar untuk siswa/i TK dan SD.

”Kami ingin existensi sum-ber daya alam anggrek Kalbar terus terjaga, terpelihara, ter-budidayakan, serta terlindungi dengan seimbang dan bijak. Itu goal akhir yang ingin dicapai dari penyelanggaraan BOS,” kata Bowo yang juga menjabat Kepala Cabang salah satu Industri Far-masi wilayah Kalbar.

Lebih jauh ia menyatakan, BOS mencoba mengangkat potensi alam Kalbar ke permu-kaan.

Anggrek seharusnya men-jadi produk unggulan, karena telah menjadi icon bagi Kalbar. Beberapa jenis anggrek hanya dimiliki Kalbar. Jadi wajar jika panitia berharap BOS dapat menjadi daya dorong terwujud-nya peningkatan kesejahteraan

petani anggrek dan tanaman hias Kalbar.

sem*ntara itu, panitia men-ghimbau masyarakat Kalbar beramai-ramai mengunjungi pameran, bursa anggrek dan tanaman hias. ”Event ini dapat menjadi hiburan murah yang baik dan mendidik bagi putra dan putri kita. Terutama untuk mengenali berbagai jenis plasma nuftah daerah kita, mulai dari

anggrek species, hibrida hingga keunikan berbagai jenis tanaman hias,” ujarnya.

Disamping itu, pihak yang berminat mengisi stan bursa dan pameran atau mengikut sertakan putra-putrinya untuk mewarnai gambar anggrek dapat meng-hubungi panitia. Mereka dapat segera menghubungi Karminto di 085654505254 atau Fajar Indah di 085252129759. (mde/biz)

Lusa, Borneo Orchids Show VIII 2009 Dibuka

Dewo Sunarso

muDjaDi/pontianak poSt

anGGREk: pesona anggrek pada Borneo orchids Show di auditorium untan.

PONTIANAK – Sebanyak 250 siswa kelas XII Mu-hammadiyah 1 Pontianak dilepas dalam acara perpisahan yang bertajuk ‘Titihan Masa Depanku, Menuju Peradaban Yang Islami’, di Rumah Adat Melayu, Kamis (14/5).

Selain dihadiri ratusan siswa kelas X, XI dan dewan guru, dalam acara tersebut juga hadir orang tua siswa kelas XII, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak serta tokoh Muhammadiyah Pontianak.

Acara dimulai dengan tau-ziah yang disampaikan tokoh Muhammadiyah Hasan Gafar. Dilanjutkan dengan harapan dan kesan siswa kelas XII yang telah menyelesaikan studinya di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, kesan dan pesan siswa kelas X dan XI. Kemu-dian nasehat dan motovasi oleh kepala sekolah.

Dalam nasihatnya, Kepala Sekolah SMA Muhammadi-

yah 1 Pontianak Ahmad Zaini, Spi, menuturkan, acara yang dilaksanakan tersebut merupa-kan pelepasan secara simbolis dan sekolah dan penyerahan kepada orang tua. Dirinya ber-pesan kepada siswa yang akan meninggalkan sekolah, untuk melanjutkan menuntut ilmu karena perjalanan hidup masih panjang. “Jangan pernah lupa, dalam menuntuk ilmu nantinya tetap dilandasi dengan amal saleh dan akhlak,” ucap Zaini.

Pada pidatonya, Zaini me-maparkan sederet prestasi SMA Muhammadiyah 1 Pon-tianak. Prestasi tersebut, di-akuinya, tidak terlepas dari peran siswa-siswanya. “Kami berterimakasih, tanpa kalian SMA Muhammadiyah tidak akan mendapat prestasi-prestasi tersebut,” katanya yang disam-but tepuk tangan seluruh siswa, orangtua dan guru yang hadir.

SMA Muhammadiyah saat perpisahan kemarin juga mem-berikan apresiasi kepada siswa

kelas XII yang berprestasi. Sebanyak 13 siswa yang dinilai berprestasi dan mengharum-kan nama sekolah di bidang akademik, olahraga, dan seni diberi pengharagaan. “Ini hanya sebagian. Kami sulit memilih, kalau bisa semuanya diberi penghargaan. Namun ketentuannya harus dibatasi dan ini melalui seleksi ketat,” tegas Ziani.

Salah seorang siswa kelas XII, Vera Andinie mengatakan, dirinya bangga telah menjadi siswa SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Vera beralasan, sela-ma ini SMA Muhammadiyah 1 tidak hanya mendidik siswanya berprestasi, tapi sekaligus mem-bentuk akhlak dan ketaqwaan siswa. “Kami dididik sangat baik, ini sekolah terbaik di Pontianak menurut saya. Saya benar-benar dapat menggali potensi diri,” kata Vera yang berencana melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Unpad Bandung ini.(hen)

HEnDY/pontianak poSt

pERpiSaHan: Siswa Sma muhammadiyah menyanyikan Hymne Guru saat perpisahan siswa kelas Xii di Rumah adat melayu.

250 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Dilepas* Siswa Bangga Dididik Prestasi dan Akhlak

5.8006.5008.000

12.5009.625

72.00016.25034.75013.250

7.82524.925

3.875750

7.2257.7501.175

15.25013.00050.000 11.75012.625

2.3753.000

27.45021.750

4.250

pERkEmBanGan HaRGa Rata-Rata BEBERapaBaHan pokok pEntinG Di kota pontianak

no. nama BaRanG Satuan HaRGa kEt.

Beras Lokal/KampungBeras IR64Gula PasirMinyak Goreng BimoliMinyak Goreng CurahDaging Sapi MurniDaging Ayam RasDaging Ayam KampungTelur Ayam RasSusu Kental Manis Putih Cap BenderaSusu Bubuk Putih Cap BenderaJagung Pipilan KeringGaram BeryodiumTepung Terigu Segitiga BiruKacang KedelaiMie Instan (Indomi Rasa Kaldu Ayam)Cabe Merah Besar (Biasa)Bawang MerahIkan Asin TeriKacang HijauKacang TanahKetelah PohonMinyak TanahTelur Ayam KampungCabe KeritingBawang Putih

123456789

1011121314151617181920212223242526

KGKGKG

LITERKGKGKGKGKGKLG

400 GR/KTKKG

250 GR/BKSKGKG

BKSKGKGKGKGKGKG

LITERKGKGKG

Luar negeri

kualitas a

BaHan kEButuHan pokok

Sumber Data :Dinas perindag

prop. kalbar

• UMUR TANAMAN 3 TaHun Rp. 973.92,-• UMUR TANAMAN 4 TaHun Rp. 1.048.55-• UMUR TANAMAN 5 TaHun Rp. 1.125.46,-• UMUR TANAMAN 6 TaHun Rp. 1.164.76,-• UMUR TANAMAN 7 TaHun Rp. 1.204.61-• UMUR TANAMAN 8 TaHun Rp. 1.243.41,-• UMUR TANAMAN 9 TaHun Rp. 1.283.77,-• UMUR TANAMAN 10 S/D 20 TaHun Rp. 1.324.20,-

Harga kernel/kg :Rp. 2.653,22,- (tidak termasuk PPN)Indeks “K” : 85,14 %

Hasil Rapat tim pengkajian dan kesepakatan penetapanHarga TBS Kelapa Sawit Produksi Petani Kalbar Bulan Mei 2009

patokan HaRGa / kG tBS kELapa SaWit pRoDukSi pEtani kaLBaR SBB :

Harga CPO/ Kg Rp. 6.694,85(tidak termasuk PPN)

pEnEtapan HaRGa tanDanBUAH SEGAR (TBS)

tim pEnEtapan HaRGa pEmDa tinGkat i kaLBaR

DEPOSITO RUPIAH / DOLLAR ASBANK (Rp) 1 bulan (%) 3 bulan(%) 6 bulan (%) 12 bulan (%)Bank Panin 8,00 8,00 8,00 8,00

* (Nisbah utk Nasabah)

Bank Muamalat -- -- -- --Bank Centradana Kapuas 8.25 8.25 8.25 8.25BPR Lokadana 7,5% 8.5% 9,5% 10,5%

HaRGa komoDiti Danpakan tERnak Di pontianak

MINGGU KE 3 BULAN APRIL 2009 Komoditi Harga

Pakan Petelur Stater/Kg Rp. 6.000,-Pakan Petelur Grower/Kg Rp. 5.500,-Pakan Layer/Kg Rp. 5.500,-Pakan Pedaging Starter/ kg Rp. 6.000,-Pakan Pedaging Finisher/kg Rp. 5.800,-Kulit Sapi / Kg Rp. 21.000,-Kulit Kambing / Kg Rp. 26.500,-

Komoditi Harga

Doc Broiler FS/Ekor Rp. 4.500,-Broiler Hidup/kg Rp. 17.000,-Ayam Buras hidup/kg Rp. 40.000,-Daging Sapi/Kg Rp. 70.000,-Daging Babi/Kg Rp. 42.000,-Karkas Kambing/Kg Rp. 55.000,-Telur Ayam Ras/Kg Rp. 15.000,-

GELAR Pengobatan ALAT VITALHj. MA IROT

Ditangani Langsung Cucu aslimak iRot - MBA AJIS

Mengatasi Pria & WanitapRia :• menambah ukuran alat

Vital, Besar Panjang• Kuat, Keras, Tahan

Lama• impoten total normal

kembali• Lemah Syawat (Ejakulasi Dini)• Kencing Manis • Mani EncerWanita :• mengencangkan

menambah besarpayudara

• Mengobati Mandul,takpunya keturunan

• penglarispastikan anda berobat pada ahlinya tanpaEFEk SAMPING, Permanen, Semua Agama,Usia, Bukan Bahaya kimia. menggunakanRamuan tRaDiSionaL disertai penerapianyang unik dan ditambah Doa.

MELAYANI PASANG SUSUKPUTAR GILING

Hubungi : HOTEL JERUJU BARUjl. kom Yos Sudarso Gg jambu mente

no 1 B Depan Hotel jerujuHp. 081345616640, 081345642992

0561 7182194Jam: 08.00 WIB s/d 21.00 WIB (Malam)

Bisa dibuktikan di tempat

MAHARRp. 350.000

RUTE outbond PT Garuda Indonesia dari Indonesia timur terus berkembang. Senior General Manager Area Eastern Indonesia Suranto mengatakan hal itu khususnya untuk rute Surabaya-Hongkong. “Kini load factor terus berkembang. Kami berharap target tingkat keterisian pesawat untuk rute ini yakni 75 persen akan terealisasi Juni,” jelasnya kemarin (14/5).

Suranto menerangkan saat dibuka Februari lalu, load factor mencapai 55 persen. Pada Maret naik menjadi 65 persen, ke-mudian April menjadi 68 persen. Setelah itu, minggu pertama Mei kembali berkembang 72 persen. “Bahkan kami yakin Juni ini akan kembali naik menjadi 77 persen atau 2 persen di atas target,” tuturnya.

Menurutnya, penumpang rute yang diterbangi sebanyak tiga kali dalam satu minggu ini, didominasi oleh para tenaga kerja indonesia (TKI), jumlahnya sekitar 50 persen. sem*ntara, jenis penumpang kedua adalah leisure sekitar 20 persen. “Sisanya baru bisnis, medical treatment ke Tiongkok yang transit di Hongkong terlebih dahulu,” imbuhnya.

Prospeknya masih bisa ditingkatkan dengan promosi yang lebih gencar. Sebab, ada beebrapa orang yang belum mengetahui jika Garuda Indonesia juga menerbangi rute ini. “Karena itu kami akan melakukan upaya jemput bola. Yakni dengan memberikan pelayanan khusus pada penumpang-penumpang yang memang sering terbang dengan Garuda,” jelasnya. Pelayanan khusus berupa pemberian kemudahan dalam pemesanan tiket. Pemberian berba-gai pelayanan ekstra lain seperti ekstra bagasi, lounge khusus bagi mereka dengan kriteria tertentu. “Jika biasanya untuk mengurus hal yang ekstra ini harus melalui prosedur yang rumit di Jakarta, kini bisa diurus di Surabaya. Ini juga untuk mendongkrak jumlah penumpang di rute-rute lain,” imbuhnya.(luq)

BUNGA kredit kepemilikan rumah (KPR) dipasaran masih tinggi. Berkisar 13-14,5 persen. Kondisi seperti ini membuat konsumen memilih pembelian rumah secara tunai maupun in house. Seperti yang ditunjukkan pada penjualan properti di kawasan CitraLand. Marketing Manager PT Ciputra Surya Tbk Pratami Harijanti menjelaskan penjualan melalui KPR dikuartal I hanya 25 persen. Padahal periode yang sama tahun lalu men-capai 40 persen. ). Tidak hanya KPR, penjualan dikuartal I juga turun hampir 15 persen.

“Memang agak berat. Meski BI rate sudah turun tapi belum direaksi oleh perbankan. Pengembang harus cerdik menyikapi ini. Kalau hanya menunggu kami tidak bisa memprediksi sampai kapan,” katanya kemarin (14/5).

Supaya pasar tetap bergairah, CitraLand meluncurkan cluster baru seluas 10 hektar. Cluster yang diberi nama Somerset ini merupakan pengembangan di Bukit Golf Mediteran. Tahun ini akan dipersiapkan 100 unit rumah dengan luas bangunan 89 m2 dan 112 m2 dan harga Rp.700 juta-an. Segmen yang dibidik adalah kalangan keluarga muda.

“Melihat pasar yang belum terlalu kuat, lebih coco*k untuk menawarkan produk dengan kisaran harga tersebut. Peluang pasarnya lebih besar dibandingkan rumah tipe besar,” tuturnya. Meski baru diluncurkan Minggu (17/5), tapi penjualan sudah terjadi. “Sudah tiga unit terbeli,” lanjutnya.

Peluncuran klaster ini juga dimanfaatkan PT Ciputra Surya Tbk untuk mendongkrak penggunaan fasilitas KPR. Pihaknya bekerjasama dengan Bank Mandiri dengan memberikan bunga KPR 9,75 persen. “Target kami penggunaan KPR tahun ini naik 30 persen dari tahun lalu. Harapannya penawaran ini bisa membantu pencapaian target,” katanya.

Mengenai penjualan 2009, Pratami mengatakan pihaknya menargetkan transaksi sebesar Rp.250 miliar. “Sama dengan pencapaian tahun lalu. Karena kondisi perekonomian belum stabil, kami anggap tidak ada pertumbuhan tahun ini,” katanya. Saat ini mereka telah mencatat transaksi senilai Rp.50 miliar. (jan)

Tingkatkan KPR, Buka Klaster Baru

Rute Surabaya-Hongkong Prospektif

Pontianak Post - [PDF Document] (7)

komunikasi bisnis 7Advertorial

Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

KITA sering sekali mendengar bahkan mengalaminya sendiri, di mana seorang pria yang telah dewasa dan menginjak usia 40 tahunan mengalami berbagai keluhan tubuhnya yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menurunnya gairah seksual, menurunnya kemampuan ereksi terutama pagi hari

sampai tidak mampu sama sekali untuk men-dapatkan ereksi yang baik untuk berhubungan dengan istri.

Di samping itu merasa kekuatan otot dan massa otot yang menurun, sering berkeringat banyak, konsentrasi dan daya ingat menurun, gangguan tidur dan rasa mengantuk setelah makan, menin-gkatnya lemak tubuh terutama didaearah perut (perut semakin membuncit), mudah stress dan depresi dan terjadinya osteoporosis.

Gejala tersebut di atas dapat dialami oleh setiap pria yang men-galami penurunan kadar hormon testosteron. Hormon testosteron akan menurun secara perlahan-lahan seiring bertambahnya usia yang disebut sebagai proses penuaan ( ageing process ). Testosteron merupakan hormon seks yang penting pada pria, untuk perkembangan alat reproduksi dan fungsi seksual sejak dalam kandungan, pubertas sampai usia tua. Hormon testosteron ini diproduksi sebagian besar oleh testis, dan dikendalikan oleh salah satu bagian di otak yaitu hipotalamus dan hipofise.

Fungsi hormon testosteron ini untuk proses diferensiasi organ seks (selama dalam kandungan), perkembangan saat pubertas, dan mempertahankan semua fungsi normal tubuh kita. Penyebab kekuran-gan hormon testosteron ini selain karena proses penuaan dapat juga disebabkan karena faktor genetik, kerusakan testis akibat infeksi, trauma, obat-obatan, bahan kimia, radioterapi dan faktor organik seperti diabetes mellitus, gagal hati dan gagal ginjal. Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa kita atau seorang pria mengalami kekurangan hormon testosteron? Dari hasil penelitian terhadap pria yang mengalami gejala defisiensi (kekurangan) hormon testosteron, maka diperoleh suatu metode untuk mengetahui secara mudah dalam menentukan seorang pria mengalami gejala defisiensi testosterone.

Yaitu dengan mencatat keluhan yang dialaminya pada kueisioner yang disebut Androgen Deficiency in Aging Men (ADAM), yaitu sebagai berikut: (1) Apakah libido atau dorongan seksual anda menurun akhir-akhir ini? (2) Apakah anda merasa lemas atau kurang tenaga? (3) Apakah daya tahan & kekuatan fisik anda menurun? (4) Apakah tinggi badan anda berkurang? (5) Apakah anda merasakan kenikmatan hidup menurun? (6) Apakah anda sering merasa kesal atau cepat marah? (7) Apakah ereksi anda kurang kuat? (8)Apakah anda merasakan penurunan kemampuan dalam berolahraga? (9) Apakah anda sering mengantu dan tertidur sesudah makan malam? (10) Apakah anda merasakan adanyaperubahan atau penurunan prestasi kerja? Silahkan menjawab pertanyaan tersebut di atas dan jika anda mempunyai keluhan yang sesuai nomor (1) dan (7) atau ada 3 keluhan lainnya maka kemungkinan besar kadar testosteron anda menurun.

Apakah kekurangan / defisiensi hormon testosteron ini dapat diatasi? Tentunya bisa diperbaiki hingga kembali normal, tetapi harus melalui beberapa tahapan pemeriksaan dan pengobatan, yaitu seperti mulai dari pemeriksaan fisik, laboratorium dan pemeriksaan hormonal. Pemberian preparat hormonal diperlukan skrening / pemeriksaan yang teliti oleh dokter sehingga dapat memperkecil efek samping yang mungkin saja dapat timbul pada pasien. Selama pemberian preparat hormonal ini terpantau dengan baik oleh dokter maka penggunaan preparat hormon ini sangat aman dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Apakah ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan hormon testosteron kita ? Ya, ada. Cara lain yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kadar hormon testosteron secara alami oleh tubuh kita sendiri adalah dengan cara hidup sehat yaitu tidur yang cukup, makanan yang baik (rendah karbohidrat, protein dan lemak), dan olah raga secara teratur, dengan catatan bahwa kadar hormon yang ada dalam tubuh tidak terlalu rendah atau masih dalam batas normal rnedah dan tidak terdapat faktor lain seperti penyakit metabolik seperti diabetes mellitus, hipertensi, obesitas yang sedang diderita oleh pasien tersebut. Apa bedanya kita hidup sederhana, menerima apa adanya tubuh kita yang seringkali menyusahkan (bagi orang obese, diabetes, hipertensi) dengan kita hidup nyaman tanpa harus merasakan ketidaknyamanan tubuh? Setiap orang pasti ingin hidup enak, nyaman dan ingin bahagia. Kemana kita dapat berkonsultasi dan berobat ? Tentunya ke dokter anda tetapi apabila diperlukan dokter yang khusus menangani masalah reproduksi pria, seksualitas, dan kesehatan pria, maka dapat berkon-sultasi ke dokter Spesialis Andrologi yang kini telah ada di Pontianak. Hubungi Klinik spesialis Yu Tee (0561-583942) atau Kharitas Bhakti Medical Center (0561-734373).(biz)

Sindroma Defisiensi Testosteron

SEIRING perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) dunia dewasa ini, masyarakat semakin membutuhkan outlet yang menyediakan peripheral TI dan layanan lainnya. Untuk itu outlet khusus Axioo kembali bertambah di Kota Pontianak yaitu; Axioo Center yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 89 (Kampus ASMI-ABA Pontianak), telp 0561-740032/740035.

Axioo Center merupakan outlet khusus notebook Axioo, dengan dukun-gan penjualan dan servis Axioo serta penjualan peripheral TI lainnya seperti Video Conference dan lainnya. Axioo Center juga didukung oleh personil yang telah berpengalaman dalam dunia TI serta service yang memuaskan.

Dalam Opening Promo ini (11-18 Mei 2009), Axioo Center menyediakan berbagai hadiah khusus bagi pengunjung di Axioo Center. Promo utama spe-sial Axioo TVW Celeron series hanya

Rp.4.099.000, dan dapatkan Cashback Rp.300 ribu untuk Axioo Pico DJJ warna warni series. Sedangkan untuk tipe mainstream yaitu MNC dan MLC series, baik dual core maupun core 2 duo akan mendapatkan hadiah HP LG KP100 secara langsung. Selain itu, cashback Rp.1.5 juta juga disediakan bagi pengunjung yang ingin berbelanja

Axioo Zetta MNS series.Selain hadiah di atas, dalam opening

promo ini Axioo Center menyediakan hadiah-hadiah tambahan seperti voucher diskon untuk kursus computer di KSM, voucher isi ulang tinta printer, flashdisk 2 dan 4 Gb, cooler pad dan mouse warna-warni yang menarik. Semua bisa di dapatkan dengan membeli notebook

Axioo hanya pada Axioo Center. Promo berlaku 11-18 Mei 2009.

Untuk itu Axioo Center mengundang seluruh TI mania di Kota Pontianak dan Kalbar untuk mampir pada Axioo Center. Segera serbu Axioo Center di Jalan Imam Bonjol No. 89 (Kampus ASMI-ABA). Promo berlaku selama persediaan masih ada.(biz)

Axioo Center Opening Promo* Axioo Tvw Celeron:Rp.4.099.000

* Hadiah HP LGKP100 bagi Axioo MNC, MLC Series, Cashback Axioo Pico DJJ

* Bonus Voucher Kursus di KSM, Voucher Isi Ulang Tinta Printer

*Hadiah Tambahan: Flashdisk,

MASIH minim pengusaha yang mendaftarkan merek produknya untuk dipatenkan. Padahal, pe-malsuan merek dan pelanggaran hak paten cukup merugikan, karena dapat mengurangi order produksi. “Masih banyak pelaku usaha yang belum sadar untuk mematenkan produknya,” ujar Sugiarto Saliman di sela-sela pem-bukaan kantor cabang PT Dream ID Patent ke empat, perusahaan jasa pengurusan Hak Kekayaan Intelektual, di Pakuwon Trade Centre (PTC), kemarin.

Dia mengatakan, pelaku usa-ha yang belum mematenkan produknya masih tinggi. Dia mencontohkan, potensi di Sura-baya masih tinggi, sekitar 50-60 persen pelaku usaha belum mendaftarkan produknya. “Un-tuk itu kami membuka kantor cabang baru untuk memperluas pasar di wilayah Surabaya bagian barat,” ujarnya. Sebelumnya PT Dream ID Patent memiliki tiga kantor, yakni di kawasan Rung-kut, mal BG Junction dan mal City of Tommorow.

Dia optmistis, dapat menangani 25 perusahaan pada satu bulan ke depan. Sedangkan target tahun ini sebanyak 300 perusahaan dengan 1500 transaksi. sem*ntara tahun lalu pihaknya sudah menangani sekitar 200 perusahaan dengan 1000 transaksi. “Transaksi terban-yak untuk pengurusan pematenan merek. Selama ini kami sudah menangani ribuan pelaku usaha yang sebagaian besar di Jatim dan beberapa di Jateng dan luar Jawa,” katanya. (res)

Pengusaha non HKI Tinggi

Pontianak Post - [PDF Document] (8)

KALBAR Pontianak Post Jumat 15 Mei 20098

Nabrak Lubang Staf ADP WVI Tewas

JAKARTA - BIAKJam : 22.00

Telp. : (0981) 591636

JAKARTA - DENPASAR

2X Jam : 16.00, 20.15Telp. :(0361) 429620

JAKARTA - BATAM

2X Jam : 10.30, 13.50Telp. :(0778) 429620

PONTIANAK - KUCHING(Via Pontianak) Jam : 08.00

Telp. : (082) 244299

GUANGZHOUDari Terminal 2D Jam : 07.30

Telp. : 86-20-6120 6350

JAKARTA - MANADOJam : 15.10

Telp. : (0341) 855878

JAKARTA - MAKASARJam : 05.00

Telp. : (0411) 3655255

JAKARTA - KUPANGJam : 14.35

Telp. : (080) 830555

JAKARTA - JAYAPURAJam : 22.00

Telp. : (0967) 550666

JAKARTA - MANOKWARIJam : 22.00

Telp. : (0986) 215666

JAKARTA - SEMARANG

2X Jam : 07.00, 18.25Telp. :(024) 3549888

JAKARTA - YOGYA

2X Jam : 15.50Telp. :(0274) 32262

JAKARTA - SURABAYA

3X Jam : 08.05, 14.35, 16.05Telp. :(031) 5049666

4X

JAKARTA - PALEMBANG

2X Jam : 08.05, 11.40Telp. :(0711) 378655

JAKARTA - JAMBI

2X Jam : 10.05, 15.40Telp. :(0561) 50643, 51861

JAKARTA - MEDAN

2X Jam : 07.30, 13.05Telp. :(061) 4537620

JAKARTA - PADANG

2X Jam : 10.45, 18.25Telp. :(0751) 446600

JAKARTA - BALIKPAPAN

2X Jam : 08.05, 15.10Telp. :(0542) 739225

JAKARTA - TARAKAN

2X Jam : 05.10Telp. :(0561) 32262

JAKARTA - PANGKALPINANG

3X Jam : 09.50, 12.15, 15.20Telp. : (0717) 436980

JAKARTA - PAKANBARU

2X Jam : 17.15, 11.40Telp. :(0761) 856031

Terbang Setiap Hari DenganBOING 737

DanAIR BUS A 319

PONTIANAK - JAKARTAJam : 07.00,07.55, 11.55, 16.00 WIBTelp. :(0561) 734488

PTK - YGY - SUB(PP)

Jam 10.10 WIB

JAKARTA - BANJARMASIN

2X Jam : 08.05, 17.55Telp. :(0511) 58996

4X

Reservasi JAKARTA(021) 3840 888

DARI TERMINAL 1BBANDARA SOEKARNO HATTA

Computer Sabre/A bacus

Atau hubungi BIRO PERJALANAN ANDA

PONTIANAK-BATAM-MEDAN

Jam : 10.30

SanggauPipa Induk PDAM Pecah

Warga tak Dapat Air BersihSudah lima hari terakhir, sebagian warga di

Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Sanggau tak bisa menikmati distribusi air PDAM. Pipa induk yang mendistribusikan air pecah terkena tungkat bangunan ruko (rumah toko) milik warga yang dalam proses penyelesaian.

“Akibatnya beberapa hari ini air ledeng tak ngalir karena pipa induknya pecah, maka warga sangat kesal. Kekesalan itu juga ditujukan kepada pemilik bangunan ruko tersebut. Kami merasa sangat dirugi-kan dan kami meminta kepada pemilik bangunan agar segera memperbaikinya,” ujar Bunyamin, mewakili perasaan warga yang terkena imbas dari pecahnya pipa induk berukuran 6 inci. Karena pecah, maka di bagian hulu pipa induk harus ditutup untuk mencegah air menyembur. Karena ditutup, maka distribusi air ke rumah warga pun macet.

Dikatakan pria 47 tahun ini, bangunan ruko itu adalah milik sorang warga bernama Ajau. Bangu-nan itu jaraknya hanya sekitar dua meteran dari badan jalan protokol. Menurutnya, secara aturan pendirian bangunan itu dinilai menyalahi aturan karena mepet dengan badan jalan, atau memakan DMJ (daerah milik jalan). Tetapi entah mengapa, Pemkab Sanggau melalui instansi terkait tidak melakukan tindakan apa-apa terhadap pembanguan ruko seperti itu.

“Pada awalnya, kami tidak peduli pemiliknya akan membangun ruko dimanapun, karena itu urusan pemerintah daerah. Tapi karena mengakibatkan pipa induk pecah dan mengusik kepentingan masyarakat banyak, khususnya dalam hal pendistribusian air, maka kami sekarang merasa perlu untuk bertindak. Karena kami merasa sangat dirugikan,” katanya.

Selain itu, warga juga mempertanyakan apakan pemilik ruko ini memiliki izin mendirikan bangu-nan (IMB). Jika memang tidak mengantongi IMB, mengapa pemerintah daerah mengijikan pendirian bangunan yang mepet dengan jalan dan sebagainya. Menurut Bunyamin, seharusnya sudah ada aturan mengenai jarak bangunan dengan badan jalan raya. Sepengetahuan dia, untuk mendirikan bangunan tidak boleh sembarangan dan semaunya.

“Saat ini memang sedang ada upaya penggalian dari pihak pemilik bangunan itu, namun diperkira-kan dalam beberapa hari ke depan, belum tentu air lancar,” tegasnya.(An)

Tiga Hari Diintai, Sempat Melawan

SANGGAU–Jn, tersangka pengedar sabu-sabu di Kota Sang-gau dibekuk polisi di Losmen Gemilang, Kamis (14/5) kemarin. Ji tertangkap di kamar no 37, yang ditempati seorang PSK bernama IA. PSK ini juga diangkut ke kan-tor polisi dan dijadikan saksi kunci dalam kasus ini.

Dari penggerebekan sekitar pukul 09.45, polisi berhasil menga-mankan I paket sabu-sabu beserta 100 bungkus plastik kecil yang di-taruh di dalam kotak rokok. Diduga

plastik ini hendak digunakan ter-sangka untuk memaketkan barang haram yang akan ia edarkan.

Menurut informasi, Jn sebel-umnya sudah pernah dihukum di instansi tempat dulu dia bekerja. Setelah keluar karirnya berakhir.

Jn dikeluarkan dari tempat dinasnya tersebut.Penggerebekan ini menurut Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Heni Agus Su-nandar, dilakukan setelah melalui pengintaian selama 3 hari. Sebe-lumnya, polisi telah mendengar informasi tentang keberadaan pengedar narkoba di losmen tersebut. Setelah memastikan ke-benaran informasi ini, polisi lantas

melakukan penggerebekan.Peng-gerebekan ini tidak berjalan mudah. Tersangka bersikukuh untuk tidak membiarkan petugas masuk ke kamar tempat ia bersembunyi. Pintu kamar ia kunci dari dalam sehingga polisi harus memutar otak untuk bisa masuk.

Sempat terjadi negosiasi yang cukup alot antara tersangka dengan petugas. Polisi berusaha membujuk tersangka agar menyerahkan diri saja. Namun setelah kurang lebih 15 menit tidak juga ada respon positif dari tersangka, akhirnya polisi melakukan upaya paksa dengan cara mendobrak pintu. Pintu kamarpun terbuka. Dan lagi-

lagi, bukan hal yang mudah untuk menangkap Jn. Dasar militer yang melekat di dirinya membuat pria ini tidak mudah ditaklukkan.

Ia tetap menolak untuk ditangkap bahkan nyaris terlibat adu fisik dengan petugas. “Tapi setelah ang-gota saya memberikan peringatan dan meminta agar menghormati polisi dalam menjalankan tugas, akhirnya ia menyerah juga,” terang Kasat Reskrim.

Setelah membawa tersangka ke Mapolres, dilakukanlah penggele-dahan di kamar yang ditempati ter-sangka tadi. Di sana hanya ditemu-kan satu paket sabu-sabu beserta bungkusan plastik. Barang bukti

tersebut kini sudah diamankan di bagian Reskrim Polres Sanggau.

Dari temuan yang ada, sudah dipastikan Jn akan dijerat dengan pasal 62 UU no 5 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun penjara.Selain Jn, polisi juga mengamankan IA, pemilik kamar tempat Jn ber-sembunyi.

Ia akan dimintai keterangan atas keberadaan Jn yang tentu ia ketahui. Terakhir diketahui IA akan dijadikan sebagai saksi da-lam kasus ini.“Ia akan dijadikan sebagai saksi kunci dalam kasus ini,” pungkas Heni, mengakhiri keterangannya.(as)

Bandar Sabu Dibekuk di Gemilang

ANTO WINARNO/KAPUAS POST

SEDANG DIGALI: Lokasi pecahnya pipa induk milik PDAM yang terkena tongkat bangunan warga di Kelurahan Bunut

NGABANG-Fransiskus Agus-tian (23), tewas dalam lakalantas tunggal, di Dusun Kalimue Desa Keranji Pak Idang Kecamatan Sengah Temila, Jumat (8/5), seki-tar pukul 01.00. Meski kecelakaan tunggal, ternyata kematiannya ini berbuntut.

Kamis (14/5), kemarin pihak keluarga mendatangi Mapolres Landak, guna menindaklanjuti kematian Fransiskus ini. Pihak ke-luarga menilai, kematiannya tidak wajar. Ini, dibuktikan pada bagian belakang kepala korban terdapat luka, pada muka dan badan korban terdapat luka memar.

Informasi dihimpun koran ini di Mapolres Landak, sebelumnya pihak keluarga tidak merasa ter-jadi apa-apa, mereka beranggapan kalau tewasnya Fransiskus Agus-tian adalah kecelakaan biasa dan dianggap lakalantas tunggal. Tapi, berjalannya waktu, salah seorang pihak keluarga mendapat infor-masi sebelum tewas, ayah satu anak ini dianiaya hingga babak belur oleh Pj Cs. Pj ini diduga oknum anggota Polsek Teriak Kabupaten Bengkayang.

Tidak puas dengan kasus ini, belasan keluarga korban mendatanggi Mapolres Landak, meminta agar para tersangka ditindak sesuai hukum yang berlaku. Di hadapan beberapa wartawan, Saimin (43) orang tua korban menjelaskan, ia mendapat kabar kalau anaknya itu mendapat

kecelakaan, dan setelah dilihat memang benar adanya. Karena sudah kritis, diputuskan pihak keluaraga agar Fransiskus Agus-tian dirujuk ke RSUD Sudarso Pontianak. Sesampainya di RSUD Sudarso (10/5), nyawa Fransiskus Agustian tak tertolong.

Pada Senin (11/5), jenazah Fransiskus Agustian dikebumikan pihak keluarga. Anehnya menurut Saimin dari kejadian ini, kalau anaknya itu tewas akibat lakal-antas tunggal, mengapa di sekitar kejadian tidak ada tanda-tanda kecelakaan. “Di jalan raya tidak ditemukan goresan akibat jatuh dari sepada motor, bahkan sekitar rumput dekat jalan raya tidak ada tanda-tandanya.”

Sugito I (48) paman korban menambahkan, berdasarkan ket-erangan dari beberapa cewek di salah satu kafe, pada malamnya itu keponakanya ngumpul ber-sama temanya di kafe Dolamet milik Pak Domes. Kebetulan salah seorang temanya agak resek, tidur dibangku, korban sempat marah-marah. Karena situasi sudah mulai memanas, akhirnya korban dibawa keluar dan sempat pulang ke rumah.

Tidak berselang beberapa lama kemudian, korban kembali lagi ke kafe pertama dengan mengunakan kendaraannya. Entah bagaimana, sampai di dalam cafe itu korban dianaiya Pj dibantu lima teman lainnya.

“Korban mendapat perlakuan yang tidak manusiawai, ada yang menendang ada juga yang melem-parkan gelas di bagian belakang kepala korban. Tidak sampai di situ korban diseret dan tergeletak dekat kafe sebelah. Di kafe ini dia dikasi minum dan ada mukanya sempat dilap karena dipenuhi

darah,” jelasnya. Kapolres Landak AKBP Tony

EP Sinambela melalui Kasat Reskrim AKP Hujra Soumena membenarkan Polres Landak telah mengambil alih kasus pen-ganiyaan Fransiskus Agustian warga Pasar Baru Pahuman Ke-camatan Sengah Temila. Pengam-bilalihan kasus ini, pada Rabu (12/5) berdasarkan pertimbangan situasi keamanan.

Hujra Soumena menjelaskan, awalnya dari satuan lalu lintas mendapat laporan lakalantas tunggal, dari kejadian itu korban mengalamai luka-luka, dari ke-jadian itu juga korban dibawa ke Puskesmas Pahuman. Namun oleh tim medis, korban harus segera dirujuk ke salah satu rumah sakit Kota Pontianak.

“Setelah dikuburkan memang pihak korban mendapat laporan, sebelum Fransiskus Agustian

tewas, dia mendapat penga-niayaan dari Pj Cs di Cafe Dola-met. Pihak keluarag korban tidak terima korban tewas akibat laka-lantas tunggal. Mereka akhirnya melopor ke Polsek Sengah Temila pada tanggal 11 Mei 2009. Pada hari itu juga Polres mengambil alih kasus ini ke Polres Landak,” kata Hujra Soumena.

Pada penyidikan kasus ini, akhirnya polisi menenetapkan ada 6 tersangka dalam kejadian itu, yaitu Pj, Ec (26), Ld (26), Sr (23), Ng (23) dan Ik (24). Oleh polisi, 5 tersangka Ec , Ld, Sr, Ng dan Ik, berhasil ditangkap di kediamannya masing-masing tepatnya di daerah Paloan.

Keberhasilan ini dibeck up anggota Polsek Sengah Temila. sem*ntara itu tersangka Pj di-tangkap di daerah Teriak Kabu-paten Bengkayang. “5 tersangka Ec , Ld, Sr, Ng dan Ik ditangkap

pada tanggal 13 Mei 2009, pukul 14.00 wib, terkecuali tersangka Pj, dan sekarang sudah ditangkap sekarang dalam tahap pemerik-saan di Mapolres Bengkayang,” bebernya.

Berdasarkan pengakuan para tersangka, Pj Cs pada malan itu dalam keadaan mabuk berat ter-masuk korban. Korban juga ada di Kafe Dolamet dalam keadaan mabuk, dan tersangka Pj lang-sung menghampiri koban dan selanjutnya mengambil Senjata Tajam (Sajam) jenis pisau diba-lik atau belakang baju korban. Sajam itupun jatuh dilantai cafe, bersamaan itu, Sr, Ec, melakukan pencekikan terhadap korban.

Sedangkan Ld menendang, dan Sr melakukan banting, dan korban akhirnya dilempar keluar cafe. “Kami menetapkan 6 tersangka terjerat pada KUHP Pasal 170 jo 351,” imbuhnya. (wan)

Sebelumnya, Sempat Dikeroyok Oknum Polsek Teriak Bengkayang

Pihak keluarga korban ketika di Mapolres Landak untuk menuntut pengusutan kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum polisi dan rekannya

Pontianak Post - [PDF Document] (9)

INTERNASIONAL 9 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Bintang American Idol Dikarantina

Pemerintah Australia Revisi Perjanjian Pertahanan

TOKOH MANCA

presiden ke-44 Negeri Paman Sam itu menga-ku khawatir, publikasi foto-foto penyiksaan tersebut akan menjadi bumerang bagi militernya. Terutama, ribuan serdadu AS yang bertugas di Iraq dan Afghanistan. “Merilis foto-foto tersebut hanya akan memantik sentimen anti Amerika dan membahayakan keselamatan pasukan kami yang mengemban misi di negara lain,” papar Obama se-perti dikutip Agence France-Presse kemarin (14/5).

Di sisi lain, lanjut pemimpin 47 tahun tersebut, publikasi foto-foto penyiksaan taha-nan AS di Abu Ghraib tidak menguntungkan pemerintahannya. “Kami tidak akan menjadi lebih memahami kesalahan masa lalu yang dilakukan pemerintahan sebelumnya hanya dengan merilis foto-foto itu,” imbuh mantan Senator Illinois tersebut. Sebaliknya, pasukan AS yang ditugaskan di Iraq dan Afghanistan justru berisiko tinggi menjadi sasaran sera-ngan balas dendam jika foto-foto itu dirilis.

Menurut The New York Times, Obama me-ngubah keputusannya setelah melihat secara lang-sung foto-foto penyiksaan tersebut. Konon, foto-foto yang menggambarkan fakta miring pasukan AS di awal bergolaknya Perang Iraq dan Perang Af-ghanistan itu terlalu mengerikan. Obama pun lantas urung merilis puluhan foto yang dia anggap tidak layak untuk dipublikasikan tersebut. (hep/ami)

Takut Rilis Foto Siksa TahananGEDUNG Putih berubah pikiran. Foto-foto

penyiksaan tahanan Amerika Serikat (AS) di Penjara Abu Ghraib, Iraq, dan Bagram, Af-ghanistan, batal dirilis. Padahal, semula pe-merintahan Presiden Barack Obama beren-cana memublikasikan sejumlah foto tahap pertama pada Rabu (13/5) waktu setem-pat (kemarin WIB).

Kepada med ia , Barack Obama

M A N I L A - P e n c eg a h a n penyebaran virus flu babi membuat pemerintah Filipina harus bertindak tegas. Dua finalis American Idol yang akan tampil untuk sebuah konser, terpaksa dikaran-tina, beberapa saat setelah men-darat di Manila.

Dav id Cook dan David Archu-leta, pemenang dan runner up ta-lent show paling populer di Amer-ika itu langsung berkonsultasi dengan pengacara me-reka ketika petugas karanti-na mengetuk pintu kamar hotel dimana keduanya tinggal, Rabu malam waktu setempat. Saat itu keduanya sedang beristirahat, sehari setelah tiba di Filipina.

Direktur Biro Karantina Fi-lipina Edgardo Sabitsana me-ngatakan tindakan tersebut diambil untuk menjaga negara Asia Tenggara berpenduduk 90 juta jiwa itu tetap terbebas dari virus H1N1. Rencananya, dua artis jebolan ajang pencarian bakat itu akan tampil Sabtu (16/5) di Manila Shopping Mall.

Dalam proses karantina itu, mereka diharuskan mengisi

sejumlah prosedur yang direko-mendasikan oleh Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit, yang berbasis di Atlanta. Sabitsana mengatakan kepada wartawan,

perlu tiga jam untuk meyakinkan kedua artis tersebut mau mengikuti proses karantina. Dan se-lama itu pula, ke-duanya menelpon pengecara mereka untuk berkonsultasi.

Dia menegaskan ke-pada kedua artis Paman Sam itu bahwa peme-rintah bisa menangkap,

menahan, hingga memenjarakan siapapun jika menolak mengi-kuti prosedur tersebut. Bahkan demi membendung penyebaran virus flu babi, pemerintah setem-pat bisa membatalkan rencana konser yang sudah terjadwal.

Petugas dijadwalkan kembali menemui Cook dan Archuleta hari ini. Manajer mereka juga harus mengikuti tes kesehatan minimal dua kali sehari. Men-teri Kesehatan Fransisco Duque menyatakan hingga kemarin belum ada kasus flu babi di Fi-lipina. Sebanyak 49 orang yang berada di bawah obsebvasi, sejak 1 Mei, dinyatakan tidak terjangkit flu babi. (cak/ami)

CANBERRA-Pemerintah Aus-tralia mengakui telah melaku-kan tindakan memalukan dengan mempublikasikan daftar rahasia sejumlah perjanjian dengan negara-negara di dunia. Termasuk revisi perjanjian pertahanan dengan In-donesia yang telah disepakati.

Lebih dari 200 perjanjian bila-teral yang sedang dalam negosiasi dan review bocor ke parlemen. Di antaranya perjanjian tentang ekspor uranium dengan Tiongkok yang sedang dalam proses negosiasi.

Menteri Luar Negeri Stephen Smith mengatakan, departemen-

nya sedang memberitahu beberapa negara terkait bahwa bocornya dokumen tersebut tidak disenga-ja. “Departemen kami bertang-gung jawab atas kesalahan ini,” akunya dalam sebuah statement.

Dokumen 58 halaman tersebut tidak jelas klasifikasinya. Namun pada sampul halaman depan memuat peringatan bahwa beberapa negosiasi di dalamnya bersifat sensitif dan raha-sia. Bahkan sesuai dengan konvensi internasional, negosiasi dalam sebuah perjanjian, tidak boleh dibuka tanpa ada kesepakatan antara dua negara.

Juru Bicara pihak oposisi bi-

dang hubungan luar negeri Julie Bishop menggambarkan kecero-bohan itu sebagai “pelanggaran prosedur keamanan yang akan meruntuhkan reputasi Australia di mata internasional”. Namun Menteri Perdagangan Simon Crane menjamin bahwa negara terkait tidak akan komplain atas kejadian tersebut. Karena semua informasi dalam dokumen itu telah diketahui publik. “Saya yakin (masalah ini) tidak akan memunculkan protes (dari negara-negara bersangkutan). Tapi kalau memang ada, kami akan menyelesaikannya,” tukasnya. (cak)

REUTERS/TOBIAS SCHWARZ

OPERA HITLER: Setelah sebelumnya ada yang memotong replika lilinnya, Kemarin (14/5) di Berlin kisah Hitler didramakan dalam opera musik bertajum Musik Semi untuk Hitler. Tampak Martin Sommerlatte meme-rankan Hitler.

David Cook

Pontianak Post - [PDF Document] (10)

Pontianak Post Jumat 15 Mei 200910 MENUJU KEKUASAAN

PONTIANAK—Komisi Pemi-lihan Umum Pontianak membuat terobosan baru untuk menginten-sifkan pendaftaran pemilihan pre-siden (pilpres) bagi masyarakat kota yang belum terdaftar pada pemilu legislatif 9 April lalu, yakni dengan membuka stand di A Yani Mega Mall.

Stand ini terletak di lantai dasar mal dan dibuka mulai kemarin (14/5) hingga 17 Mei 2009. “Letak stan di dekat Hypermart dengan harapan masyarakat mu-dah mengaksesnya,” kata Ketua KPU Pontianak Viryan Azis.

Untuk masyarakat kota yang mendaftarkan diri di stand terse-but akan berkesempatan mengi-kuti undian berhadiah yang akan dilakukan pada hari terakhir keberadaan stan. “Kami men-yediakan doorprize menarik,” tambahnya.

KPU menyiapkan petugas yang siap mengecek data diri masyarakat di stan tersebut. Apa-bila masyarakat yang mengecek ternyata belum terdaftar, seketika langsung dicatat oleh petugas lapangan dan akan diikutkan undian berhadiah.

Pada kesempatan tersebut juga akan dilakukan sosialisasi pemilu presiden dan wakil presiden yang

akan berlangsung tanggal 8 Juli 2009, kepada masyarakat.

Kata Viryan, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat yang berhak memilih namun tidak ter-daftar pada pilleg kemarin dapat aktif mendaftarkan dirinya.

Dijelaskannya, selain kegiatan ini, sejak akhir April juga telah berjalan pemutakhiran daftar pe-milih pilpres oleh PPDP (Petugas Pemutakhir Daftar Pemilih) yang terdiri dari satu orang Ketua atau anggota KPPS per TPS yang akan mendapatkan dana opera-sional kerja Rp300.000.

sem*ntara pelayanan daftar pemilih dalam bentuk yang lain seperti menggunakan SMS, ma-sih berjalan sampai dengan 17 Mei 2009. “Daftar pemilih yang tengah dimutakhirkan ini akan ditetapkan pada 24 Mei 2009,” katanya.

Dia berharap kalau dengan meletakkan stand pendaftaran di lokasi yang ramai dikunjungi, maka pendaftaran pemilihan presiden (pilpres) bagi masyara-kat kota akan lebih mudah lagi, hingga nantinya tak ada lagi ka-bar bahwa ada penduduk (warga Pontianak) yang tak bis memilih presiden dengan alasan tidak terdaftar dalam DPT. (zan)

Terobosan KPU, Daftar Pilpres Bisa di Mall

Ajak Koalisi, JK Telepon Tifatul

PONTIANAK—Sejumlah pimpinan partai politik (parpol) menyambut baik terobosan KPU Pontianak yang mengintensifkan pendaftaran pilpres bagi masyarakat kota yang belum terdaftar di pemi-lihan legislatif dengan membuka stan di A Yani Mega Mal.“Saya menghormati dan menyambut baik langkah KPU membuka pendafta-ran bagi warga yang tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) pada pileg yang di tempat keramaian dan mudah dijangkau seperti di mall,” kata Arif Joni Prasetyo, Ketua Fraksi PKS DPRD Pontianak.

Pria yang juga menjabat Sek-retaris DPW PKS Kalbar ini me-mandang langkah KPU Pontianak merupakan sebuah terobosan bagus yang mesti mendapatkan apresiasi dan penghargaan. Dengan demikian akan lebih mudah bagi masyarakat mendapatkan informasi mengenai daftar pemilih dan sekaligus sebagai sarana sosialisasi tentang pilpres.

sem*ntara Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pontianak Hartono Azaz juga menyambut baik tero-bosan itu. Walaupun begitu, Azas masih meragukan efektifitasnya.

Menurut pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Pontianak ini mengatakan, pendataan pemilih yang tak terdaftar pada pileg lalu dengan menggunakan perangkat daerah jauh lebih efektif.“Pak Wali atau Dinas Catatan Sipil harus ikut berperan menginstruksikan kepada Camat, Lurah, dengan dibantu RT/RW membantu KPU dalam melakukan pendataan,” ujarnya.Menurutnya, tingkat partisipasi rakyat sangat penting, karena pilpres sangat menentukan nasib dan arah pembangunan untuk lima tahun ke depan.Dia mengimbau agar masyarakat proaktif mencari dan mengecek di Ketua RT/RW

untuk memastikan apakah mereka sudah terdata atau belum dalam pilpres nanti.

DPT berbasis TPS Menurut Arif Joni Prasetyo, ki-

sruhnya DPT pada pileg harus dapat diatasi dengan cara penyusunan DPT berbasis TPS dan RT. “Ma-ksudnya, daftar pemilih disusun berdasarkan TPS. Tiap TPS harus jelas ruang lingkup pemilihnya yaitu dari satu RT atau gabungan RT. Hal ini memperjelas posisi seseorang, di mana dia didaftar,” katanya.

Menurutnya, perkara data kepen-dudukan akan terus terjadi dalam pemilu, pilkada dan tentu saja dalam pemerintahan dan pelayanan publik. Dalam jangka panjang, jika administrasi data kependudukan tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, dia khawatir konflik hasil pemilu dan pilkada akan terus terjadi dan berkepanjangan.

Pada sisi lainnya, ketiadaan data kependudukan yang terpadu dan valid menyebabkan pemborosan keuangan negara karena setiap

instansi pemerintah memiliki data yang berbeda dalam memberikan pelayanan.Menurut Arif Joni, administrasi kependudukan yang baik bukan hanya akan akan men-ghindarkan konflik dalam pemilu, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi pemerintahan.

”Tidak ada hal lain yang dibutuh-kan untuk ini, melainkan komitmen Presiden bersama kepala daerah untuk memperbaiki data kependu-dukan,” kata dia. ”DPT bermasalah yang terjadi dalam pemilu legislatif lalu adalah satu diantara banyak perkara yang mungkin muncul karena buruknya data kependudu-kan.” Dalam waktu jangka pendek ini, kata Arif, DPT dapat diperbaiki dengan cara aktif dan pasif. Secara aktif KPU bersama jajaran pemda melalui RT jemput bola mendata warga yang tidak masuk DPT pada pileg lalu. ”Secara pasif KPU bersama pemda merevisi data atas laporan masyarakat. Demikian pula parta-partai harus terlibat aktif mengawasinya,” katanya. (zan)

DPT Harus Berbasis TPS dan RT Rizal Kritik Koalisi Dagang Sapi

JAKARTA - Calon presiden dari Blok Perubahan Rizal Ramli mengkritik rencana koalisi sejumlah partai politik menengah yang dinilainya tidak konsisten. Dia menilai, koalisi menjelang pemilu presi-den kali ini sekadar dagang sapi yang mengelabui suara pemilih di pemilu legislatif. “Bagaimana mungkin hari ini berkoalisi dengan partai A, besok berubah lagi. Pemilih dan rakyat merasa tertipu den-gan praktik politik dagang sapi yang kita saksikan beberapa hari terakhir,’’ ujar Rizal Ramli di Jakarta kemarin (14/5). Mantan Menko Perekonomian itu mengatakan, gaduhnya rencana koalisi partai-partai disebabkan koalisi yang diban-gun tidak berdasar persamaan agenda kerja dan ideologi,

melainkan sekadar hitung-hitungan menang-kalah. “Koalisi di seluruh dunia demokrasi itu dimulai per-samaan ideologi, visi, dan misi yang jelas. Bukan hanya soal bagi-bagi kekuasaan,’’ tegasnya. Rizal enggan berkomentar tentang peluangnya menjadi calon presiden atau calon wakil presiden. Itu terjadi setelah up-ayanya untuk dipilih menjadi cawapres bagi capres Partai Gerindra Prabowo Subianto lebih lemah daripada komu-nikasi politik Gerindra dan PDI Perjuangan. Meski peluangnya untuk berlaga di pemilu presiden sangat kecil, Rizal berharap perjuangan untuk melakukan perubahan mendasar di Indo-nesia tetap terjadi. (noe)

JAKARTA - Konflik antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat mengenai cawapres mem-buat kubu lawan bergembira. Partai Golkar mengakui perseteruan tersebut justru menunjukkan belang capres Par-tai Demokrat Susilo Bambang Yudhoy-ono (SBY) yang sebenarnya.“Sekarang

PKS sudah merasakan sendiri bagai-mana model kepemimpinan SBY itu. Dia (SBY, Red) kan suka memutuskan sendiri, mem-fait a compli. Ya memang seperti itu,” kata Ketua DPP Partai Golkar Zainal Bintang di Jakarta ke-marin (14/5).

Pendiri JK for President itu men-gungkapkan, konflik Demokrat dan partai anggota koalisi yang lain, teruta-ma PKS, menjadi berkah bagi Golkar. Sebab, konflik tersebut menunjukkan bahwa Demokrat telah menjadi partai yang sem*na-mena. Karena merasa menang, mereka bisa seenaknya me-

mutuskan langkah politik tanpa meng-hormati rekan anggota koalisi lain.

Selain itu, kata Zainal, perseteruan tersebut akan membuat kemungkinan PKS keluar dari koalisi Demokrat ter-buka lebar. Sebab, apabila Demokrat tetap ngotot mengusung Boediono sebagai cawapres, PKS bisa jadi akan keluar. Presiden PKS Tifatul Sem-biring sudah menyatakan menolak Boediono.

Karena itu, Golkar siap menerima partai berhaluan Islam tersebut untuk bergabung. “Kalau sudah tidak sreg dengan PD, kami tentu saja welcome.

Dampak Penolakan Boediono sebagai Cawapres SBY

Apalagi, kami mengusung Pak JK dan Pak Wiranto yang san-gat religius. Pak JK itu berlatar belakang NU. Lihat, istri Pak JK dan Pak Wiranto itu pakai jilbab lho. Apa lagi yang dicari PKS,” katanya.

Golkar langsung proaktif mendekati PKS. Bahkan, JK yang ketua umum Partai Golkar itu, lanjut Zainal, langsung me-nelepon Tifatul untuk mengajak berkoalisi. “Pak JK ini kan cepat juga. Lebih cepat lebih baik kan. Jadi, beliau langsung kontak-

kontakan dengan Pak Tifatul,” tu-turnya.Zainal mengkritik strategi partai-partai Islam yang seolah menyerah sebelum bertanding. Ketika Demokrat menang, me-reka merapat ke partai yang mencalonkan kembali SBY itu. Padahal, mereka sebenarnya bisa mengusung kekuatan alterna-tif. Apalagi, partai-partai Islam dihuni aktivis-aktivis muda. “Coba hitung saja. PKS, PAN, dan PKB itu, kalau bersatu, bisa mengusung calon sendiri lho,” katanya. (aga/agm)

JAKARTA - Kubu Gerindra membantah jika telah terjadi deal antara PDIP dan Gerindra untuk mengusung Megawati Soakernoputri dan Prabowo Subianto (MegaPro) sebagai pasangan capres-cawapres. Direktur Gerindra Media center, Haryanto Taslam menegaskan, proses negosiasi masih berlangsung dan belum ada kesepakatan final karena Gerindra masih tetap bertahan untuk mengusung Prabowo sebagai capres.

“Opini yang berkembang satu hari ini menge-sankan pak Prabowo luluh. Seakan-akan sudah ada deal dan memosisikan Mbak Mega sebagai capres dan Prabowo wakilnya. Itu nggak bener,” ujar Haryanto Taslam kepada JPNN, Kamis (14/5) malam.

Mantan politisi PDIP yang lebih akrab disapa dengan nama Hartas ini menambahkan, keputu-san akhirnya baru ditentukan hari ini. “Karena negosiasi masih berlangsung dan belum ada fase itu (duet Mega-Prabowo). Ini perlu diluruskan,” katanya.Menurutnya, opini yang berkembang justru telah mem-fait accomply Prabowo, yakni seolah-olah putyra begawan ekonomi profesor Soemitro Djojohadikusumo itu lulu h oleh konsesi tertentu dari PDIP dan bersedia menerima kursi cawapres. “Kita masih bertahan bahwa Prabowo tetap capres,” tandasnya.

Hartas melanjutkan bahwa selain berkomu-nikasi dengan PDIP, Gerindra juga terus berusaha menggandeng parppl lain baik yang punya kursi di DPR maupun yang gagal lolos parliamnetary treshold. Meski demikian, kata Hartas, Gerindra masih berharap ada deal antara PDIP.

“Kita tentu punya sekenario A, B ataupun seterusnta. Tetapi kita masih berharap ada deal dengan PDIP, tentunya yang membawa kebaikan bagi semua pihak,” tukasnya. (aj/jpnn)

JAKARTA - Hasil penetapan KPU tentang perubahan perolehan kursi parpol di DPR telah mengantarkan Agung Laksono ke keanggotaan DPR RI 2009/2014. Padahal, yang sebelumnya Wakil ketua umum Golkar yang maju dari daerah pemilihan DKI Jakarta I itu nyaris gagal lolos ke Senayan. Namun Agung membantah jika ada ada intervensi maupun kecurangan untuk mengantar-kannya lagi ke kursi DPR.

Kepada wartawan di gedung DPR RI, Kamis (14/5), Agung mengatakan, pihaknya berada dalam posisi menerima apapun keputusan KPU. “Sean-dainya tidak lolos saya biasa saja. Kalau masuk lagi ya Alhamdulillah. Semuanya saya serahkan sesuai aturan saja. KPU mengatur begitu, ya kita ikuti,” ujar Agung.

Menurutnya, sebagai caleg dirinya sudah berusaha untuk terpilih lagi. “Ketika pemilu saya berusaha lewat kampanye,” sambungnya.

Saat disinggung keberhasilannya lolos lagi ke Senayan itu ternyata juga mengakibatkan Partai Keadilan Sejahtera meradang karena kehilangan kursi, Agung menegaskan bahwa semua sudah berlangsung transparan. Agung membantah jika kecurangan telah membuatnya terpilih lagi.

“Semuanya transparan koq. Hitung-hitungannya juga terbuka, tidak ada kecurangan. Kita serahkan saja ke KPU,” tukasnya.(aj/jpnn)

PILPRES

KPU

Tetap Diplot Capres

Bantah Curangi PemiluBRING

DAFTAR: Warga yang belum terdaftar pada Pilpres bisa mendaftar ke stand KPU di Mega Mal.

JPNN

KRITIK: Calon presiden dari Blok Perubahan Rizal Ramli mengkritik rencana koalisi sejumlah parpol.

Pontianak Post - [PDF Document] (11)

ANEKA 11Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Sambungan dari halaman 1

terapung lengkap tersebut men-jadi tenaga medis cadangan se-lama World Ocean Conference (WOC) berlangsung di kota itu. Koran ini pun berkesempatan mengintip ke dalam kapal terse-but.Untuk bisa masuk ke dalam KRI dr Soeharso, semua orang harus menggunakan fasilitas speed boat dari darat. Sebab, kapal dengan daya angkut 11.300 ton dan berkecepatan maksimum 15 knot itu hanya bisa diparkir pada kedalaman lebih dari 15–20 meter. Setelah sampai di pintu masuk lambung kapal, pengunjung disuguhi fasilitas yang cukup istimewa karena kapal tersebut memiliki ciri khas berupa dockwell alias dok terapung.

Dua kapal kecil jenis LCU-23M diparkir dalam lambung seluas kurang dari 500 meter persegi itu. ’’Dok terapung ini memudahkan pasien ke dalam kapal dengan kapal ke-cil. Biasanya ruangan ini diisi penuh air untuk keperluan itu. Namun, dalam keadaan normal ini dikeringkan,’’ jelas salah seorang teknisi, Serka Effendi Yuspriyatno.Dari lambung kapal di lantai satu, tur pun berlanjut ke ruangan-ruangan di KRI tersebut. Rombongan pun langsung menuju tangga ke lantai atas. Namun, seketika para kru menghentikan mereka. Ternyata, untuk naik turun di kapal lima lantai itu, rombongan bisa menggunakan lift. ’’Ini fasilitas yang tidak selalu ada di kapal-kapal perang,’’ ujarnya.

Para anggota tur merasa se-makin nyaman ketika hendak naik turun dan menjelajahi ka-pal yang terdiri atas lima lantai tersebut. Lantai dua kapal itu terdiri atas ruang-ruang yang merupakan bangsal dan kamar isolasi serta ruang untuk rapat kru dan kamar-kamar kru.

Lantai tiga terdiri atas fasili-tas perawatan rumah sakit.

Lantai empat dan lima meru-pakan kamar-kamar kru, ru-ang pertemuan, dan fasilitas operasional kapal. ’’Di atasnya lagi adalah ruang kemudi dan nakhoda. Tapi, karena berada di dek paling atas, ruang itu tidak disebut lantai enam,’’ katanya.

Lorong-lorong dan koridor dalam kapal tersebut terlihat sangat rapi dan bersih. Lantai serta tembok kapal terlihat mengkilat layaknya sepatu yang baru disemir. Dalam kamar dan kabin-kabin utama, kasur serta meja terlihat ditata rapi.

Kondisi itu membuat kapal terasa sangat nyaman, walau-pun lorong dan kamar terasa lebih sempit jika dibanding-kan bangunan biasa. ’’Kami merawat kapal ini lebih baik daripada merawat diri kami. Se-bab, ketika kami melaut, kapal adalah aset utama untuk hidup,’’ celetuk salah seorang kru.

Rombongan menghabiskan waktu paling lama di lantai tiga. Di sana, seluruh kegiatan medis dipusatkan. Lantai tiga menjadi salah satu bagian vital kapal yang berfungsi sebagai rumah sakit terapung itu. Lorong-lorong dalam lantai tiga terdiri atas sekitar 40 ruangan kecil yang dilengkapi fasilitas kes-ehatan lengkap dan memiliki berbagai fungsi.

Komandan KRI dr Soeharso Letkol Laut H Yudho Warsomo menjelaskan, sebagai kapal rumah sakit, telah disediakan satu ruang UGD, tiga ruang bedah, enam ruang poliklinik, 14 ruang penunjang klinik, serta dua ruang perawatan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat tidur. Otomatis, kapal itu akan sangat berguna untuk operasi di daerah-daerah perang dan daerah yang membutuh-kan medical support tingkat menengah. ’’Karena kondisi keamanan selalu stabil, kapal ini lebih banyak digunakan untuk keperluan bakti sosial,’’ ujar Effendi.Ruang operasional

dan sarana penunjang kesehatan dibuat sangat lengkap dengan fasilitas medis standar RS pada umumnya. Tiap ruang didesain layaknya ruang praktik dokter-dokter spesialis. Dalam ruang poli gigi, terdapat sebuah kursi untuk perawatan dilengkapi rak yang berisi alat-alat operasi gigi dan lampu operasi. Di ruang poli mata juga ada fasilitas untuk operasi kecil serta pen-gobatan.Sejumlah alat keleng-kapan penunjang medis seperti rontgen dan alat ultrasonografi juga ada di ruangan lain. ’’Itu untuk keperluan kebidanan dan penanganan patah tulang,’’ kata Yudho.Dia menjelaskan, RS terapung tersebut mampu melakukan berbagai aktivitas medis, baik pengobatan maupun praktik operasi besar. Dia lantas menceritakan, ketika melaku-kan misi Surya Bhaskara Jaya pada Desember 2008, tenaga medis dalam kapal itu sempat melakukan operasi pengangka-tan tumor seberat 2,5 kilogram dari seorang pasien asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Operasi dilakukan di atas kapal plus rawat inap selama dalam perjalanan ke rumah sakit yang lebih besar di pulau utama NTT. ’’Banyak pasien kami yang terutama dari ka-langan menengah ke bawah yang merupakan penduduk kepulauan terpencil. Jadi, kami transport mereka ke rumah sakit yang lebih representatif ,’’ jelasnya.Kru dokter juga pernah menyelamatkan seorang ibu di Bengkulu saat melahirkan bayi melalui operasi. Hal itu cukup berkesan karena wanita yang diselamatkan tim dokter tersebut hamil dan diketahui memiliki janin dalam posisi sungsang.

Rapat pun dilakukan den-gan seksama dan diputuskan melakukan operasi on board. ’’Waktu itu terjadi insiden bayi sungsang. Jadi, kami turun lang-sung dan bisa menangani secara

cepat tanggap. Dia pun dira-wat sampai sembuh,’’ ungkap Yudho. Kegiatan medis seperti itu sangat mungkin dilakukan dengan taktis di kapal tersebut. Sebab, kapal itu memiliki 75 awak buah kapal (ABK) dan 65 staf medis yang stand-by setiap saat. Karena semua tenaga medis berada di kapal, tingkat kesiagaan dalam penan-ganan medis bisa sangat leluasa dilakukan. Bahkan bisa lebih efektif daripada rumah sakit biasa. Sebab, dalam keadaan darurat, sang dokter hanya perlu berpindah dari kabin ke kamar perawatan pasien. ’’Itu akan efektif di medan pertem-puran,’’ ujar Yudho.Berdasar data yang terpampang di salah satu dinding kabin kapal, secara keseluruhan kapal tersebut mampu menampung 40–100 pasien rawat inap. Jika dalam keadaan darurat, KRI dr Soe-harso juga mampu menampung 400 personel dan sekitar tiga ribu penumpang.

Bukan hanya itu, kapal tersebut bisa berguna maksimal ketika terjadi serangan senjata kimia atau biologi di daratan. Evakuasi serta karantina bisa efektif dilakukan karena kapal bisa diisolasi di lautan.

Kapal tersebut memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk mengisolasi pasien dari penyakit yang bisa menular dan berpotensi menyebabkan pandemi seperti flu burung serta flu babi. ’’Kapal ini memiliki fasilitas tangkal radiasi dan bisa dimaksimalkan ketika terjadi keadaan darurat,’’ tegas Yudho.Setelah berkeliling kapal, rom-bongan pun diterima di salah satu ballroom kapal. Yudho lantas menceritakan, kapal yang dibuat di Korea Selatan tersebut sebelumnya bernama KRI Tanjung Dalpele. Kapal itu tergabung sebagai unsur Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Komando Armada RI Kawasan Timur. (*/kim)

Sambungan dari halaman 1

tidak seperti iddah nikah biasa; dengan akad nikah menjadi kuranglah hak seseorang dalam hubungan dengan kebolehan beristri empat. Sedangkan mut’ah tidaklah demikian; dengan melakukan mut’ah, ses-eorang tidak dianggap menjadi muhsan, karena wanita yang diambil dengan jalan mut’ah tidak berfungsi sebagai istri. Mut’ah tidak menjadikan status wanita sebagai istri dan tidak pula berstatus jariah.

Persoalan mut’ah ini per-nah didiskusikan MUI Kalbar dengan Ayatullah Syah Yusuf Ghomii, seorang ahli fiqih pada pusat kajian Islam di Ghom, Iran, September 2005. Ke-pada rombongan MUI Kalbar, mantan hakim agung di Iran itu menegaskan meskipun masyarakat Islam di Iran ber-paham Syiah, namun mereka tidak sepakat dengan praktik poligami, terlebih dilakukan tanpa persetujuan istri.

Pandangan yang sama juga disampaikan Pimpinan DPW Muhammadiyah Kaliman-tan Barat, Drs Pabali Musa

MAg. Dikatakan, Islam tidak membenarkan kawin kontrak atau mut’ah. Zaman Rasul-lullah SAW, ketika Islam mulai berkembang, mut’ah memang pernah ada, tapi kemudian di-haramkan, sebagaimana dinya-takan oleh al-Imam an-Nawawi dalam kitabnya Syarh Shahih Muslim: “yang benar dalam masalah nikah mut’ah ini adalah bahwa pernah dibolehkan dan kemudian diharamkan seban-yak dua kali; yakni dibolehkan sebelum perang Khaibar, tapi kemudian diharamkan ketika perang Khaibar. Kemudian di-bolehkan selama tiga hari ketika fathu Makkah, atau hari perang Authas, kemudian setelah itu diharamkan untuk selamanya sampai hari kiamat.”Kenapa dibolehkan? Karena ketika itu dalam keadaan perang yang jauh dari istri, sehingga para sahabat yang ikut perang merasa sangat berat. Pada masa itu masih dalam masa peralihan dari ke-biasaan zaman jahiliyah. “Jadi wajar jika Allah memberikan keringanan (rukhshah) bagi para sahabat ketika itu,” ujar Pabali Musa.

Jika dikompirasikan den-

gan keadaan sekarang, maka mut’ah jelas tidak lagi sesuai. Pasalnya, pelaku mut’ah yang sebagian beragama Islam asal Timur Tengah telah nyata-nyata melakukan mut’ah dengan dalil senang-senang atau berwisata.

“Mut’ah yang mereka laku-kan hanya mementingkan cinta sesaat dan pemenuhan kebu-tuhan ekonomi. Mut’ah bisa dikatagorikan sebagai praktik perdagangan orang yang terse-lubung,” ungkap Pabali.Apa pandangan pakar hukum terh-adap kawin kontrak? H Rusdi Said SH MH, pakar hukum dari Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura mengaku kurang sependapat dengan adanya kawin kontrak atau mut’ah. Menurutnya, kawin kontrak telah menodai aturan hukum positif. Demi memuaskan nafsu syahwat, para pelaku kawin kon-trak terkadang menghalalkan secara cara, termasuk memalsu-kan dokumen domisili, status perkawinan, serta keterangan kewarganegaraan yang dikelu-arkan Kedutaan Besar Negara yang bersangkutan.

Rusdi menegarai, maraknya kawin kontrak yang terjadi

antara pria asing dengan perem-puan lokal terjadi karena ada campur tangan pihak ketiga (calo), yang juga warga Indo-nesia sendiri. “Kedengarannya memang amat miris. Disaat negara kita getol menguman-dangkan anti perdanganan orang di negeri orang, ternyata praktik tercela itu dilakukan oleh anak negeri sendiri,” ungkapnya sedih.

Untuk menghindari terjadinya efek ikutan dari kawin kontrak, Rusdi meminta kepada aparat penegak hukum untuk bisa ber-tindak tegas. Bila perlu, pelaku maupun calo kawin kontrak diganjar dengan hukuman berat. Bagaimana caranya? Lakukan razia pada lokasi-lokasi yang disinyalir kuat sebagai sarang pelaksanaan kawin kontrak. Jika petugas mendapati ada pasutri (pasangan suami istri) yang tidak bisa menunjukkan Surat Nikah serta KTP yang berstatus menikah dan memiliki alamat yang berbeda, maka mereka layak dicurigai sebagai pasan-gan kawin kontrak. “Semua itu hanya bisa dilakukan jika semua pihak menunjukkan etiket yang baik,” imbuh Rusdi.(go)

Sambungan dari halaman 1

Sayang LSI belum menguji pasangan JK-Wiranto. Survei yang dilakukan LSI justru pada pasangan JK-Endiartono dan hasilnya adalah 3 persen. Men-gapa JK-Endiartono, bukannya JK-Wiranto? “Saat pengumpu-lan data survei ini dimulai 27 April, suara yang membisiki kami, memang menyebut JK-Endiartono. Makanya, kami tu-run lapangan dengan membawa kombinasi ini,” jawabnya.

Saat JK-Wiranto menggelar konferensi pressnya pada 1 Mei malam, proses pengumpulan data sudah hampir tuntas. Turun lapangan untuk menggali survei ini memang hanya sampai tang-gal 3 Mei.

“Karena sudah separoh jalan, malah hampir selesai, kami tidak mungkin menyesuaikan-nya,” ungkap Saiful. Meski be-gitu, menurut Saiful, munculnya variabel JK-Wiranto, bukannya JK-Endiartono, tidak akan ter-lalu banyak berpengaruh. Saiful juga menginformasikan survei nasional LSI kali ini melibatkan 2014 responden. Wawancara dilakukan melalui tatap muka secara langsung dengan Margin of Error 2,8 persen.

Tak hanya itu, LSI juga men-coba melakukan polling via telepon terhadap 400 responden. Mereka adalah pemilih pesawat

telepon di 33 ibukota provinsi yang dipilih secara random. Untuk polling ini, tingkat Mar-gin of Error (MoE) LSI adalah 5 persen.

Dengan menguji SBY-Bo-ediono head to head Mega-Prabowo, hasilnya juga tidak jauh berbeda. SBY-Boediono melejit dengan 79 persen. Sedan-gkan, Mega-Prabowo tertinggal dengan 10 persen.

Lagi-lagi survei ini tidak sempat menguji pasangan ke-tiga, yakni JK-Wiranto. Sebab, wawancara via telepon untuk pengumpulan datanya juga dimulai 30 April atau dua hari sebelum JK-Wiranto meres-mikan duetnya. Meski duet Mega-Prabowo, masih jauh di belakang SBY-Boediono, Saiful menegaskan bahwa Megawati tetap menjadi rival terberat bagi SBY. “Bukannya Jusuf Kalla ataupun Prabowo,” ujarnya.

Pertimbangan inilah yang membuat Megawati enggan menurunkan ambisi politiknya dari capres menjadi cawapres. Selanjutnya, memberi kesem-patan kepada Prabowo untuk tampil sebagai capres dari kubu Teuku Umar. Saiful menyebut dari survei nasionalnya pada 27 April-3 Mei, untuk penampilan secara pribadi di antara empat tokoh, SBY didukung 69 persen responden. Menyusul Megawati (16 persen), Prabowo (5 persen),

dan JK (3 persen).Penolakan sejumlah parpol Islam terhadap sosok Boediono, menurut Saiful tak menggambarkan suara kalangan muslim. Mayoritas pemilih muslim yang menjadi responden LSI tidak terpengaruh dengan isu yang digulirkan kelompok parpol Islam bakal mitra koalisi, khususnya PKS dan PAN, yang kecewa dengan pilihan SBY tersebut. “Seban-yak 71 persen responden yang beragama Islam tetap memilih SBY-Boediono,” kata Saiful. Isu Jawa-luar Jawa juga tidak mem-pengaruhi publik dalam memilih pasangan capres-cawapres. Duet SBY -Boediono juga dipilih 74 responden LSI dari kalangan pemilih non suku Jawa dan Sunda. Dilihat dari aspek kewil-ayahan, duet ini tetap menarik hati bagi 74 persen responden dari luar Pulau Jawa dan Pulau Bali.

“Soal agama, suku bangsa, dan kewilayahan tidak punya pengaruh berarti terhadap peri-laku memilih pasangan capres-cawapres,” kata Saiful.

Tak berhenti sampai di sana, Saiful balik mengkritik parpol-parpol Islam. Menurut dia, gabungan perolehan kursi DPR dari hasil pemilu 2009 yang di-menangkan PKS, PAN, PPP dan PKB hanya mencapai 24 persen kursi dari total kuota 560 kursi. Padahal, menurut sensus BPS,

penduduk muslim di Indonesia mencapai 87 persen.

Artinya, imbuh Saiful, terda-pat 63 persen umat Islam yang tak terwakili oleh parpol-parpol Islam tersebut. “Tentunya tidak sah mereka mengklaim diri mewakili umat Islam secara politik,” kritiknya.

Bisa Satu PutaranPengamat Politik LIPI Lili

Romli juga memperkirakan agak sulit pasangan Mega-Prabo-wo dan JK-Wiranto menandingi SBY-Boediono. Bahkan, kata Lili, kalau pemilu diadakan hari ini, pasangan SBY-Boediono bisa menang hanya dengan satu putaran.Kalau situasi seperti sekarang ini bertahan sampai 8 Juli, saat hari-H pilpres, bisa saja SBY-Boediono meraih suara lebih dari 50 persen. Sehingga pilpres cukup dilakukan satu putaran. “Sekali dengan catatan situasinya tetap seperti sekarang ini,” kata Lili.

Namun, lanjutnya, politik tidak bisa hitam putih.

SBY-Boediono juga bisa melakukan blunder. Isu Bo-ediono seorang penganut neo-liberalisme kalau dibiarkan bisa menjadi bumerang. Sebenarnya publik tidak peduli dengan isu neoliberalisme itu. Tapi isu terse-but bisa berkembang menjadi stigma bahwa Boediono anti ekonomi kerakyatan. Ini yang berbahaya.(tom/pri))

Darurat Tertangani Cepat karena Dokter Tinggal Pindah Kamar

Kawin Kontrak Rendahkan Martabat Perempuan

SBY-Boediono Masih Teratas

Sambungan dari halaman 1

terfavorit di NBA selama em-pat tahun berturut-turut, sejak 2006 sampai 2009.Hingga kemarin, sudah banyak tim mendaftarkan diri di kantor DBL Indonesia, di DBL Arena Jalan A. Yani Surabaya. Banyak yang pasang target menang dan berkolaborasi dengan Miami Heat Dancers.

“Ini jelas jadi kesempatan emas buat tim kami. Mereka pasti sudah keren banget. Kelas-nya internasional, tampilnya di NBA, juara lagi!” kata Vivin

Kartika Sari, personel dance team Black Box. “Tapi terus terang kami juga nervous. Yah, semoga bisa nunjukin yang terbaik aja,” tambahnya.

Bagi tim lain yang masih berminat, Masany mengingat-kan kalau masih ada waktu. “Pendaftaran gratis. Kalau cepat daftar, bisa diterima. Kalau tidak, nanti kehabisan tempat. Bisa hubungi kami di (031) 820-2195 atau (031) 8188-4040,” tandasnya.NBA Madness presented by Jawa Pos ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tahun lalu, even

ini diselenggarakan di enam negara. Filipina, Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, dan Korea.Pemain favorit New York Knicks, David Lee, bakal menjadi bintang utama, ikut tampil bersama Miami Heat Dancers di weekend penutup. Pada weekend pembuka, 4-7 Juni di Plaza Tunjungan 3, bakal tampil Grizz, maskot tim Memphis Grizzlies yang doyan nge-dunk.

NBA Madness presented by Jawa Pos ini juga mampir di Mal Galaxy (11-14 Juni) dan Royal Plaza (18-21 Juni). (leo)

Sambungan dari halaman 1

Penampilan Sheila tak jauh berbeda ketika belum masuk bui. Masih seksi dengan baju sedikit terbuka. Namun Sheila kini terlihat lebih religius dan selalu membawa nama Tuhan ketika berbicara.

“Tapi Tuhan punya rencana di balik ini semua. Sebelum aku bicarakan, aku berdoa. Apa yang aku lakukan adalah berdasarkan kehendak Tuhan, tidak ada yang lain,” katanya

ditemui di MU Cafe.Sayangnya, gadis kelahiran

Bali ini emoh menceritakan alasan dia putus dengan pemain sinetron itu. Bekas pacar Roger Danuarta ini enggan bicara ban-yak, meski dia mengatakan Josh syok dengan keputusaanya.

“Dia syok ketika aku bi-lang putus. Aku nggak bisa bilang alasannya. Soalnya, keputusankuu sifatnya sangat personal. Cukup kita berdua yang tahu,” elak Sheila.

Ketika ditanyakan apakah

penyebabnya karena Josh mantan hom*o, Sheila meng-geleng. “AKu selalu diajarkan keluarga aku untuk tidak me-lihat orang dari masa lalu atau latar belakangan. Ada sesuatu yang nggak bisa aku ceritakan,” tutupnya.

Saat ini Sheila mengaku in-gin sendiri dan serius bekerja setelah tujuh bulan menjadi pesakitan di bui. “Sekarang saya masih mau sendiri. Jadi belum mikirin hal lain dulu,” jelasnya. AAL

Sambungan dari halaman 1

Menurut Pram-- begitu dia akrab disapa, perbedaan opsi yang ada diantara kedua partai sudah semakin kecil. Perwaki-lan kedua partai, yakni PDIP dan Gerindra, terus mengin-tensifkan pertemuan. Rabu lalu para elit itu menggelar pertemuan di Hotel Intercon-tinental Mid Plasa. Kemarin, tempat pertemuan pindah ke Hotel Darmawangsa. Tapi, Megawati dan Prabowo belum bertemu secara langsung.

Meski begitu, Pram me-nyebut, PDIP masih bertemu dengan tim-tim lobi dari parpol lain. “Opsinya memang masih terbuka. Politik sekarang ini sangat dinamis. Sekarang ada-lah kritikal time untuk semua,” imbuhnya.

Sampai detik terakhir, PDIP tetap bersikeras mencapres-kan Megawati. Ketua DPP PDIP Bidang Pemberdayaan Perempuan Puan Maharani menegaskan siapapun yang ber-gabung dengan PDIP posisinya harus cawapres. Tak terkecuali, Prabowo yang sebelumnya te-lah digadang-gadang Gerindra

sebagai capres. “Komunikasi politik

sekarang ini, kami mencari cawapresnya (Megawati, Red), bukan mencari capres peng-ganti Megawati,” tegasnya. “Kalaupun terjadi, pasti Mega-Prabowo,” imbuh putri pasan-gan Megawati dan Taufiq Kiemas itu.

Puan menyampaikan, proses komunikasi kedua partai tidak sebatas penentuan capres-cawapres. Tapi, bagaimana mensinergiskan kedua gerbong partai sampai ke akar rumput. “Sudah mateng sih, tinggal mateng di pohon atau mateng dikarbit,” candanya.

Sayangnya, acara deklarasi yang sangat monumental itu tidak dapat dihadiri Taufiq Ki-emas. Ketua Dewan Pertimban-gan Pusat (Deperpu) PDIP yang punya peran strategis dalam proses pengambilan keputusan di internal PDIP itu sejak Rabu lalu di rawat di RS MMC, Jalan HR Rasuna Said.

“Bapak tidak bisa diganggu sampai lima hari ke depan. Beliau tak bisa dijenguk, kar-ena dokter menyarankan harus istirahat total,” katanya.

PKS Tetap Tolak Bo-ediono

Pembicaraan untuk mencari titik temu antara kubu Susilo Bambang Yudhoyono dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus dilakukan. Kemarin sore (14/5), PKS dan utusan SBY bertemu di gedung Bank Mega di Jalan Tendean, Jakarta Selatan.

Kubu PKS diwakili Ketua Tim Lima yang juga Presiden PKS Tifatul Sembiring, Sekjen PKS Anis Matta, dan Ketua DPP PKS Bidang Politik Machfudz Sidiq. sem*ntara, kubu SBY diwakili Hatta Rajasa, Ketua Umum Par-tai Demokrat Hadi Utomo yang juga Ketua Tim Sembilan Demokrat, dan Sekretaris Kabi-net Sudi Silalahi.Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam mulai pukul 18.00 dan berlangsung tertutup.

Setelah pertemuan, kedua kubu meninggalkan gedung tanpa memberi pernyataan ke-pada wartawan. Kubu PKS baru membuka konferensi pers be-berapa menit setelah pertemuan di kantor DPP PKS di Mampang Prapatan, tak jauh dari tempat pertemuan itu. (pri/aga/tom)

Sambungan dari halaman 1

(PIPM) Handoyo Sudrajat untuk menggali informasi seputar du-gaan pelanggaran etika yang di-lakukan Antasari Azhar. ”Kode etik itu harus ditegakkan lima pimpinan dan seluruh jajaran,” tegas Wakil Ketua KPK M. Jasin kemarin.

Selain itu, komite etik tersebut bertugas memutuskan sanksi yang pantas bagi pelanggar. ”Khusus untuk dugaan pelang-garan pimpinan, komite etik sedang dibentuk. Komite itu beranggota empat pimpinan, dua penasihat, dan dua nara-sumber independen dari luar,” jelasnya.

Selama ini, sanksi yang dijatuhkan terhadap pelang-gar etik cukup keras. KPK memecat staf yang melanggar etik. Misalnya, ketika seorang staf KPK terbukti menerima bandeng presto dan wingko babat saat bertugas. ”Untuk staf, (sanksinya) bisa hingga peme-catan. Kalau pimpinan, kita lihat tingkat kesalahannya,” katanya.Agar komite bisa mengambil kesimpulan cepat, lanjut Jasin, tim tersebut segera melakukan investigasi. ”Bila perlu, tidak tertutup kemungkinan (Antasari Azhar) dipanggil. Informasi itu bisa digali dari mana pun,” jelasnya. Namun, langkah itu dipastikan tidak akan meng-ganggu penyidikan yang di-laksanakan Polda Metro Jaya. ”Sudah didesain tidak akan mengganggu,” ujarnya.

Menurut Jasin, informasi yang bakal ditelusuri dari man-tan ketua KPK itu adalah hobi Antasari bermain golf, terutama dengan pihak-pihak yang bisa memicu konflik kepentingan. ”Main golf itu dikhawatirkan (di dalamnya, Red) terjadi lobi-lobi,” katanya. Kode etik lain adalah larangan pimpinan menggunakan fasilitas publik untuk kepentingan pribadi dan berhubungan dengan pihak yang berkepentingan.

Terkait penanganan dugaan kasus korupsi di PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI),

nama Nasrudin tidak ada di antara 32 pelapor yang masuk di KPK. ”Tanpa laporan pribadi saja, kami sudah menerima 32 pengaduan korupsi di tubuh RNI. Jadi, ini dari banyak sum-ber,” jelasnya.

Secara terpisah, Kejaksaan Agung menyetujui perpan-jangan penahanan sembilan tersangka kasus pembunuhan Nasrudin, termasuk Antasari. Perpanjangan itu berlaku 40 hari. ”Sudah diteken hari ini (kemarin, Red),” kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum (JAM Pidum) Abdul Hakim Ritonga di Kejagung kemarin (14/5).Sesuai dengan pasal 29 KUHAP, penahanan untuk penyelidikan bisa diperpanjang hingga 120 hari, termasuk untuk tindak pidana umum dengan ancaman hukuman di atas sembilan tahun penjara. Selain itu, Kejagung menetapkan jaksa peneliti (P-16) untuk perkara tersebut. Itu dilakukan setelah diterimanya surat pemberita-huan dimulainya penyidikan (SPDP) dari penyidik Polri.

Jumlah jaksa P-16 mencapai 26 orang, yang terdiri atas jaksa dari Kejagung, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dan Kejak-saan Tinggi Banten. ”Jaksa itu untuk meneliti delapan berkas (perkara),” jelasnya. Jaksa P-16 tersebut dipimpin direktur pra-penuntutan dan direktur penuntutan pada JAM Pidum. ”Sudah saya perintahkan untuk merapat (koordinasi, Red) ke penyidik. Tetapi, posnya di sini (Kejagung),” pungkas mantan kepala Kejati Sulsel itu.

Kubu Antasari Tuntut SP3Menurut kuasa hukum

Antasari, Juniver Girsang, SMS teror yang diterima kliennya mestinya menjadi alibi bahwa ketua KPK nonaktif itu tidak memiliki keinginan membunuh Nasrudin. Sebab, setelah mener-ima SMS itu, Antasari langsung melaporkan ke Kapolri agar segera ditindaklanjuti.

’’Logikanya, kalau memi-liki niat atau merencanakan membunuh, beliau (Antasari Azhar, Red) seharusnya tidak

melaporkan ke Kapolri. Tapi, beliau malah melapor dan me-minta perlindungan. Artinya, sejak awal tidak ada niat untuk melakukan itu,’’ kata Juniver setelah menjenguk Antasari di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya kemarin (14/5).

Tuduhan bahwa Antasari adalah otak pembunuhan itu dianggap tidak tepat. Bahkan, dia menengarai, polisi memak-sakan motif yang tidak masuk akal. ’’Bagaimana mungkin seseorang yang merencanakan pembunuhan malah melaporkan motif itu ke polisi,’’ tuturnya.

Karena itu, Juniver menuntut polisi segera mengeluarkan SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan) atas kasus terse-but. Sebab, bukti keterlibatan Antasari belum cukup kuat. Motif-motif yang diajukan pun belum memiliki alat bukti yang mendukung keterlibatan Antasari. ’’Kami segera men-gajukannya (tuntutan SP3, Red) dalam waktu dekat,’’ ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, melalui kuasa hukumnya, Antasa-ri mengatakan bahwa Nasrudin kerap meneror dirinya melalui SMS maupun telepon. ’’Diteror seolah-olah ada semacam pelece-han seksual,’’ kata Maqdir Ismail, kuasa hukum Antasari, Rabu lalu (13/5). Juniver menengarai, ada yang memanfaatkan laporan Antasari kepada Kapolri agar dia bisa dijerat pembunuhan dengan motif itu. ’’Kiranya, itu juga bisa jadi alat bukti untuk menjadi petunjuk kepada penyidik. Apa sebetulnya yang menjadi per-masalahan ini,’’ katanya.

Sejak mendapat SMS anca-man tersebut, Antasari langsung melaporkan ke Kapolri. Sebab, lelaki asal Bangka Belitung itu, menurut Juniver, memang dikenal dekat dengan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hen-darso Danuri. ’’Mereka kan sama-sama penegak hukum. Beliau (Antasari, Red) merasa terganggu dalam melaksanakan aktivitasnya (melakukan pen-egakan hukum). Karena itu, dia melaporkannya,’’ bebernya.(git/fal/aga/iro)

Kolaborasi Bareng Dancer Terbaik

Kacang Lupa Kulit

Deklarasi Mega Tanpa Kiemas

KPK Duga Antasari Langgar Kode Etik

Pontianak Post - [PDF Document] (12)

Pontianak Post12 Jumat 15 Mei 2009

KPK

SUNGAI RAYA—Pengusaha kayu lokal Kubu Raya mendatangi kantor DPRD Kubu Raya, Kamis( 14/5) pagi kemarin. Mereka menuntut supaya diadakan pertemuan den-gan berbagai dinas teknis. Tujuannya agar kayu-kayu lokal mereka yang lewat tidak bermasalah.”Kita cukup lama menanti. Sudah hampir tiga bulan kita tunggu pasca demo beberapa waktu lalu. Namun tidak terjadi sampai sekarang,” kata Abdullah, koordinator penyampai aspirasi dihadapan anggota Komisi B DPRD Kubu Raya.

Menurut dia kedatangan para pengu-saha kayu lokal pada dasarnya hanya ingin memastikan kapan pertemuan digelar. Pasalnya, mereka membutuhkan aturan baku supaya dalam memasarkan kayu-kayu lokal kelas bawah tidak bermasalah. ”Sampai sekarang pengusaha kayu lokal belum berani menjual hasil kayu olahan. Akibatnya bisa fatal. Sebab bergerak saja bisa kena,” ucapnya.

Abdullah yang karib disapa Dollah men-ceritakan, membawa kayu bekas selaman saja dari sungai kapuas yang umurnya ber-puluh tahun dan diolah bisa kena. Apalagi membawa kayu yang jelas memiliki surat resmi dari dinas kehutanan. ”Seandainya lengkap dari SPOR dan Polhut tidak me-nangkap. Tetapi oknum penyidik lain kita bisa kena. Kalau seperti begini, sama saja bohong,” ujar dia.

Oleh karena itu, ia berharap kalangan Komisi C DPRD Kubu Raya dapat mem-fasilitasi pertemuan. Pihak terkait seperti Dinas Kehutanan, Kepolisian dan lain-lain

diharapkan dapat diundang. ”Kita hanya bu-tuh kejelasan, peraturan seperti apa supaya kami mudah membawa kayu olahan ini,” pintanya. Disamping meminta kejelasan, pengusaha kayu lokal Kubu Raya juga ingin berpartisipasi terhadap bentuk pembangu-nan di KKR. Pasalnya, lama macet, dampak kayu-kayu olahan banyak tidak tersedia di toko bangunan. Kalaupun tersedia, paling hanya segelintir saja. ”Kami ingin menjadi fatner dalam menyediakan kebutuhan bagi pengembang dan masyarakat. Maka dari itu, kami butuh peraturan yang benar-benar jelas,” ujarnya.

Sekretaris Komisi C DPRD Kubu Raya, Paiman Simarmata menerima pendapat pengusaha kayu lokal. Akan tetapi, per-temuan berbagai pihak terkait dengan me-libatkan mereka belum dapat dijadwalkan secepatnya. ”Kita belum dapat rancang. Untuk yang satu ini kewenangannya berada di Dinas Kehutanan dan Perkebunan KKR. Kalau kami yang mengundang besok (hari ini,red), bisa saja mereka dihadirkan. Tetapi belum tentu sebagai jalan penyelesaian,” ucap legislator bersuara vokal ini. ”Kita ingin penyelesaian satu jalur dulu. Namun seandainya tidak terjadi, kita segera ambil alih,” sambungnya.

Tuntutan pengusaha kayu lokal diang-gapnya wajar. Sebab, disamping mereka mencari makan, pengusaha juga butuh jalan keluar. “Kita akan berada di belakang mereka, karena kelangsungan usahanya tergantung dari kesepakatan pertemuan ini,” jelas dia.(den)

Gunting Kuponnya, Bawa Pulang TV 29 inc

PONTIANAK— Sekitar 2.000 maha-siswa Fakultas Ekonomi Universitas Tan-jungpura bakal meramaikan kegiatan senam massal, Sabtu (16/5). Kegiatan yang bertajuk senam sehat bersama PT Askes bekerjasama dengan Pontianak Post ini akan menggoy-ang Kampus Ekonomi dengan dipandu tiga instruktur enerjik, Neneng, dkk.

Kehadiran instruktur senam cantik di-pastikan menambah semangat mahasiswa, dosen, serta alumni Fakultas Ekonomi Untan. Apalagi semarak kegiatan senam massal ini, juga disediakan doorprize me-narik berupa TV 29 inc.

Senam sehat yang diprakarsai PT Askes Cabang Pontianak bekerjasama dengan Pontianak Post ini bertujuan, selain meng-gairahkan semangat masyarakat, khususnya mahasiswa dalam kegiatan berolahraga, juga dalam rangka memeriahkan HUT

Fakultas Ekonomi Untan ke-50 Tahun 2009. Senam sehat ini terselenggara atas dukungan Pontianak Post dan PT Askes Cabang Pontianak.Selain dari Pontianak Post, para suporting senam sehat ini akan memberikan doorprize menarik. Tak hanya itu PT Askes juga akan menyediakan dokter untuk konsultasi kesehatan gratis. Selain itu PT Fontera Cabang Pontianak melalui brand-nya susu Anlene akan menyediakan cek tulang gratis (bondscan).

“PT Askes menyediakan TV 29 inc untuk grand prize,” kata Bujani, Kepala PT Askes Cabang Pontianak, Rabu (14/5).

Untuk mendapatkan door prize menarik, kata Bujani, peserta harus menggunting kupon yang diterbitkan di Pontianak Post. Selanjutnya isi data diri dan serahkan ke-pada panitia pada tanggal 16 di Fakultas Ekonomi Untan. “Jadi kami menyediakan kuponnya di Pontianak Post. Jangan lupa isi kemudian gunting kupon itu. Selanjutnya serahkan kepada panitia selesai senam,” kata Bujani.(bdi)

PONTIANAK—Dukungan Pengurus Daerah Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kalbar sungguh luar biasa terhadap Pontianak Post Open Tournament Golf 2009. Selain menyatakan siap mengumpulkan golfer-golfer Kalbar, PGI juga siap

membantu mencarikan sumber pen-danaan apabila diperlukan.

“Kami siap mendukung Pontianak Post Open Tournament Golf 2009. Bentuk dukungannya, kami siap mengumpulkan golfer untuk ikut tournament ini. Tidak hanya itu kami

juga siap membantu mencarikan sumber dana apabila diperlukan,” kata Wibisana, Sekretaris Umum Pengda PGI Kalbar, Rabu (14/5).

Wibisana menyatakan berteri-makasih kepada Pontianak Post, karena mau memperhatikan olahraga golf di Kalbar. Menurut dia, event yang digelar 30 Mei 2009 mendatang cukup tepat. Mengingat jarang sekali tournament golf di Kalbar digelar. Idealnya, lanjut Wibisana, tourna-ment golf bisa satu sampai dua kali dalam satu bulan. Selain ingin lebih memasyarakat olahraga golf, tujuan lainnya juga untuk menjalin silatur-rahmi golfer Kalbar.

“Lapangan olahraga golf ini juga bisa memberikan kontribusi secara ekonomi kepada masyarakat. Makanya makin banyak event golf di gelar, akan semakin baik. Apalagi di lapangan golf bisa sebagai mediasi bagi kalangan pengusaha terutama dalam menja-jaki kerjasama yang baik, terutama

dalam mengembangkan usahanya” kata Wibisana.

Wibisana mengakui, kalau fasilitas lapangan Golf Khatulistiwa berbeda dengan yang ada di luar daerah. Wi-bisana juga mengakui, sampai saat ini Kalbar masih kekurangan atlet golf wanita. Untuk itu, diharapkannya, ke depan ada perempuan Kalbar yang bisa menjadi atlet golf handal untuk mengikuti berbagai turnamen golf dengan membawa bendera Kalbar.

Harapan Wibisana, melalui turna-men ini, mampu membantu Pemda Kalbar, khususnya dalam rangka me-nyambut program visit Kalbar 2010. Apalagi, tambah dia, golf juga bisa dijadikan sarana promosi potensi pari-wisata di Kalbar kepada orang luar.

“Selama ini tidak sedikit golfer dari luar Kalbar yang main di Pontianak. Bahkan ada yang dari luar negeri. Makanya saya piker event ini akan tepat sekali sebagai ajang promosi visit Kalbar 2010,” kata dia.(bdi)

JAKARTA - Sejumlah kekhawatiran penyidikan dugaan korupsi alat kesehatan tahun 2003 tampaknya mulai membayangi sejumlah petinggi Departemen Kesehatan. Kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah menerima pengem-balian dana dari Mantan Menkes Achmad Sujudi dan bekas Sekjen Depkes Daddy Argadiredja, masing-masing Rp700 juta.

“Kami menerima pengembalian dana dari Mantan Menteri Kesehatan dan mantan Sekjen terkait pengadaan alat kesehatan. Pengembalian (13/5) lalu,” jelas Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di kantornya, kemarin. Keduanya adalah saksi dalam kasus pen-gadaal alat kesehatan tersebut.

Setelah dihitung dana tersebut kemu-dian disita KPK. “Kami masih belum tahu apakah penyidik menjadikan dana tersebut sebagai alat bukti,” jelas pria kelahiran Mojokerto tersebut.

Dengan pengembalian itu, tambah Johan, KPK telah menerima dana dari se-jumlah saksi sekitar Rp3 miliar. Dua bekas petinggi tersebut saat menerima dana tidak mengetahui bahwa dana tersebut terkait pengadaan. “Kami masih menelusuri kaitan dana tersebut,” jelasnya. Selain menerima pengembalian dana, kemarin KPK juga memeriksa sejumlah saksi untuk mengem-bangkan penyidikan kasus itu. Bersama saksi korupsi kasus lain, total ada 50 saksi yang dimintai keterangan. Pekan sebelum-nya, KPK juga memeriksa sejumlah kasus korupsi alkes tersebut hingga 30 orang.

Sebelumnya pertengahan April lalu, KPK menerima pengembalian dana dari saksi mantan Dirjen Pelayanan Medis De-partemen Kesehatan (Depkes) Sri Astuti senilai Rp 500 juta. Saat pengembalian itu, Sri juga berdalih tidak tahu bahwa uang itu terkait pengadaan alat kesehatan tahun ang-garan 2003. Sebelumnya, sejumlah pegawai Depkes yang terseret juga mengembalikan dana senilai Rp 1,2 miliar. (git)

Pengusaha Kayu Lokal Serbu DPRD

Besok, Pontianak Post-Askes Gelar Aerobik

AnggA PurdikA/POnTiAnAk POST

SIAP DUKUNG: Pengurus daerah Pgi kalbar ibnu Chouldum (kiri), roy Arfian (kedua kiri), Affan Nasution (kedua kanan), Wibisana (kanan) menya-takan siap mendukung Pontianak Post Open Tournament Golf 2009.

PGI Dukung Pontianak Post Open Tournament Golf 2009

Hari Ini Pendaftaran Dibuka

Mantan Menkes Kembalikan Rp700 Juta

JAKARTA – Para politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diingatkan untuk tidak terlalu banyak bermanuver hanya untuk kepentingan politik praktis. Pakar sosiologi politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito mengatakan, rakyat cenderung tidak menyukai manuver politisi PKS yang tarik-ulur dalam menyikapi dipilihnya Gubernur Bank Indone-sia (BI) Boediono sebagai pendamping Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk maju dalam pilpres mendatang.

“Elit-elit partai, terutama dari PKS, jangan mengambil langkah-langkah yang pragmatis. Rakyat terus mengikuti dinamika politik saat ini, dan mereka tidak suka langkah-langkah yang pragmatis. Rakyat, terutama konstituen partai, bisa hengkang tidak mengikuti pilihan koalisi par-tainya. Masyarakat punya logika sendiri,” ungkap Arie Sudjito kepada JPNN, Kamis (14/5).Lebih lanjut dia mengingatkan, pilihan politik paling realistis adalah PKS tetap mendukung koalisi yang dibentuk Demokrat untuk mengusung paket SBY-Beodiono. PKS tidak mungkin bisa bergabung dengan Partai Golkar.

“PKS dengan Golkar itu chemistry-nya tidak akan ketemu. Yang perlu diingat juga, di Golkar itu kan banyak faksi dan banyak juga yang tidak coco*k dengan PKS,” terangnya. Sedang untuk merapat ke Partai Gerindra lebih tidak mungkin lagi karena gerbong koalisi Prabowo Subianto sendiri juga belum jelas.(sam/JPNN)

PKS Diingatkan Akademisi

Fery PrAdOlO/indOPOS

MODEL BUSANA : Seorang model memperagakan busana dari para designer Indone-sia pada pagelaran akbar Jakarta Fashion & Food Festival di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara kemarin.

Pontianak Post - [PDF Document] (13)

Pontianak Post l Jumat 15 Mei 2009 13LFP

4 barcelona v ath. bilbao 1

PEKAN JUARA

BARCELONA - Puasa gelar Barcelona dalam tiga tahun terakhir. Kemarin dini hari Barca memastikan diri meraih trofi pertamanya sejak 2006 lalu dengan menjuarai Copa del Rey. Bertanding di Estadio Mestalla, Barca menang telak 4-1 dari Athletic Bilbao.

Ini adalah gelar Copa ke-25 bagi Barca sekaligus makin mengukuhkan predikat sebagai tim yang paling ser-ing menjadi kampium di ajang sepak bola level dua di Spanyol itu.

Keberhasilan Carles Puyol dkk menjadi juara Copa del Rey ini menjadi jalan pembuka untuk meraih treble winners musim ini. Setelah menjadi yang terbaik di Piala Raja, sebutan lain Copa del Rey, Minggu dini hari lusa WIB (17/05), Barca akan merayakan pesta gelar lainya. Yaitu juara Liga Primera.

Itu jika Real Madrid yang gagal mengalahkan tuan rumah Villarreal. Jika El Real bisa mengalahkan Vi-llarreal, Barca akan memastikan ge-

lar keesokan harinya ketika melawat ke markas Real Mallorca.

Pekan berikutnya ( 27/05), Barca punya kans untuk meraih gelar ketiga-nya musim ini. Yaitu ketika bentrok di final Liga Champions melawan Manchester United di Roma, Italia.

Tampil tanpa beberapa pemain bintangnya yang cedera, yaitu Andres Iniesta, Thierry Henry, Rafael Mar-quez, serta Eric Abidal yang terkena sanksi larangan bermain, Barca sempat dikejutkan oleh gol heading Gaizka Pinedo ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Na-mun, di menit ke-30 BArca berhasil menyamakan kedudukan lewat ten-dangan keras Yaya Toure dari luar kotak penalti. Di babak kedua, BArca yang unggul dalam penguasaaan bola makin merajalela dan mencetak tiga gol. Masing-masing lewat Lionel Messi ( 54’), Bojan Krkic ( 57’), dan Xavi Hernandez ( 63’).

Kemenangan ini disambut suka

cita oleh pelatih Josep Guardiola. Ini adalah gelar perdana Guardiola sejak berkarir menjadi pelatih profes-sional di awal musim lalu. “Menang dengan cara seperti ini membuat saya sangat senang. Ini seuatu yang harus kami nikmati. Saya senang melihat para pemain yang sudah bekerja keras,” kata Guardiola seperti dilan-sir situs klub. - Anda tidak pernah tahu bagaimana mental sebuah tim bisa menghadapi kondisi psikologis setelah timnya tertinggal satu gol di sebuah pertandingan final,” lanjut pelatih 38 tahun ini.

Meski bisa menang besar Guar-diola juga memuji performa Bilbao yang telah memberi perlawanan hebat dan suporternya yang sangat fanatik. “Kami melakoni pertand-ingan hebat di hadapan supporter Bilbao yang luar biasa. Kami harus memberi selamat kepada Bilbao dan suporternya. Ini pertunjukan hebat. Sangat menyenangkan bermain di final seperti ini,” bebere Guardiola.

Para pemain juga larut dalam keg-embiraan. “Kami sangat senang dengan torehan musim ini dan pe-nampilan tim.. Kami bereaksi dengan bagus setelah kebobolan. Kami tetap percaya diri dan melakukan apa saja yang diperintahkan bos ( Guardiola). Sekarang kita lihat saja apa yang akan terjadi di liga (Primera) pada Minggu nanti,” ujar kapten Carles Puyol.

“Spektakuler. Di saat seperti ini saya tidak tahu apa yang harus dikatakan. Ini sangat emosional. Saya ingin mem-bagi gelar pertama ini dengan seluruh fans. Ini skuad yang luar biasa. Semua pemain tampil bagus. Ini laga hebat,” timpal Bojan Krkic.

sem*ntara itu, pelatih Bilbao, Joaquin Caparros mengakui bahwa timnya kalah kelas dari BArcelona. “Kami dikalahkan oleh tim terbaik dunia,” kata Caparros kepada MArca. “Kami datang untuk menjadi juara, tapi nyatanya tidak bisa. Kami ucap-kan selamat kepada BArcelona,” sambungnya. (ali)

PEstA keberhasilan Barcelona menja-di juara Copa del Rey musim ini dibarengi berita duka. Seorang Blaugranes, sebutan suporter Barcelona, dilaporkan tewas saat merayakan pesta juara.

Harian Marca melansir jika fans Barca yang diperkirakan berusia 35 tahun ditemukan tewas setelah terjatuh ke dalam Sungai Onyar. Sungai tersebut terletak tak jauh dari Plaza de Catalonia Girona, di mana sekitar 40 ribu supporter Barca merayakan pesta juara tim kebanggaannya. Disebutkan kalau ada dua supporter lain yang juga terjatuh ke dalam sungai yang sama. Tapi keduanya bisa terselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, pihak berwajib mengumum-kakn telah menahan setidaknya 45 suporter karena diketahui melakukan kerusuhan dan pengrusakan. Juru bicara kepolisian Barcelona mengungkapkan bahwa saat merayakan pesta juara di jalan-jalan utama, sekitar 300 suporter bentrok den-gan pihak kepolisian Me-reka melempari pihak keamanan dengan benda - benda berbahaya seperti batu dan botol minu-man. Suporter yang sebagain besar dalam kondisi mabuk itu juga merusak kendaraan pihak kemaanan.

Setelah bentrokan, tim medis melapor-kan jika ada 109 orang terlukan yang 34 di-antaranya adalah polisi. Tapi, tidak satupun yang mengalami luka serius. (ali)

Satu Tewas, 45 Ditahan

agenda

Liga Primera Minggu, 17 Mei 2009 (dini hari WIB)

Deportivo v Getafe Osasuna v SevillaVillarreal v Real Madrid

Senin, 18 Mei 209 (dini hari WIB)Betis v Almeria Espanyol v Athletic Bilbao Numancia v Recreativo Racing Santander v Valladolid Sporting Gijon v MalagaMallorca v BarcelonaAtletico Madrid v Valencia

Premier LeagueSabtu, 16 Mei 2009

Man United v Arsenal Bolton v Hull Everton v West Ham Middlesbrough v Aston Villa Newcastle v Fulham Stoke v Wigan Tottenham v Man City

Minggu, 17 Mei 2009West Bromwich v LiverpoolChelsea v Blackburn

Selasa, 19 Mei 2009 (dini hari WIB)Portsmouth v Sunderland

Serie a itaLiaMinggu, 17 Mei 2009 (dini hari WIB)

AS Roma v CataniaUdinese v AC Milan

Minggu, 17 Mei 2009Bologna v LecceFiorentina v SampdoriaGenoa v ChievoJuventus v AtalantaNapoli v TorinoPalermo v LazioReggina v Cagliari

Senin, 18 Mei 2009 (dini hari WIB)Inter Milan v Siena

ATH.BILBAOIraizoz 7 Iraola 5.5Ocio 5.5 Amorebieta 5.5 Koikili 6 Orbaiz 5.5 Javi Martinez 6 Yeste 5 David Lopez 5.5 Toquero 7 Llorente 5.5 Etxeberria 5 Ion Velez 5

BARCELONAPinto 6 Alves 8Toure 8.5 Pique 7.5 Puyol 8 Busquets 7.5 Xavi 9 Keita 7.5 Messi 8.5 Eto’o 7.5 Bojan 8 Pedro 6Sylvinho 6 Hleb 6

rapor pemain

REUTERS/ALBERT GEA

demo: Petugas keamanan kota Bar-celona mengamankan suporter yang merusak fasiltas umum.

REUTERS/GUSTAU NACARINO

juara: Para pemain dan ofisial Barcelona merayakan juara piala Copa del Rey. Dalam laga final Barca menang atas Bilbao dengan skor 4-1.

Pontianak Post - [PDF Document] (14)

14 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

sosok

WIGAN - Manchester United di ambang gelar Premier League musim ini. Seiring ke-menangan 2-1 (0-1) atas Wigan Athletic di Stadion JJB kemarin dini hari WIB (14/5), United hanya butuh satu poin lagi untuk merebut titel ketiga beruntun atau kali ke-18 sepanjang sejarah di Liga Inggris.

Setan Merah - julukan United - kini unggul enam poin (86-80) dari pesaing terdekatnya, Liverpool, setelah sama-sama memainkan 36 laga. Dengan begitu, duel lawan Arsenal di Old Trafford Sabtu malam WIB (16/5) bisa menjadi momen penah-bisan gelar Setan Merah.

Sekalipun ekspektasi tinggi mengarah ke Old Trafford Sabtu nanti, pelatih United Sir Alex Ferguson memilih bersikap hati-hati. Fergie, sapaan akrab Ferguson, memper-ingatkan anak asuhnya agar tetap fokus sebelum gelar dalam genggaman. Jika ter-lena dan gagal meraih poin lawan Arsenal, United bakal menunggu penahbisan gelar di laga pemungkas di kandang Hull City 24 Mei nanti.

Fergie berkata begitu karena dibuat deg-degan saat lawan Wigan kemarin. Terlebih saat United mengakhiri babak pertama dalam posisi tertinggal 0-1 menyusul gol

striker Wigan asal Kolombia, Hugo Rodal-lega, pada menit ke-28.

Gol kedua Rodallega di dua laga tera-khir Wigan itu tercipta seusai berduel udara dengan defender United, Nemanja Vidic, di kotak penalti. Gol itu sempat diprotes Vidic karena merasa didorong Rodallega. Namun, wasit Rob Styles tetap mengesahkannya.

Di awal babak kedua, sejumlah serbuan United masih sulit menembus gawang Wigan. Hingga akhirnya Fergie memu-tuskan untuk memasukkan Carlos Tevez sebagai penyerang keempat menemani Dimitar Berbatov, Wayne Rooney, dan Cris-tiano Ronaldo. Tevez masuk menggantikan Anderson pada menit ke-58.

Keputusan yang tepat karena hanya se-lang tiga menit, gol indah Tevez membuat skor imbang 1-1. Gol Tevez tercipta lewat backheel meneruskan tendangan Michael Carrick. Saat pertandingan tersisa empat menit, Carrick pula yang akhirnya menjadi penentu kemenangan.

“Di babak kedua, determinasi kami akhirnya membuah dua gol. Pemain kami juga menunjukkan apa yang seharusnya dilalukan, yakni tetap bermain sabar meski diburu waktu,” ulas Fergie. (dns)

1 Wigan v Man United 2

MeNDeKATI akhir musim, rumor kepindahan pe-main kian santer. Yang terbaru, Barcelona dikabarkan bakal mendatangkan bomber Zlatan Ibrahimovich dari

Inter Milan. Menurut Sportmediaset.it, untuk mendapatkan bomber yang akrab disapa Ibra itu, Barca siap mengu-curkan dana senilai 70 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun.

Uang segede itu memang masih jauh dibawah banderol yang dipasang manajemen Inter untuk Ibra, Yaitu 100 juta euro atau seki-tar Rp 1,4 triliun. Nah, untuk menutupi selisih

itu Barca siap menyertakan striker Samuel eto’o untuk ditukar dengan Ibra. Musim lalu, eto’o menjadi salah satu bidikan Inter Milan.

Menurut salah satu sumber, agen Ibrahimovic, Mino Raiola, sudah melakukan pembicaraan dengan pihak Barca. Jika bersedia bergabung ke Nou Camp, Ibra yang pernah menyatakan ingin bermain bersama tim yang bisa mendukungnya untuk menjadi juara Liga Champions itu akan mendapat gaji sebesar 9 euro (Rp 126 milir pertahun ). Jika benar, maka penyerang timnas Swedia itu akan menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Nou Camp. Musim ini, Lionel Messi menjadi pemain dengan gaji termahal di Barcelona. (ali)

Ibra = Rp 1 Trilun plus Eto’o

DI AMBANG GELAR

Zlatan Ibrahimovich

AFP PHOTO/ANDREW YATES

MENANG: Cristiano Ronaldo berusaha dijegal Lee Cattermole dalam lanjutan Liga Inggris (13/5) JJB Stadium, Wigan. MU menang 2-1 atas Wigan.

Pontianak Post - [PDF Document] (15)

15Pontianak Post l Jumat, 15 Mei 2009

PONTIANAK—Pengprov FORKI Kalbar akan menggelar kejuaraan daerah dengan tajuk Danrem Cup. Pelaksanaan kejuaraan ini direncanakan pada 1-5 Juni mendatang. Hal itu ditegaskan Ketua Pengprov FORKI, Kol Inf Nukman Kosadi kepada wartawan kemarin. “Iya rencananya, kita akan gelar pada awal Juni ini. Jika tak ada halangan kita laksanakan pada 1 Juni,” kata Danrem 121/ABW ini.

Sebelumnya, kata Nukman Kosadi, Peng-prov FORKI Kalbar akan melaksanakan kejuaraan ini pada tanggal 3-7 Juni. Dikar-enakan pada tanggal tersebut GOR Pangsuma

akan digunakan untuk pelaksanaan kejuaraan tinju internasional, akhirnya pelaksanaan kejuaraan tersebut diundur. “Kalau maju kelamaan. Makanya pelaksanaan kita undur,” kata Nukman.

Oleh karena itu, dengan waktu yang tersisa beberapa hari ini, dia meminta agar seluruh pengcab dan pengkot mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya. “Semua pengurus cabang harus ikut. Jika tidak sangat berpengaruh pada pembinaan di daerah. Ini juga sebagai langkah awal kita untuk mencari bibit karateka terbaik,” tandasnya. (bdi)

PONTIANAK—Sebanyak 11 tim dipastikan tampil dalam turna-men sepakbola Piala Suratin U-18 di Stadion SSA, 20 Mei menda-tang. Sebanyak 11 tim yang tampil diantaranya Kota Pontianak, Kota Singkawang, Sambas, Sintang, Kubu Raya, Ketapang, Bengkayang, Ka-puas Hulu dan Kabupaten Pontianak.

”Untuk Sanggau, Melawi, Sekadau kita masih menunggu konfirmasi,” kata Nies Alantas dari Pengprov PSSI Kalbar.

Namun demikian, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari tim Sang-gau yang kemungkinan akan memberi kepastian pada hari ini, 15 Mei. ”Jika Sanggau tampil, pembagian tim akan

dibagi menjadi tiga pool,” katanya. Untuk itu dia mengharapkan agar

tim Sanggau bisa tampil dalam ke-juaraan ini. Pihaknya juga berharap dua kabupaten yakni Melawi dan Sekadau turut ikut serta.

”Kejuaraan ini sangat bermanfaat sebagai pembibitan pemain sepakbola muda,” tandasnya. (bdi)

Piala Suratin-U18

11 Tim Pastikan Tampil

Danrem Cup, 1 Juni

Nukman Kosadi

PONTIANAK--Setelah hampir sepekan melaksanakan seleksi ter-buka akhirnya manejemen Persipon berhasil merampingkan pemain. Dari 32 pemain yang mengikuti seleksi, hanya 19 pemain yang masuk daftar buku pelatih.

Hartono Ruslan Pelatih asal Solo yang mendapat kepercayaan dari Manejemen klub untuk menangani squad utama Persipon Pontinak Divisi Satu tahun 2009 ini, berhasil menyelesaikan tugas pertamannya yakni melakukan penjaringan terh-adap pemain.

Ke sembilan belas pemain tersebut, diantaranya, untuk posisi penjaga gawang diisi Daeng Lukman dan Ryan. Lini belakang diisi Rico Bangun, Analis, Tedy, Yani, Niman, Bujang dan Arianto. sem*ntara lini tengah dipercayakan kepada Cahya Edy, Panji Hidayat, Khairani, Joni Apriadi, Meidi dan Muhaimin.

Untuk lini depan, Hartono Ruslan

mempercayakan kepada Gito dan Tevez ditambah dua striker baru yakni Hengky Pranata dan Rusli.

Namun, menurut Ketua Umum Persipon Paryadi komposisi pemain yang ada saat ini tidak tertutup kemungkinan akan berubah, jika dalam perjalanan separuh kompetisi

Persipon tidak dapat mencapai target yang diinginkan. ”Komposisi pemain yang sudah ada saat ini bukan harga mati untuk dipertahankan. Akan ada perubahan jika situasi menghendaki. Kita ingin yang terbaik dan berkuali-tas dari semua sisi,” ungkap Wakil Walikota Pontianak. (bdi)

Persipon Menuju Divisi Satu

Hanya 19 Pemain Terpilih

Budianto/Pontianak Post

SIAP TEMPUR: Pemain Persipon yang dinyatakan lolos seleksi un-tuk mengikuti pertandingan di divisi satu siap tempur demi mengejar target divisi utama.

Pontianak Post - [PDF Document] (16)

cmyk

Pontianak Post - Jumat 15 Mei 200916

MABES x-prESi: Graha pena pontianak, Lt. 5 e-mail: [emailprotected]

Jangan ragu jika hendak melakukan inisiatif demi kemajuan usaha Anda. Bila Anda per-caya diri, hasilnya akan sebaik yang diharapkan. Namun jangan berharap untung banyak dulu saat ini. Keuangan peningkatan pesat. Kesehatan kalau lagi tak berniat, jangan dipaksa. Asmara masih bisa diperbaiki. Hari baik Jumat. Angka bahagia 7-3.

Bakal ada masalah di tempat kerja. Jaga diri dan jangan bikin suasana tambah panas. Lebih baik tidak terlibat di dalamnya. Yang penting, selesaikan tanggung jawab.

Keuangan longgar, tapi tetap harus berhemat. Kesehatan, jangan sering keluar malam. Asmara, perbanyak waktu bersamanya. Hari baik Kamis. Angka bahagia 9-2.

Tetaplah tenang jika menghadapi berbagai rintangan yang terjadi dalam minggu ini. Suasana yang tegang perlu diimbangi dengan sikap yang santai. Ada hari-hari bahagia dalam waktu dekat. Keuangan mulai dari kecil dulu. Kesehatan pusing. Asmara idih, jauh-jauh cari pasangan. Di sekitar Anda juga ada. Hari baik Selasa. Angka bahagia 3-4.

Hati-hati, minggu ini Anda bisa mengalami masalah yang cukup besar. Usaha cenderung agak seret, namun di pertengahan minggu ada peluang yang cukup bagus. Jangan

lewatkan hari baik. Keuangan wah, bagus. Kesehatan upayakan tidur lebih awal. Asmara cuma Anda yang tahu mana yang terbaik. Hari baik Kamis. Angka bahagia 4-9.

Pekerjaan menumpuk bisa membuat stress. Tak baik meremehkan tanggung jawab. Kondisi keuangan kurang baik, sebaiknya perketat pengeluaran. Salah satu rencana Anda bisa terwujud dalam minggu ini. Kesehatan kurang begitu bagus, mudah sakit. Asmara bisa, omongannya bisa dipegang kok. Hari baik Kamis. Angka bahagia 5-4.

Jika suasana hati kurang baik, jagalah pembicaraan Anda, jangan sampai lepas kata. Soal pekerjaan, lakukan inisiatif. Jaga hubungan dengan saudara, jangan dibiarkan kalau ada perselisihan. Keuangan tak mengecewakan. Kesehatan jaga makanan saja. Asmara

situasi yang tidak tepat bisa membuat kacau. Hari baik Rabu. Angka bahagia 2-8.

Siap-siaplah mendapat kesempatan besar. Kalau berhasil, sukses menanti. Namun Anda harus berpikir lebih terbuka dan mau menerima kritik dari orang lain. Keuangan sedang lumayan bagus. Kesehatan bisa ada gangguan di bagian pinggang. Soal asmara, Anda juga bisa kalau mau. Hari baik Minggu. Angka bahagia 7-3.

Usaha yang melibatkan banyak orang jangan disepelekan. Tanggung jawab sedang diuji. Cobalah untuk menepati janji Anda. Jadi, mulailah berpikir lebih serius untuk usaha Anda. Keuangan tawaran dari keluarga tak boleh disia-siakan. Kesehatan waspadai ka-lau sakit kepala. Asmara lain di mulut, lain di hati? Hari baik Selasa. Angka bahagia 3-9

Anda mesti tahu kapan waktunya yang tepat untuk berhenti. Jangan suka memaksakan diri sebab hal itu akan merugikan Anda sendiri. Usaha jangan dibuat main-main. Minggu ini jangan banyak perubahan. Keuangan masih longgar. Kesehatan cukup prima. Asmara jangan terbayang-bayang dengan masa lalu. Hari baik Minggu. Angka bahagia 6-2.

Jangan tergesa-gesa pindah haluan. Cobalah bertahan untuk beberapa waktu untuk me-lihat perkembangan yang ada. Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Keuangan ada peningkatan yang cukup lumayan. Kesehatan mulailah berolahraga rutin. Asmara masa

lalu jangan sampai menghalangi Anda berdua. Hari baik Senin. Angka bahagia 4-9.

Jika ada persoalan yang tidak berkenan di hati, jangan berpikiran negatif. Salah langkah bisa merusak suasana. Usaha minggu ini, cukup lancar. Keuangan usahakan menabung selagi bisa. Kesehatan perbanyak minum air putih. Asmara menunggu tanpa berbuat sesuatu, sama juga bohong. Hari baik Selasa. Angka bahagia 1-8.

Buatlah hari-hari Anda lebih ceria. Tak ada gunanya marah-marah. Usaha lancar ada peluang bagus. Manfaatkan untuk menambah penghasilan tambahan. Keuangan dan

rezeki minggu ini bagus. Kesehatan masih karena biang keringat. Asmara bukan ia tak mau, melainkan Anda yang emoh. Hari baik Senin. Angka bahagia 8-3.

Aquarius

Aries

Cancer

Capricorn

Gemini

Leo

Libra

Pisces

Sagitarius

Scorpio

Taurus

Virgo

8 – 13 : Introvert abis Aduh... busyet deh. Kamu termasuk sosok yang tertutup, sangat ter-tutup. Apa yang kamu alami dan rasakan, kamu “telan” sendiri. Bu-kan nggak punya teman, tapi bagimu nggak perlu membagi masalah dengan orang lain. Kamu sudah asyik dengan dirimu sendiri.

20 – 24: Extrovertamu termasuk orang yang terbuka. Terbuka dalam se-gala hal. Rasanya asyik bila berdekatan denganmu.

14 – 19: IdealBisa dibilang kamu orangnya ter-buka. Maksudnya, hal-hal tertentu yang orang “umum” perlu tahu, kamu agak tertutup. (*/ank)

Skor :

MO

DE

L: A

Mi &

dir

GA

(SA

nG

GA

r L

ESS

Mo

dE)

/ FO

TOG

RA

FER

: B

EAr

inG

/ G

RA

FiS

: SiG

it /

LOK

AS

i: Su

dio

tEk

nik

fo

to ii

GA

jAh

MA

dA

PenyimpananRahasia Terbaik

Kayaknya nih salah satu alasan utama cewek mencari sahabat cowok, sifat cowok yang gak suka bicara bolak-balik dan ngerumpi. Konon , banyak cewek berani menceritakan segala hal ten-tang dirinya, bahkan untuk masalah yang paling rahasia sekalipun, kepada sahabat cowoknya. Dia yakin, apa yang diceritakannya gak akan disebarkan ke orang lain. Dan cewek pun yakin, kalau nanti persahabatan itu bubar, rahasia tetap akan terjaga.

Teman Kencan KilatSalah satu kegunaan punya

sahabat cowok bisa dijadi-kan teman kencan kilat.

Banyak cewek yang akan lebih berani ngajak sahabat cowoknya menemani pergi dari pada harus minta ke orang lain. Apalagi kalau statusnya sama-sama jomblo. Daripada bingung mau ngajak siapa pergi ke undangan teman atau ada un-dangan yang mengharuskan cewek membawa pasangan, lebih asyik membawa saha-bat. Tentu dengan perjanjian, selama di acara nanti, dia harus kelihatan romantis.

Penyelesaian Pacar Yap, punya sahabat

c o w o k , cewek tuh bisa lebih l e - luasa

bertan-ya soal

cowok yang

se-

dang digebetnya.

Apal- agi cowok yang lagi ditaksirnya kenal pula dengan sahabatnya. Sharing tentang pacar ke-pada sahabat lebih fair.

Teman DiskusiYang Asyik

Konon, cewek lebih menggunakan perasaan daripada rasio dalam bertindak dan melakukan sesuatu. Sedangkan cowok lebih banyak memakai rasio. Nah sadar dengan keadaan seperti itu, sebe-lum mengambil keputusan besar, cewek banyak yang meminta pendapat cowok dahulu. Ala-sannya sih, setelah menden-gar penda-pat dari sahabat cowok, tindakan

yang akan diambilnya jauh lebih baik.

Jadi PelindungBuat cewek yang lagi nge-

jomblo, punya sahabat cowok berarti ada yang akan mem-perhatikan dan melindungi.

Buat Manas-manasinNggak sedikit loh ce-

wek yang memanfaatkan sahabat untuk bikin cemburu pacarnya, terutama saat lagi marahan. Misalnya dengan jalan bareng di mal dengan gaya yang romantis, atau sengaja bermanja ria sama sahabatnya, biar pacarnya marah. (*/bsb)

Asyiknya Bersahabat ama Cowok...

vsIntrovert

ExtrovertBiasanya siapa saja yang tahu dan mengerti masalahmu?

a. Hampir semua orang yang dekat denganmu, tahu masalahmu. (3)

b. Nggak ada. (1)c. Nggak banyak. Paling

hanya satu orang sahabat yang kamu percaya banget. (2)

Kamu cerita pada salah seorang teman-mu, kalau kamu sedih

dan baru putus sama pacar. Reaksinya....

a. Nggak salah? Tumben, mau cerita. Biasanya... bla... bla.... (1)

b. Heran deh, kamu tuh, nggak punya rahasia ya? Semua kok, diceritain? (3)

c. Yang sedih-sediiih... aja, kamu cerita. (2)

Kamu termasuk orang yang... a. Pemalu, sulit berln-

teraksi dengan orang lain, dan malas bersosialisasi. (1)

b. Ekpresif, periang, dan ng-gak bisa diam. (3)

c. Moody, sulit mengambil keputusan dan suka ragu-ragu. (2)

Di sekolah kamu di-marahin sama guru di depan kelas. Sam-

pai di rumah, kamu... a. Masuk kamar, nyetel

musik kencang-kencang. (2)

b. Cerita sama mama, kalau kamu baru saja dimarahin guru. (3)

c.Diam seribu basa. Malas makan dan langsung tidur. (1)

Biasanya, kalau kamu lagi sedih orang-orang...

a. Tahu semua, katanya sih, wajahmu nggak bisa bo-hong. (3)

b. Nggak ada yang tahu tuh... kecuali kamu cerita. (1)

c. Hanya sahabat dekatmu yang tahu. (2)

Apakah kamu suka nulis berbagai hal atau peristiwa di

buku harian...?a. Kadang-kadang, kalau

peristiwanya itu nggak mungkin kamu lupakan. (2)

b.Sering. Asyik rasanya bisa cerita segala macam di buku tanpa orang lain tahu. (1)

c.Nggak pernah tuh. Biasanya lebih asyik cerita sama orang terdekat. (3)

Aktivitas yang men-gasyikan buatmu seperti di bawah ini... a. Baca buku, mend-

engarkan musik, dan main games. (1)

b. Jalan-jalan ke mal, belanja baju atau lihat model-model bajukeluaran terbaru. (2)

c. Jalan-jalan ke alam terbuka. Kayak pantai, gunung, atau permainan yang bikin adrena-lin kamu meningkat. (3)

Pacar dengan terus terang mutusin kamu karena ada orang lain.

Perasaanmu ... a. Jadi termotivasi, kalau sebe-

narnya dia itu nggak baik buatmu. (2)

b.”Dia aja ninggalin gue. Nga-pain gue cari pacar lagi”. (1)

c.”Gue juga bisa cari lagi. Memangdia aja yang bisa ninggalin pacar?” (3)

1

2

3

4

5

6

7

8

Pernah dong punya temannggak terbuka. Jangankan curhat,

cerita saja enggak. Semua itu karena dia termasuk orang yang introvert(tertutup). Nah, cek deh sama kuis

dibawah ini. Kamutermasuk introvert atau

extrovert (terbuka)?

Pontianak Post - [PDF Document] (17)

JAKARTA - Untuk kali kedua, sidang pembacaan tuntutan hukuman terhadap Marcella Zalianty ditunda. Karena jaksa penuntut umum belum siap dengan tuntutannya, hakim ter-paksa menunda sidang sampai Senin mendatang.

Marcell “sapaan akrab Marcella Zalianty” mengatakan sangat kecewa dengan penundaan tersebut. Meski begi-tu, pemain film Under the Tree itu men-coba mengambil hikmah. “Buat saya, ini ujian kesabaran. Mudah-mudahan ini untuk sesuatu yang lebih baik. Siapa tahu, saya bisa bebas karena dinilai tidak bersalah,” harapnya sesudah sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kemarin (14/5). Dari perjalanan sidang sampai kemarin, kakak Olivia Zalianty itu yakin memperoleh keadilan.

sem*ntara itu, Hotman Paris Huta-pea, kuasa hukum Marcell, meminta jaksa untuk tegas menentukan kesiapan tuntutannya. “Ini menyangkut seorang perempuan yang terbengkelai. Dia su-dah ditahan lima bulan (di Polda Metro Jaya),” seru Hotman.

Terlebih, kata Hotman, kejahatan seperti yang dituduhkan terhadap Marcell tidak terbukti. “Selama sidang dengan menghadirkan saksi, tidak ada satu keterangan yang membuktikan dia bersalah,” ujarnya.

Firman Wijaya, kuasa hukum Marcell lainnya, setuju. Menurut Firman, jaksa menunda-nunda pekerjaan sehingga membuat posisi kuasa hukum men-jadi tersudut. “Sebab, dengan semakin lama, waktu kami untuk menyelesaikan

pembelaan semakin mepet. Padahal, membuat tuntutan itu juga pekerjaan standar dan biasa buat mereka,” sungut Firman.

Sebaliknya, Sulvi, salah seorang jaksa, menyatakan bahwa tuntutannya masih harus diperbaiki. “Kami tidak ragu. Tapi, kita lihat saja nanti,” tuturnya. (gen/tia)

Jaksa Tunda Lagi Bacakan Tuntutan

Bule Lebih Romantis

dunia

gemerlap 17Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

INDAH KALALO

UJIAN KESABARAN MARCELLA ZALIANTY

BERPACARAN tiga tahun lebih dengan pria berkewarganegaraan asing tidak mem-buat Indah Kalalo menutup pintu hatinya terhadap pria pribumi. Sebab, lajang kelahiran 30 Agustus 1980 itu mengatakan belum siap melanjutkan hubungan dengan pacarnya yang berasal dari Prancis.

“Aku benar-benar belum siap untuk me-nikah dengan pria mana pun. Tapi, aku serius menjalani proses pacaran ini,” ungkapnya ketika ditemui di Kemang Utara, Jakarta, pekan lalu.

Walau memberikan peluang menerima pinangan dari cowok lokal, salah seorang bintang film Belahan Jiwa itu menyatakan bahwa lelaki bule memiliki nilai lebih dalam beberapa hal. “Salah satu di anyatanya, kara-kternya. Buat aku pribadi, bule lebih dewasa, romantis, dan pekerja keras,” pujinya.

Meski demikian, Indah yang sudah tiga tahun menjalin hubungan kekasih tidak ingin memastikan bahwa pacarnya saat ini adalah jodohnya. “Jodoh itu bicara timing. Kami masih sama-sama sibuk. Masih mau merintis karir dan sama-sama menabung. Yang pasti, sudah bertemu dua keluarga dan respons orang tua oke-oke saja,” tuturnya.

Memang, pemeran film Asoy Geboy itu sudah memiliki rencana bila kelak jadi me-nikah dengan kekasihnya. Namun, bila sang kekasih mengajaknya pindah, dirinya belum tentu menerima ajakan tersebut. “Masih belum bisa karena banyak pekerjaan di sini,” tegasnya. (cr2/jpnn/tia)

KONSER Krisdayanti di Singapura bisa jadi konsernya yang terakhir. Adik Yuni Shara itu sudah ditunggu kasus pencemaran nama baik. Statusnya bahkan sudah ditetapkan sebagai ter-sangka.

Roro Rahmawati, bos perusahaan baby sitter, yang jadi korban KD, men-gatakan, tak seharusnya KD konser ke luar negeri.

“Saya bingung kenapa KD bisa ke luar negeri. Seharusnya dia menjalani pemeriksaan di kepolisian. Saya juga kecewa dengan pernyataan teman-teman KD yang bilang saya hanya cari ketenaran. Saya ini lebih dulu bernyanyi daripada KD,” kata Roro.

Dikatakan Roro, jika KD tak ingin nasibnya berakhir di sel, dia wajib minta maaf padanya. “Saya kasih waktu seminggu. Kalau nggak, saya ke Polda lagi,” tegas pemilik yayasan babysitter Andhika Putra merasa telah dicemarkan nama baiknya oleh KD gara-gara istri Anang Hermansyah itu menudingnya telah melakukan trafficking baby sitter. adt/hds

KD Bisa LangsungMasuk Bui

Pontianak Post - [PDF Document] (18)

Halo Publik18 Pontianak Post Jumat, 15 Mei 2009

Ajang Mabuk Saya warga desa Seladu, kec.

Semparuk merasa sangat terharu dengan kondisi desa kami, kar-ena desa kami sering dijadikan ajang mabuk-mabukkan oleh pemuda dari luar desa. Sangat disayangkan tidak adanya upaya penertiban yang dilakukan aparat desa, maupun kecamatan. Mohon kiranya aparat bisa menindak-lanjutin.

(Sam, 085281788623)

WTS Terselubung Tolong tertibkan aktivitas WTS terselubung di lokasi

danau Sebedang. Sungguh meresahkan warga sekitar, dan sangat mengganggu.

(085245697174)

Promosi Lewat TV ketika anda melewati Tugu Digulis untan dan pe-

rempatan lampu merah Gajahmada, akaan melihat begitu besar TV yang terpampang dengan menampilkan berbagai jenis olah raga. begitu indah di malam hari, tapi alangkah indah jika TV-TV tersebut menampilkan keindahan kota Pontianak, bisa dunia pendidikan yang bertujuan untuk mempromosikan daerah kalbar dan membantu dunia

pendidikan terutama di kalbar. karena yang melintas bisa jadi bukan cuma warga kalbar. Semoga sms ini bisa membuka wawasan pihak-pihak terkait.

(085654563671)

Jalan Meliau – Tayan Saya sebagai masyarakat Dusun Temurak Meliau Hilir,

kec. Meliau, kab. Sanggau, kami semua masyarakat me-nanti pekerjaan jalan lintas Meliau - Tayan yang belum tuntas. Malah kalau hujan jalan dusun sangat becek dan menyulitkan masyarakat untuk melintas. Saya berharap pemerintah tidak setengah-setengah mengerjakannya.

(Culok, 081256456237)

Guru Kontrak KKR Yth kepada pemerintah kabupaten termuda, kubu Raya.

kapan ada pembukaan Guru kontrak. kalau kabupaten Sintang dan ketapang sudah mulai merekrut.

(085252699153)

Bidan Desa Saya ingin mengeluhkan kenapa

desa kami olak-olak kubu belum ada bidan desa, sehingga kami kesulitan bila akan melahirkan mesti menyeb-rang sungai untuk ke puskesmas. Mohon perhatian dari Dinas terkait.

(081352158983)

Lapor Parkir!kepada Dinas Perhubungan, kenyataan yang ada saat

ini masih banyak tempat-tempat parkir dengan biaya Rp. 1000/mtr. Pengumuman, baik di media cetak maupun elektronik tidak digubris oleh tukang parkir & janji pak walikota kalau masih ada yang meminta 1000 lapor! Mo-hon kiranya ditindaklanjuti sesuai uu Perparkiran.

(081256811003)

Beli Mesin PLN Cobalah Pemkab Sambas beli

mesin PlN satu lagi biar tak padam terus. Mesin lama mungkin sudah uzur, lebih baik diganti atau dibeli-kan yang baru. Daripada uang rakyat dibelikan untuk mobil dinas, mu-bazir saja. Perhatikan kepentingan rakyat banyak!

(085654514565)

Kecewa Dokter PuskesmasHari Jumat lalu, tepatnya tanggal 7 april ‘09, saya be-

robat ke Puskesmas kampung bali. Hari itu pasien ramai, disana tersedia 3 kamar/ruang periksa. Tapi hari itu yang berfungsi hanya 1, yaitu kamar/ruang no 3. Sedangkan kamar 1 kosong, kamar 2 ada dua orang petugas yang katanya ‘dokter’ asyik mengobrol dari saya datang (jam 8.30) sampai saya selesai diperiksa (jam 10.00) belum selesai ngobrolnya. sem*ntara pasien diluar bertambah terus. buat dinas yang terkait, tolong dong kasih peng-ertian ke petugasnya bahwa mereka digaji bukan untuk ngobrol, tapi untuk melayani masyarakat. apalagi ini kan di puskesmas, malu dong dengan tunjangan dokter yang besar bila tidak bisa bekerja dengan profesional.

(085252309281)

PKL Liar untuk Pol PP kubu

Raya, jangan cuman Pkl di samping Ma-polda saja dong yang ditertibkan. Coba li-hat sudah mulai ber-munculan Pkl liar di sekitaran jembatan tol kapuas ii. Jangan sampai mereka sudah menjamur, sehingga

nantinya susah ditertibkan. (05617935010)

assalamualaikum. Perjalanan hidup tiap–tiap manu-sia memang selalu berbeda. ada yang menjalani hidup yang penuh dengan segala kesenangan dan kemewahan. Namun tidak sedikit pula yang harus bertungkus lumus dalam kesusahan melewatinya. begitulah cerita dunia silih dan berganti. Demikian pula yang terjadi pada sahabat / saudara kami, Syaiful yang harus melewati hidup ini dengan tumor yang bersarang di punggungnya. Hampir setengah tahun dia bersabar demi cobaan yang diberikan-Nya. Senyum tak pernah pudar dari bibirnya, tetap bersemangat menjalani hidup.

Segenap keluarga, saudara dan sahabat serta Syaiful pribadi yang berasal dari Desa Mentibar, kecamatan Paloh, kabupaten Sambas, mengucapkan terimakasih yang sebesar–besarnya atas bantuan material dan spiritual kepada seluruh warga desa Mentibar, Paloh, Camat Paloh beserta jajaran, Pemda Sambas, dokter dan perawat rumah sakit daerah Sambas, rumah sakit islam Yarsi Pontianak, rumah sakit bhayangkara Pontianak atas pelayanannya, serta para donatur dan instansi yang memberikan banyak bantuan dana, juga kepada koran Pontianak Post dan Dompet ummat yang telah memuat rubrik khusus dalam rangka menggalang dana untuk Syaiful serta mengakomodir keberangkatan Syaiful berobat ke Jakarta

Pada hari Selasa, 12 Mei 2009, Syaiful telah diberang-katkan ke rumah sakit Dharmais Jakarta untuk mengang-kat dan menyembuhkan tumor yang dideritanya. Doa dan dukungan menyertai keberangkatannya, semoga Syaiful dapat sembuh seperti sedia kala, amin. Sekali lagi ucapan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu saudara kami Syaiful. Hanya allah Yang Maha kuasa yang akan membalas semuanya. amin.

Sahabat, Saudara & Keluarga Syaiful

Terima Kasih Syaiful

Dengan begitu mungkin murid tersebut akan mendengarkannya. Misalnya, murid tersebut masih tetapmenyontek, sebaiknya murid tersebut diberi sanksi. Mungkin dengan begitu, murid tesebut akan akan kapok dan tidak menyontek lagi. Misalnya teman, sahabat, saudara, dan pacar. Dengan be-gitu mereka akan sadar bahwa menyontek itu perbuatan tidak jujur.

Thea Aprilia Ella Veronita Siswi SMA Santo Paulus

Menyontek pada Saat Ulangan Umum

MENYoNTEk pada saat ulan-gan umum seakan menjadi hal lum-rah. Padahal para guru mengawas dengan ketat. Tapi ada beberapa murid yang tidak peduli akan itu. Mereka berusaha menyontek untuk mendapatkan jawaban.

Para siswa menyon-tek pada saat ulangan mungkin dikarenakan merekaa belajar. atau bisa jadi mereka itu malas untuk belajar. Mungkin juga mereka tidak mengerti akan

maksud pelajaran tersebut. ban-yak hal yang membuat mereka menyontek. Demi mendapatkan jawaban, mereka pun menyontek. Padahal menyontek itu tidak baik dan tidak bertindak janji.

Menyontek itu merugikan diri

sendiri dan orang lain. Merugi-kan diri sendiri, misalnya keta-huan sama pengawas. kita akan mendapatkan sanksi. Sanksinya itu bermacam-macam. Misal-nya, sanksinya seperti pekerjaan kita biasa dirobek dan kita tidak mendapat nilai. Merugikan orang lain, misalnya kita menganggu teman yang sedang kerja. bisa juga ketahuan pengawas, peker-jaan teman kita dan teman kita tidak mendapatkan nilai karena kerjasama pada saat uangan.

Para siswa itu menyontek ber-

bagai cara. ada yang tanya sama teman. itu pun kalau temannya memberikan jawabannya. ada juga yang sudah menyiapkan dari ru-mah. Misalnya, contekan tersebut tulis dikertas kecil dan pada saat ulangan kertas tersebut diletakan dilaci meja. Selain itu, biasanya ada murid yang meletakannya dikotak pensil. Masih banyak lagi cara murid menyontek.

Cara mempengaruhi atau mem-bujuk murid-murid untuk tidak menyontek adalah menasehat-inya agar tidak menyontek lagi.

Kurangnya Guru di KubupadiGuRu adalah penunjang utama

untuk kesuksesan para siswa. Na-mun kebanyakan di daerah-daerah pedalaman masih banyak kekuran-gan guru pengajar, misalnya di kubupadi disana sangat dibutuhkan tenaga pengajar yang ahli, misalnya guru bahasa inggris, Matematika, komputer dan lain-lain. Guru yang khusus menangani mata pelajaran seperti itu sangatlah minim bahkan tidak ada. Sedangkan ujian setiap tahunnya semakin sulit, nilai pun

semakin tinggi. Selain itu para siswa disana juga mau bersaing dengan anak perkotaan yang semuanya tahu komputer. Namun mereka belum mengenal yang demikian, tentu gurunya pun.

Siwa-siswi disana sangat se-mangat untuk belajar, namun mer-eka pas sampai ke sekolah gurunya tidak ada. Selain disebabkan jarak tempat guru dengan sekolah sangat jauh. Tentu berbagai kendala men-jadi jajanan mereka. oleh sebab

itu pastinya siswa akan kecewa. kepala sekolah bukannya tidak mau mengambil guru dari kota, tetapi mengingat jaraknya pun sangat jauh, honornya pun sedikit, tentu juga menjadi kendala. bahkan sering terjadi kalau ada guru dari kota paling hanya dua atau tiga kali mengajar lalu berhenti. Sedangkan pendidikan disana sudah maju, seperti Madrasah ibtidayah (Mi), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah aliyah (Ma), namun

guru sangat kurang.Dari realita di atas, saya selaku

putra kubupadi seyogyanyalah bagi instansi-instansi terkait dapat mem-berikan solusi terbaik bagi mereka.

Terutama dinas pendidikan, janganlah hanya sekolah negeri saja yang diberi guru PNS, per-hatikan dong yang swasta, agar

siswa-siswinya sama dengan yang negeri. Dengan penuh harap, kami sangat menunggu tanggapan itu. Sebaik-baik pemimpin adalah yang memberikan pelayanan bagi masyarakatnya tanpa pilih kasih. Wassalam.

Ya’kub, Putra Kubupadi

Pontianak Post - [PDF Document] (19)

gagasan

AllAh SWT telah berfir-man, “Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan- perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf” (Q.S. Asy-Syuura: 37). Seorang sa-habat berkata kepada Nabi Saw, “Ya Rasulullah, berpe-sanlah kepadaku.” Nabi Saw berpesan, “Jangan suka marah (emosi).” Sahabat itu bertanya berulang-ulang dan Nabi Saw tetap berulang kali berpesan, “Jangan suka marah” (hR. Bukhari).

Diceritakan pada suatu hari Rasulullah SAW bertamu ke rumah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Ketika keduanya sedang asyik bercengkrama, tiba-tiba datang-lah seorang lelaki dari kalangan Arab dusun. Tanpa banyak basa-basi, lelaki itu langsung mence-la Abu Bakar. Akan tetapi, mertua Rasulullah itu tidak memperdulikannya. Kemudian ia melanjutkan perbincangan dengan Rasulullah. Melihat sikap Abu Bakar ini, Nabi SAW tersenyum. lagi-lagi si Badui itu terus-terusan mencaci maki Abu Bakar dengan kata-kata yang sangat kasar. Namun, den-gan keimanan yang kokoh dan kesabarannya, Abu Bakar tetap membiarkan orang tersebut. Melihat itu, Rasulullah kembali tersenyum manis. Semakin ma-

rahlah si Badui itu. Dan untuk yang ketiga kalinya, ia mencaci Abu Bakar dengan makian yang sangat menyakitkan. Kali ini, selaku manusia biasa yang mempunyai hawa nafsu, Abu Bakar pun tidak dapat lagi un-tuk menahan amarahnya. Maka dibalaslah makian orang arab itu dengan makian pula. Ter-jadilah perang mulut di antara keduanya.

Seketika itu juga, Rasulullah SAW berangkat dari tempat duduknya. Ia meninggalkan Abu Bakar tanpa mengucapkan salam dan sepatah kata pun. Melihat hal ini, Abu Bakar tersadar dan menjadi bingung melihat sikap Rasul. lalu di-kejarnya Rasul yang sudah sampai di halaman rumahnya sambil berkata, “Wahai Rasulul-lah, janganlah engkau biarkan aku dalam keadaan bingung. Jika aku berbuat kesalahan tolong jelaskan kepadaku”. Rasul SAW pun menjawab, “Tadi sewaktu Arab Badui itu mencelamu, dan engkau tidak menanggapinya, aku terse-nyum karena banyak malaikat di sekelilingmu yang akan membelamu di hadapan Allah SWT. Begitupun yang kedua kalinya, ketika ia mencelamu dan engkau tetap membiarkan-nya, maka semakin banyaklah malaikat mengelilingimu. Oleh

sebab itu aku tersenyum. Akan tetapi ketika yang ketiga kali-nya ia mencelamu kembali dan engkau menanggapinya, lalu engkau membalasnya, maka seluruh malaikat pun pergi me-ninggalkanmu. hadirlah iblis di sisimu. Dan oleh sebab itu, aku tidak ingin berdekatan dengan-nya, dan aku tidak memberikan salam kepadanya”.

Dari cerita diatas, tampak je-las bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu menahan amarah yaitu dengan tidak membalas keburu-kan dengan hal-hal yang buruk pula. Bahkan Rasul memerin-tahkan untuk menahan marah yaitu ketika ada sesuatu yang membuat marah maka berusa-halah untuk tidak melampiaskan kemarahan dan bersabar. Allah juga telah berfirman di dalam Al-Quran “hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (Al-Baqarah:153).

Mampu menahan marah adalah akhlak mulia. Reali-tasnya, orang yang berakhlak mulia akan menjadi kesayangan Allah. Dan Allah akan membe-

rikan kekuatan dan keajaiban kepada manusia yang menjadi kesayangan-Nya. Rasulullah adalah manusia yang paling bagus akhlaknya seperti yang termaktub di dalam Al-Quran, “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung” (Al-Qalam: 4). Itulah pujian dari Allah kepada baginda Rasulullah SAW yang berakhlak mulia. Akhlak yang indah akan mengundang ke-kaguman. Bukan hanya pada manusia, tetapi juga para ma-laikat bahkan kekaguman dari Sang Pencipta Azza Wa Jalla. Rasul juga bersabda, “Sesung-guhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak manusia”. Pantaslah seorang pemimpin dan tokoh spiri-tual hindu dari India Mahatma Gandhi pernah memuji Nabi Muhammad SAW, “Akhlak mulianya Muhammadlah dan bukan pedang yang menyebab-kan umat muslim berjaya dan mampu menyingkirkan segala penghalang. Ketika menamat-kan biografi Muhammad saya sedih karena tidak ada lagi yang akan saya baca tentang kehidu-pan yang agung itu”.

Adapun diantara hasil dari akhlak yang baik antara lain: Pertama, sebagai tanda kesem-purnaan iman. Rasul menjelas-kan, “Orang mukmin yang pa-

ling sempurna imannya adalah yang paling bagus akhlaknya. Sebaik-baik kalian adalah yang bersikap paling baik terhadap istrinya”. Kedua, membuat sesorang akan dicintai oleh Al-lah. Rasul SAW telah bersabda, “Sesungguhnya Allah itu baik. Allah mencintai orang-orang yang baik dan mencintai orang-orang yang berakhlak mulia dan membenci orang-orang yang berakhlak tidak sempurna”. Ke-tiga, orang yang baik akhlaknya akan selalu membawa kedamai-an dan menghalau fitnah. Rasul SAW menerangkan, “Apabila datang kepada kalian orang yang kalian senangi agamanya dan akhlaknya, maka nikahilah dia. Jika kalian tidak melaku-kannya maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang amat besar”.

Terakhir, akan menempati posisi terdekat dengan Rasul di hari kiamat nanti. Rasul SAW berwasiat, “Sesungguh-nya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat kedudukannya padaku pada hari kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya di antara kalian” (h.R. Jabir). Wallahu a’lam bish shawab.

* Penulis, Mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Pontianak.

Menahan Marah adalah Akhlak Mulia

19Opini

Orang-orang Berbahagia di Dunia dan Akhirat

Oleh: Nurhasnan Rumli

OlehUti Konsen UM

Koalisi demi Isi Kuali

Jumat 15 Mei 2009Pontianak Post

editorial

Sejumlah partai -khususnya partai besar- menyakinkan bahwa koalisi antarpartai yang saat ini marak, dibangun demi kepentingan bangsa. Namun, pernyataan tersebut seperti sulit dipercaya. Sebab, yang lebih jelas terlihat, koalisi itu dibuat untuk semata-mata menggapai kekuasaan, kepentingan pribadi, golongan, dan kelompok.

Ujung-ujungnya adalah koalisi uitu ntuk mencari isi kuali. Mereka sedang membagi kekuasaan dan memang bisa mendatangkan banyak keuntungan materi (isi kuali). Menurut saya, ini proses demokrasi yang mandek, karena tidak memberikan pembelajaran yang baik kepada rakyat. Banyak yang aneh-aneh dan sulit dipahami. Ada yang dulu sakit hati dan saling serang, kini bermesra-mesraan.

MUKTI SLAMET..

Anom Telp (0562) 392683) Biro Sanggau: Anto Winarno (Jl. Sudirman No. 4 Telp. (0564) 21323). Biro Ketapang: Andi Chandra, Andre Januardi (Jl. Gajahmada No. 172. Telp. (0534) 35514). Kabupaten Pontianak: Hamdan, . Biro Sintang: Mustaan, Budiman. Pema saran/Sirkulasi: -. Iklan: Dewiyanti.S. Percetakan: Surdi. Devisi Event: Budi Darmawan. Jakarta: Max Yusuf Alkadrie, Bank: BPD Kalbar, BEII, Bapin do. Harga Lang ganan per 1 Bulan dalam kota Rp 65.000,- (luar kota tambah ongkos kirim). Tarif iklan: Per mm kolom hitam putih Rp 20.000,- spot colour Rp 25.000,- full colour Rp 30.000,- Iklan baris Rp 8.000,- per baris (minimal 2 baris, mak si mal 10 baris) pem bayaran di muka. Telepon Langganan/Pengaduan: 735071. Iklan: 730251. Perwakilan Jakarta: Jl. Jeruk Purut-Al-Ma’ruf No.4 Pasar Ming gu, Jakarta Selatan 12560. Telepon: 78840827 Fax. (021) 78840828. Percetakan: PT.Akcaya Pariwara Pontianak. Anggota SPS-SGP ISSN 0215-9767. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

P E R T A M A D A N T E R U T A M A D I K A L I M A N T A N B A R A T

Jawa Pos Group

Pontianak Post Terbit 7 Kali Seminggu. Izin terbit Menteri Penerangan RI No. 028/SK/Menpen/SIUP/A7. Tanggal 3 Februari 1986. Per setujuan Peru bahan Nama No: 95A/Ditjend. PPG/K/1998 Tanggal 11 September 1998. Alamat Redaksi dan Tata Usaha: Jalan Gajah Mada No. 2-4 Pontianak 78121. Kotak Pos 1036. Fax. (0561) 760038/575368. Telepon Redak si: (0561) 735070.Telepon Iklan/Pema saran:735071. Hunting (Untuk seluruh bagian) Fax. Iklan 741873/766022. Email: redaksi @pon tianakpost.com. Penerbit: PT.Akcaya Utama Press Pontianak. Pembina: Eric Samola, SH, Dahlan Iskan. Komisaris Utama: Tabrani Hadi. Direktur: Untung Sukarti. Pemimpin Re daksi/Penang gung Jawab: B Salman. Wakil Pemimpin Redaksi : Nies Alantas. Sidang Redaksi: Abu Sofian, Muslim Min-hard, Surhan Sani, Mela Danisari, Khairul rahman, Yulfi Asmadi, Donatus Budiono, Basilius. Sekre taris Redaksi: Silvina. Staf Redaksi: Marius AP, U Ronald, Efrizan, Aseanti Pahlevy, Budianto, Chairunnisya, Pringgo, Pracetak/Artistik: Karnadi (Koordinator), Grafis: A.Riyanto, Ilustrator: Kessusanto, Sigit. Fotografer: Timbul Mudjadi, Bea ring, Sando Shafella. Biro Singkawang: Zulkarnaen Fauzi, M Khusdarmadi, Hari Kurniathama (Jl. Gunung Raya No.15 Telepon (0562) 631912). Biro Sambas: Mursalin (Jl P

Pawang

Delapan Wanita Judi Liongfu*Wah, bukan dominasi kaum pria lagi

Mayoritas Jambret Pengguna Narkoba*Kalau belum fly, ndak berani ya?

Pojok

Sungguh, ini dua kabar positif, membanggakan, dan patut disyukuri keberadaannya oleh bangsa ini. Yakni, kabar bertemunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) pada pem-bukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) di kompleks Gedung Bidakara, Jakarta, dan kedua, langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkan tiga anggota DPR sebagai tersangka.

Kabar pertama memberikan pelajaran kepada bangsa ini soal kedewasaan berpolitik. Seperti sudah jamak diketahui, SBY-JK yang kini duet memimpin bangsa ini telah “bercerai” dan menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi pada pemi-lihan umum presiden (pilpres) mendatang.

Dalam konteks sebagai presiden dan Wapres, pertemuan keduanya dalam satu forum tentu tidak istimewa. Namun, mengingat rivalitas keduanya menyongsong Pilpres 2009, apalagi mereka sempat saling kritik, pertemuan itu menjadi cukup istimewa.

Pertemuan disebut lebih istimewa lagi kalau dikaitkan dengan budaya politik yang selama ini berlangsung di negeri ini. Di mana, ketika dua tokoh politik berkompetisi untuk memperebutkan posisi tertentu, kecenderungan yang selalu ditampilkan adalah sikap jotakan (tidak bertegur sapa) yang mendarah daging. Selain saling menebar pernyataan sinis, tokoh politik memutus tali silaturahmi.

Mungkin benar, seperti digambarkan koran ini kemarin (13/5), ketika bertemu fisik, ada kesan kaku atau kikuk di antara SBY dan JK. Namun, itu hal kecil yang tidak perlu dibesar-besarkan. Kesediaan mereka untuk hadir bersama dalam sebuah forum tetaplah merupakan cermin kedewasaan berpolitik yang patut diapresiasi. Apalagi, dalam sambutannya, SBY juga menegaskan komitmen dirinya dengan JK yang akan terus menjalin tali silaturahmi kendati telah “pisah ranjang”.

lalu, bagaimana kabar tentang KPK? Dengan menetapkan tiga anggota DPR sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi alih fungsi hutan lindung di Tanjung Api-Api, KPK menepis ketakutan masyarakat terhadap kemungkinan loyonya lembaga tersebut menyusul ditahan dan ditetapkannya Ketua KPK (nonaktif) Antasari Azhar sebagai tersangka.

langkah KPK kali ini sangat berarti. langkah itu meru-pakan jawaban positif plus membanggakan. Secara tidak langsung, dengan langkah tersebut, KPK mendeklarasikan diri bahwa empat pimpinan KPK yang tersisa tetap bisa bek-erja secara maksimal. Ketidakadaan Antasari bukan pertanda “kiamat” bagi lembaga itu.

Penetapan tersangka kepada tiga anggota dewan tersebut semestinya memang bukan langkah besar. Sebab, penetapan itu hanyalah kelanjutan kasus sebelumnya. Namun, ia tetap mempunyai makna yang sangat dalam dan strategis. Sebab, dari sanalah harapan terhadap KPK masih bisa terus di-nyalakan.

KPK tentu akan lebih hebat dan membanggakan kalau juga melanjutkan geraknya dengan langkah-langkah yang lebih besar. Misalnya menunjukkan kemajuan penanganan dugaan suap yang diterima sejumlah anggota DPR yang pernah di-laporkan dan dibeberkan kepada publik oleh politikus PDIP Agus Condro.

Selama ini, KPK sukses menjadi salah satu lembaga di negeri ini yang membanggakan dan memberikan harapan. Karena itu, sinyal bahwa lembaga tersebut tetap eksis pasca penangkapan Antasari sangat patut disyukuri. Se-moga hal itu memang pertanda baik untuk bangsa ini. (*)

Dua Kabar yang Membanggakan dari Jakarta

“SAAT Allah berkenan men-jadikan kita sebagai kekasih-Nya, dibukalah pintu hijab sehingga kita selalu berzikir kepada-Nya dan kita merasakan kenikmatan berzikir tersebut. Kemudian dibukalah pintu untuk mendekatkan diri kepada-Nya, lalu Allah me ngang kat kita ke dalam maje lis dimana telah berkumpul para kekasih-Nya. Alangkah bahagianya apabila kita dapat mencapai tingkatan seperti ini. Namun, di tengah hiruk pikuk kesibukan kita di dunia ini, apakah masih mungkin bagi kita untuk dapat memperoleh kebahagiaan dia-tas? Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Telah disediakan-Nya beribu cara bagi kita untuk memperoleh cinta-Nya. Apakah profesi kita pengusaha, pekerja, pegawai Negara, wakil rakyat, bahkan pengemis sekalipun, semua nya memiliki kesempa-tan yang sama “ (Buku Para Kekasih Allah oleh Abdillah F.hasan).

Waliyullah, ialah orang-orang yang dikasihi Allah. Secara umum, wali / aulia Allah adalah hamba yang sungguh-sungguh mengabdi, menaati Allah dan Rasul-Nya sehingga diistime-wakan dan mendapat maqam mulia di sisi-Nya. ”Namun tidak setiap wali itu harus memiliki karamah. Bahkan, wali Allah yang tidak memiliki karamah bisa jadi lebih utama daripada yang memilikinya. Karena itu, karamah yang terjadi di kalan-

gan para tabi’in lebih banyak daripada di kalangan para sa-habat, padahal para sahabat lebih tinggi derajatnya dari para tabi’in,“ ujar Abdillah F.hasan dalam buku tersebut di atas.

Diantara tanda-tanda para kekasih Allah adalah adanya anugerah berupa kemampuan melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang awam, merasakan sesuatu yang tidak dirasakan orang awam, dan memahami banyak hal yang tidak dapat dijelaskan dengan akal, dengan kata lain disebut karamah. Ada satu peristiwa terjadi di zaman Nabi SAW. Ketika berada dalam satu majelis, tiba-tiba Rasul SAW berkata, “Besok ada seorang ahli surga yang salat disini “.

Esok harinya para sahabat saling mencari, siapa lelaki yang dimaksud Nabi SAW itu. Ternyata belum ada juga Nabi SAW mengenalkan lelaki itu. hanya ada seorang lelaki, nam-paknya biasa-biasa saja. Tubuh-nya hitam, pakaiannya kumal, dan ketika masuk mendekati dan menjabat tangan Rasulullah SAW. lelaki itu minta didoakan agar mati syahid. Rasul pun langsung mendoakannya.

Pada waktu majelis bubar, diantara sahabat yang penasaran adalah Abu hurairah RA. “Siapa dia , ya Rasulullah? “ tanyanya. Nabi SAW menjawab, “Ia ada-lah seorang hamba sahaya dari Bani Fulan“. “Mengapa tidak engkau bebaskan, ya Rasul! “

sambung Abu hurairah RA. “Mana mungkin aku akan me-mebaskannya kalau dia adalah salah satu raja di surga. Wahai Abu hurairah, sesungguhnya Allah amat suka dan kasih ter-hadap hamba yang suci hatinya, yang bersih , tidak kentara, kempis perutnya, rambutnya terurai, jika masuk ke istana raja ,tidak diijinkan, jika meminang perempuan bangsawan ditolak, jika tidak hadir tidak dicari, jika ada dibiarkan, jika sakit tidak dijenguk, jika mati tidak dihadiri jenazahnya“.

Dari kisah diatas, dapat diam-bil satu pelajaran, bahwa setiap insan muslim tidak boleh berbu-ruk sangka terhadap orang lain sekalipun secara lahiriah tam-pak kurang layak atau terlihat lebih rendah kedudukannya (Al hikam). Ada seseorang melapor kepada Imam Asy-Syafei. “Ya Syeikh. Saya kagum dengan ke-hebatan seseorang. Ia memiliki berbagai keistimewaan “. Imam Asy Syafei menjawab, “Apabila kalian melihat seseorang bisa bejalan di atas air atau terbang di udara, janganlah memper-

cayainya dan tertipu dengannya sampai kalian mengetahui cara dia dalam mengikuti Rasulullah SAW“.

Dalam Al Quran ada bebe-rapa ayat dan hadis qudsi yang menjelaskan beberapa kemu-liaan yang melekat pada wali Allah. Diantaranya Yunus (10 ) ayat 62-64, “Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Yaitu orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Tidak ada perubahan bagi janji-janji Allah. Demikian itulah keme-nangan yang agung“. Kemudian Fussilat (41 ) ayat 30-31, “Se-sungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,“ kemudian mereka meneguhkan pendirian mer-eka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan ja-nganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhi-rat; didalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta“.

Diantara nikmat yang dimi-liki para kekasih Allah, hatinya selalu tentram dalam segala sikon. Rasul SAW bersabda,

“Bila engkau bangun pagi, sehat badanmu, tentram jiwamu, dan ada yang dimakan buat hari itu, seolah-olah dunia ini engkau yang punya“. Dalam hadis lain Utusan Allah ini menegaskan, “Yang dinamakan ke kayaan itu bukan banyaknya harta benda, tetapi yang dinamakan keka-yaan sejati, ialah ketenangan jiwa “.

Seorang penikmat tahajjud pernah berkata, “Andaikata raja-raja, tahu apa yang kita miliki ( berupa ketenangan jiwa ketika asyik tahajjud ) maka pastilah mereka akan menebas leher kita dengan pedang“. Pada saat sakratul maut, turun-lah berduyun-duyun malaikat rahmat untuk menghibur de-ngan mengatakan, “hai jiwa yang tenang. Kembalilah ke-pada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam je-maah hamba-hamba-Ku. Dan masuklah ke dalam surga-Ku“ (Al Fajar (89 ) : 27- 30).

Ciri lain para kekasih Allah ialah memiliki sifat pemurah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu hurairah RA., bahwa Rasulullah SAW. pernah ber-sabda, “Orang yang pemurah (penderma ) itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, jauh dari neraka. Adapun orang yang bakhil ( pelit ), jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga, dekat dengan neraka“. Wallahualam. **

Pontianak Post - [PDF Document] (20)

cmyk

cmyk

+

+

+

+

Pontianak Post l Jumat 15 Mei 200920

Bagian paling mendebarkan? Menunggu kepastian siapa saja

bintang yang akan datang. Apalagi, NBA Madness presented by Jawa Pos ini diselenggarakan pada bulan Juni. Pada saat yang sama, final NBA 2009 masih diselenggarakan. Sedangkan keputusan nama pemain sudah harus didapat sejak April, pada saat tim-tim masih sibuk men-jalani akhir musim reguler.

Tahun lalu, kita cukup beruntung. Nama Danny Granger mungkin kurang familier bagi masyarakat umum. Tapi, bagi penggemar bas-ket, dia itu sudah kondang.

Dan benar, sepulang dari Sura-baya, karir Granger meroket. Dia meneken kontrak USD 64 juta untuk lima musim. Dia masuk lima besar pencetak poin terbanyak di NBA. Dia untuk kali pertama sukses masuk barisan All-Star. Dan sekarang, dia masuk kandidat anggota Team USA

yang akan berlaga di Olimpiade London 2012. Sukses Granger itu membuat pemilihan pemain untuk 2009 semakin sulit dilakukan. Ada beban, pemain yang datang nanti minimal harus setara dengan dia.

Terus terang, sangat banyak yang menelepon dan meng-e-mail Jawa Pos dan DBL, menanyakan siapa bintang yang akan datang tahun ini. Bukan hanya itu, mereka bahkan melakukan request, minta agar kami mendatangkan pemain-pemain favoritnya. Ada yang minta Kobe Bryant, ada yang minta LeB-ron James, atau Yao Ming.

Well, prosesnya tidak semudah itu. Pertama, para superstar punya tarif superstar pula. Jangan heran kalau ada yang minta lebih dari USD 250 ribu hanya untuk tampil selama sekitar enam jam.

Pemain yang ’’biasa-biasa’’ pun tidaklah murah. Ingat, ada 400-an pemain berlaga di NBA setiap tahunnya. Semua adalah ’’spesies’’ istimewa. Gaji rata-rata mereka per musim mendekati angka USD 5 juta (Rp 52,5 miliar). Karena dalam satu musim mereka bermain 82 kali (tidak termasuk playoff dan ekshibisi), bisa dibilang mereka rata-rata digaji sekitar Rp 750 juta hanya untuk sekali main! Selain itu, image pemain san-gat dipertimbangkan. Pernah kami mengusulkan satu atau dua nama, namun yang di Amerika berkebera-tan karena pemain-pemain tersebut punya reputasi kurang oke.

Jadi, ketika beberapa kandidat nama muncul, kita harus memilih dengan baik. Kalau memilihnya tepat, didapatkanlah orang-orang seperti Danny Granger. (bersambung)

Menyambut NBA Madness Perdana di Indonesia (2)

Terus terang, menyeleng­garakan even NBA bukanlah hal

mudah. Bukan sekadar urusan komersial, melainkan urusan

detailnya yang njelimet bin ribet.

Catatan Azrul Ananda

Pulang Dari Surabaya, Karir Granger Meroket

DEnVER - Chauncey Billups membuktikan bahwa dirinya merupa-kan salah satu point guard terhebat da-lam sejarah NBA. Setelah enam tahun berturut-turut membawa Detroit Pis-tons hingga final wilayah timur, kali ini dia membawa

D e n -ver Nug-

gets ke final wilayah barat.Kemarin WIB,

Nuggets menang 124-110 atas Dallas Maver-

icks, menutup seri best-of-seven itu dengan skor 4-1.

Sekarang, Nuggets tinggal menunggu pemenang antara Los Angeles Lakers versus Houston Rockets. Seri itu be-

lum berakhir, Lakers masih unggul 3-2, butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke final wilayah barat.

Dalam pertandingan kemarin, Billups dkk tampil ganas. Mereka benar-benar ingin menghabisi Mav-ericks, sehingga dapat waktu istirahat sebelum tampil di final barat. Dengan kemenangan kemarin, Nuggets benar-benar dahsyat selama playoff. Mereka menang 4-1 atas New Orleans Hornets di ronde pertama, dan kini 4-1 lagi atas Mavericks.

Carmelo Anthony kemarin menc-etak 30 poin untuk Nuggets, sedang-

kan Billups menyumbang 28 poin dan 12 assist. Bintang Maver-

icks, Dirk Nowitzki, sudah mencoba menyelamatkan

tim dengan mencetak 32 poin. Tapi upayanya tidaklah cukup. Bagi Nuggets, ini adalah kali

pertama mereka lolos ke final wilayah sejak 1985.

Usai pertandingan, Mavericks me-nyebut kombinasi Billups dan Anthony

merupakan kombinasi yang maut. “Mer-eka benar-benar layak jadi juara NBA. Mereka punya peluang besar untuk jadi juara,” kata Rick Carlisle, pelatih Mavericks, seperti dilansir Associated Press. Stan Kroenke, pemilik Nuggets,

menyebut hadirnya Billups benar-benar menggairahkan timnya. Mereka telah membuat keputusan terbaik ketika menu-kar Allen Iverson dengan Billups pada November 2008 lalu.

“Chauncey benar-benar coco*k untuk kami. Dengan begitu banyak kepriba-dian yang berbeda-beda di klub kami, (kepemimpinan) Chauncey menjadi bagian yang penting,” ucapnya.

Carmelo Anthony pun menyampaikan pujian tertinggi untuk Billups. “Dia se-orang pemimpin. Dia datang ke sini dan mengajari kami cara bersikap yang pro-fesional. Dia juga mendorong kami untuk fokus dalam hal defense, dan itu sebelum-nya tidak kami miliki,” paparnya.

Di final wilayah nanti, kemungkinan be-sar Nuggets akan bertemu dengan Lakers. Dan melihat bagaimana Lakers kerepotan menaklukkan Rockets (yang bermain tanpa Yao Ming), Nuggets memang layak disebut sebagai unggulan.

Kalau nantinya berhasil mengalahkan Lakers, atau bahkan kemudian menjadi juara NBA, maka status Billups bisa naik lagi ke tingkat “legendaris.” Sejauh ini, dia baru sekali merasakan gelar juara, yaitu ketika bersama Pistons pada 2004 lalu. (aza)

Di antara sekian banyak sirkuit yang disinggahi MotoGP, Sirkuit Le Mans adalah salah satu yang paling menyulitkan Ducati. Di sanalah motor pabrikan asal Italia itu tidak per-nah menang. Seperti halnya di Indianap-olis, Estoril, dan Mugello.

Hasil terbaik yang dibukukan Ducati di sana adalah peringkat ketiga yang direbut Casey Stoner ketika menjadi juara dunia pada 2007 lalu. Tahun lalu, posisi

terbaik pembalap Ducati adalah Marco Melandri, itupun di urutan ke-18. Stoner saat itu harus puas

di posisi juru kunci setelah mengalami masalah teknis be-berapa lap menje-lang akhir lomba.

Tetapi, jangan ha-pus Stoner dan pembalap Ducati lain dari daftar penantang pe-menang lomba akhir pekan ini. Desmosedici GP9 memiliki potensi untuk membuat kejutan dengan pe-masangan sistem elektronik baru.

Perubahan itu satu paket dengan adanya restrukturisasi organisasi Ducati yang dilakukan awal pe-kan lalu. Tujuan utamanya adalah meningkatkan performa pembalap yang terpuruk seperti halnya Nicky Hayden. Tetapi, pemasangan sistem elektronik baru itu juga berpeluang meningkatkan performa Stoner.

“Seperti halnya Motegi dan Jerez, Le Mans juga memberikan sedikit masalah kepada kami. Kami akan melihat seberapa kemampuan kami untuk mem-bawa pulang poin,” kata Stoner

sebagaimana dilansir Crash. Bagi Stoner, kemenangan bukanlah target utama. Dia sadar bahwa Le Mans adalah favorit Yamaha. Jika Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dalam kondisi terbaik, sulit untuk mengalahkan mereka.

Namun, setidaknya Stoner bisa naik podium. Dalam beberapa seri awal musim ini, dia memang tidak memburu kemenangan, melainkan menghemat poin. Pada akhir musim nanti, karkater sirkuit lebih menguntungkan motornya untuk memburu kemenangan.(nar/ang)

motoGP

Menyulitkan Ducati

AFP PHOTO/Pedro ARMESTRE

Casey Stoner (Ducati Marlboro)

nuggets Tunggu Lakers

NBA

Chauncey Billups

Pontianak Post - [PDF Document] (21)

PONTIANAK – Kasus penjam-bretan yang dil-porkan ke Poltabes Pontianak, beberapa diantaranya sudah terungkap, artinya pelaku sudah ter-tangkap. Dari pe-nyidikan, terung-kap sebagian besar pengguna narkoba. “Dapat dikatakan 90 persen penjambret peng-guna narkoba,” kata Kasat Reskrim Poltabes Pontaianak AKP Sunario.

Tidak ada spesifikasi narko-ba yang dikonsumsi pelaku jambret. Mulai dari sabu, ek-stasi dan putau. Bahkan, Satuan Reskrim Poltabes Pontianak

pernah menangkap penjambret peng-guna putaw dinya-takan positif HIV A I D S . “ S e l a i n narkoba ada juga pelaku yang meng-konsumsi miras,” ucap Sunario.

Sepanjang Mei, Poltabes Pontianak telah menangkap empat pelaku jam-

bret. keempatnya mengaku te-lah melakukan 15 kali penjam-bretan dan korban semuanya perempuan. Setelah dilakukan penyidikan, keempat pelaku adalah pengguna narkoba.

Dua pelaku yang pekan lalu ditangkap berinisial Jk dan Sw

PONTIANAK - Walikota Pon-tianak Sutarmidji mengungkapkan

proyek pemasangan pipa Perusahaan Daerah Air Minum tidak memberikan

manfaat bagi warga dalam waktu dekat karena tidak bisa digunakan maksimal.

”Untuk jangka pendek, proyek ini belum bisa dimanfaatkan. Karena untuk mengalirkan air me-lalui pipa sebesar itu diperlukan mesin

pendorong. Mesinnya saja belum ada,” kata Sutarmidji di SDN 29 Pontianak Kota, Rabu

(13/5).Proyek pemasangan pipa dengan anggaran

sebesar Rp33,9 miliar ini dinilai tidak melalui perencanaan matang. Seharusnya, kata Sutar-midji, sebelum dilaksanakan dikaji agar bisa dimanfaatkan ketika selesai dikerjakan. Untuk

Pontianak PostJumat, 15 Mei 2009 21

Dompet Simpatik

metropolis

EDO, anak berumur sepuluh tahun ini tampak lalu-lalang sambil membawa kotak bekas dasi. Berjalan-jalan sambil meminta belas kasihan orang-orang. Wajah sendu dan pakaiannya compang-camping.

Edo mengungkapkan, “Saya mengemis dari belum bersekolah. Awalnya saya mengemis hari Jumat saja. Saya pergi keliling-keliling di toko-toko. Tapi sekarang setiap hari.”

Ketika Anak-anak Menggantungkan Hidup di Jalanan

Saya Mulai Mengemis Sejak Belum Sekolah

■ Ke Halaman 27 kolom 1

Tak selamanya harapan itu sesuai ke-nyataan. Kadang cita-cita hanya mimpi

yang tak tergapai. Ini yang menimpa em-pat anak yang masih belia. Mereka harus

menjadi pengemis. Bagaimana mereka bertahan untuk melanjutkan kehidupan?

YANTI R. SIMARMATAPontianak

IlustrasI kekes

Bekelit

Menderita Tumor NurMIAh (20) penderita tumor ganas di leher stadium tiga akan menjalani pengobatan di RS

Dharmais Jakarta. Untuk kelancaran proses pengoba-tan Nurmiah, kami kembali membuka pro-gram dompet simpatik. Partisi-pasi pembaca dan donatur sangat diharapkan demi kesembuhannya. Partisipasi dalam bentuk uang da-pat diserahkan ke Redaksi Pon-

tianak Post (Lantai 5) Gedung Graha Pena Pontianak. Sekecil apapun sumbangan Anda, sangat berarti bagi kesembuhan Nurmiah.

Nurmiah

Proyek PDAM Bermanfaat Jangka Panjang

PONTIANAK – Sebanyak 17 pejudi jenis liongfu diring-kus Satuan Reskrim Poltabes

Pontianak di salah satu rumah Komplek Pondok Harapan Kita,

Pontianak, Kamis (14/5) sore. Penjudi yang ditangkap terdiri

dari sembilan lelaki dan delapan perempuan.

Saat digrebek, belasan orang tengah bermain judi. Tujuh personel polisi ber-

pakaian sipil mengepung rumah tersebut. Karena pintu depan dan belakang rumah dikepung, beberapa di antara penjudi berniat melarikan diri dari jendela namun digagalkan.

“Ada juga yang ingin menghi-langkan barang bukti dengan

memasukan uang taruhan ke dalam saku celana,” kata Kasat

Reskrim Poltabes Pontianak AKP Sunario.

Bersama 17 penjudi, polisi mengamankan uang

taruhan sebesar Rp255 ribu, lapak liongfu,

PEMErINTAh Kota Pontianak berencana membuat sebuah pera-turan daerah khusus untuk mengan-tisipasi bahaya kebakaran. Menurut Kepala Bidang Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum, Hizas Abdul Hamid, raperda itu akan mulai dis-usun di tahun 2009. “Paling lambat 2010 kita harus sudah punya perda

itu,” katanya ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Selama ini pemkot memang be-lum memiliki Perda Proteksi Keba-karan. Keberadaan perda tersebut dipandang semakin urgen mengingat frekuensi kebakaran di Kota Ponti-anak yang relatif tinggi. “Kita hanya punya Perda Nomor 4 tahun 1999

tentang Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran. Nah, Perda Proteksi Kebakaran akan lebih mem-perkuatnya,” ujar Hizas.

Dalam perda ini nanti, gedung-gedung pemerintah maupun swasta, restoran, rumah makan dan hotel akan diwajibkan untuk memiliki

KEPALA Dinas Peternakan dan Kes-ehatan Hewan Kalimantan Barat, A Manaf Mustafa, mengatakan sumber daya alam hayati di provinsi ini sangat kaya. Namun, sampai sekarang masih banyak yang belum termanfaatkan, khususnya untuk kebutuhan dunia peternakan. Pinang muda misalnya.

Tumbuhan tersebut berkhasiat untuk mejadi obat cacing bagi ternak dan bisa mengganti obat dari pabrik. Begitu pula denga biji pepaya. “Tak perlu beli sebe-narnya. Bahan-bahannya banyak tersedia

Edo mengatakan dia mulai mengenal dunia mengemis dari tetangganya yang pemulung.

Anak yang tinggal di Siantan ini pun men-gajak teman-temannya. Ada enam anak yang satu kelompok dengannya juga mengemis. Dua diantaranya masih bersekolah sedangkan yang lain tidak. Icha (11) malah sama sekali tidak bisa membaca.

Peralatan mengemis pun beraneka ragam ada yang menggunakan kotak dasi, celengan besi ataupun gelas bekas pop ice. Badan mereka pun beraneka ragam ada yang kecil ada yang gendut. Di kala mengemis diselingi canda dengan para pedagang di tempat mereka mengemis.

Pakaian mereka sama seperti anak lainnya tapi agak dekil. Mereka pun ada yang memakai sandal ada yang tidak. Berinteraksi dengan pengemis lain ataupun orang gila sudah sering mereka alami. “ Kalau ketemu orang gila

jangka panjang proyek ini bermanfaat bagi masyarakat, teru-tama dalam pelayanan air bersih. Terkait pelaksan-aan proyek yang belum selesai, Pemerintah Kota Pontianak hanya meminta agar seluruh jalan yang dibongkar segera diperbaiki dalam waktu sebulan ini. ”Apapun keputusan PDAM terhadap proyek tersebut, saya hanya minta dalam waktu sebulan terhitung hari ini (kemarin,red), jalan betul kembali. Termasuk pengaspalan,” ungkap Sutarmidji.

Direktur Utama PDAM Kota Pontianak Agus Sutyoso menyatakan hasil proyek pemasangan pipa ini baru bisa berfungsi 100 persen pada 2010. Ta-hun ini hanya bisa difungsikan sekitar 60 persan sampai 70 persen. Karena ada satu komplemen dalam investasi perpipaan belum berfungsi optimal. ”Seharusnya ada tambahan suplai WTP (water threatment plant, red),” kata Agus seusai peringatan ulang tahun PDAM ke 43 Kamis (14/5).

Delapan Wanita Judi Liongfu Ditangkap

Mayoritas Jambret Pengguna Narkoba

Sunario

Ikon Temulawak

Abdul Manaf

di sini,” kata dia dua hari lalu. Pembuatannya pun mudah. sem*ntara obat dari pabrik, bahan bakunya rata-rata adalah produk impor dan relatif mahal.

Besarnya potensi tersebut menurutnya menjadi peluang bagi Kalbar untuk mengem-bangkan pemanfaatan herbal khusus bagi dunia peternakan.

Umi Cahyaningsih, pakar herbal dari Fakultas Kedokteran Hewan juga sependapat. Menurut Umi, secara umum pemanfaatan

Susun Perda Proteksi Kebakaran

■ Ke Halaman 27 kolom 1■ Ke Halaman 27 kolom 1

■ Ke Halaman 27 kolom 1

■ Ke Halaman 27 kolom 1

Sumbangan Rabu (13/5) Rp 760.000 1. Onisimus Rp 250.0002. Dian Putri Rp 50.0003. Hamba Allah Rp 20.0004. H.H di Soeprapto Rp 1.000.0005. Wawan Lingga Rp 100.0006. Lie Ho Pian Rp 100.0007. Lau Hui Tiap Rp 100.0008. Devi Triana Rp 100.0009. JN Rp 268.000Jumlah Rp 1.988.000Total Rp 2.748.000

dadu dan peralatan permain judi liongfu lainnya.

Berperan sebagai bandar saat polisi menangkap beri-nisial At (33), mengatakan, berjudi liongfu baru dilakukan di rumah tersebut sepekan terakhir. Pemainnya adalah warga sekitar. “Hanya orang-orang sekitar kawasan TPI saja,” ucapnya.

Belasan pemasang, lanjutnya, memang setiap hari datang untuk bertaruh. Judi liongfu dimulai dari pukul 14.00 hingga 17.00. “Tidak pernah kami main sampai malam,” kata bapak satu anak yang sehariannya bekerja serabutan ini.

Pemilik rumah, Mu mengaku ter-paksa menerima rumahnya dijadikan tempat bermain judi. Dirinya beralasan himpitan ekonomi, karena suaminya sudah tidak berpenghasilan lagi. Setiap kali berjudi di rumahnya, Mu mendapat uang dari bandar sebesar Rp 15 ribu. “Saya terpaksa, karena memang butuh uang,” tuturnya.

■ Ke Halaman 27 kolom 1

SHANDO/PONTIANAK POST

TERTANGKAP BASAH: Sebanyak 17 warga di sebuah perumahan kawasan TPI saat tertangkap basah oleh polisi tengah bermain judi. Kebanyakan dari mereka adalah ibu-ibu.

MUJADI/PONTIANAK POST

GEPENG: Gelandangan dan pengemis, selalu menghiasi persimpangan jalan protokol.

Pontianak Post - [PDF Document] (22)

cmyk

Kritik Penertiban PKL di Sungai Raya

Pemerintah tak Tegas Terapkan AturanAwang mengemukakan dua

langkah mencegah persoalan yang sama supaya tidak terjadi di kabupaten/kota. Pertama, katan-ya, pemkab/pemkot mencarikan tempat usaha yang representatif. “Langkah kedua pencegahan, yakni tidak membiarkan memban-gun lapak di kawasan bersih PKL. Karena tidak ada pencegahan dan terkesan ada pembiaran seh-ingga wibawa pemerintah hilang,” ujarnya.

Legislator Partai Golkar ini mengatakan PKL bukan musuh pemerintah, namun bagian pelaku ekonomi yang tidak mempunyai tempat layak untuk berusaha. Menurutnya, mereka ini harus dibantu dan dicarikan jalan kelu-arnya untuk berusaha kembali.

“Saya optimis bila dua langkah diterapkan pemerintah kabupaten/kota maka tidak ada penggusuran paksa serta kericuhan. Semua ter-gantung kepada aparat pemerintah melaksanakannya di lapangan,”

MeTroPoliTAN22 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

training ESQBentuk Karakter Tangguh

kEmahaSiSwaanPelatihan Perkoperasian

GENERASI muda memegang peran sangat penting dalam masyarakat. Mereka penerus bangsa untuk membangun dan memajukan In-donesia. Generasi muda dituntut untuk berperan aktif, kreatif dan positif, sehingga tercipta manusia Indonesia berkualitas.Tapi untuk menciptakan generasi muda bermoral emas sebagai wujud pengabdian berbangsa dan negara tidak mudah. Apalagi dalam zaman pergaulan bebas saat ini, yang sering menjerumuskan generasi muda. Kare-nanya diperlukan pendidikan yang mensinergikan tiga kecerdasan manusia, yaitu kecerdasan intelek-tual atau IQ, emosional atau EQ dan spiritual atau SQ. Hal itu ada di dalam ESQ.

Konsep baru pendidikan untuk menciptakan manusia paripurna dengan kecemerlangan spritual yang dahsyat ada dalam ESQ. Banyak pula lem-baga pelatihan di Indoensia yang mengajarkannya, ESQ Leadership Center salah satunya. Lembaga itu bergerak dibidang ‘training kepemimpinan dan pengembangan kepribadian’. Karakter tangguh dibentuk dengan memadukan IQ, SQ dan EQ secara terintegrasi dan transedental.

Disamping itu hingga Februari 2009, ESQ memiliki sekitar 650 ribu alumni. Mereka ter-sebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Eropa. Besarnya jumlah alumni tidak mengherankan, karena ESQ Leadership Center menggelar 25-40 pelatihan setiap bulan-nya di semua provinsi Indonesia. Mereka ingin mempercepat pencapaian visi dan misi ESQ untuk menciptakan generasi Indonesia bermoral emas pada 2020.

sem*ntara itu, seluruh alumni mahasiswa yang tergabung dalam FOSMA (Forum Silaturahmi Mahasiswa) akan menggelar Training ESQ bagi mahasiswa Kalbar pada 16-17 Mei 2009. Alumni remaja atau pelajar yang tergabung dalam SHOT (Silaturahmi of Teens) juga bakal menggelar Training ESQ for Teens pada 23-24 Mei 2009.

Para Mahasiswa dan pelajar yang ingin mendaf-tarkan diri dapat mendatangi sekretariat ESQ di Jalan Adi Sucipto No.263 (Simpang BLKI) Pon-tianak. Mereka juga dapat menghubungi panitia di 0561-716 7165 atau 085245338165. (mde)

PONTIANAK–Kericuhan pem bongkaran lapak pedagang kaki lima di kawasan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dinilai be-rawal dari tidak tegasnya penera-pan aturan oleh pemerintah. “Saya melihat ada pembiaran pemban-gunan di lokasi yang kurang layak dibangun,” kata Anggota Komisi B DPRD Kalbar Awang Sofian Razali kemarin di Pontianak.

Ia mengartikan pembiaran, kar-ena saat PKL membangun di atas parit tidak ada satu pun instansi teknis melakukan pelarangan. Awang mempertanyakan kenapa ketika pedagang berjualan hampir setahun dengan investasi berupa lapak dan banyaknya pelanggan, baru pemerintah menggusur.

“Sangat wajar para PKL marah bila digusur. Seharusnya pen-egakan aturan sejak awal mereka mendirikan dan bukan setelah mereka berusaha. Pastinya pelaku ekonomi kecil ini merugi saat di-bongkar lapaknya,” ungkapnya.

PONTIANAK—Keputusan Pengadilan Tinggi (PT) Kalbar yang mengabulkan permohonan pinjam pakai KM Mutiara Mina IV menuai protes.

Sebagai bentuk protes itu, Las kar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kalbar akan membawa kasus ini ke Komisi Yudisial (KY). “Kami akan melaporkan dan meminta KY untuk memeriksa Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar,” kata Presidium LAKI Burhanud-din Abdulah Kamis (14/5).

Menurutnya, dikabulkannya permohonan pinjam pakai KM Mutiara Mina IV kepada pemi-liknya menjadi preseden buruk dalam menuntaskan illegal fishing di Kalbar.

Menurutnya, sudah seharusnya Ketua PT dan Majelis Hakim yang menangani kasus ini lebih mengedepankan kepentingan bangsa daripada kepentingan pihak tertentu atas kapal yang berstatus rampasan negara yang

telah diputus Pengadilan Negeri (PN) Pontianak itu.

Makanya, dia meminta lembaga penegak hukum bekerjasama den-gan beberapa instansi berkomit-men memberantas pencurian ikan yang menyebabkan kerugian negara hingga ratusan triliun. “Sangat disayangkan jika PT Kalbar mengabaikan persoalan bangsa ini,” ujarnya.

Menurut Burhan, pinjam pakai sama halnya dengan memberikan kembali hasil rampasan negara ke-pada pemiliknya yang sudah jelas melakukan pelanggaran hukum.

“Yang menjadi pertanyaan, siapa yang bisa menjamin kapal ini aman, artinya bisa saja dipin-dahtangankan ke pihak lain atau ditenggelamkan untuk menghilan-gkan barang bukti,” katanya.

“Selain itu apakah mudah kapal dibawa jika diperlukan dalam per-sidangan karena keberadaannya tentu tidak dapat dipantau dengan cepat. Seharusnya, PT melelang

kapal tersebut, karena sudah jelas merugikan negara.” tegasnya.

KM Mutiara Mina 4 ditangkap 23 Desember di Perairan Natuna. Petugas juga menemukan sekitar 700 kilogram ikan segar berbagai jenis di dalam kapal berbobot 109 gross ton (GT) tersebut.

Pengadilan AdHoc Perikanan/PN Pontianak yang mengadili kasus tersebut, 18 Maret 2009, memutuskan nahkoda Rodi Her-manto (23) dan master fishing warga negara Thailand Narong Nuem Tawong (48) bersalah.

Rudi divonis 1 tahun penjara, sedangkan Narom divonis 3 ta-hun penjara. Masing-masing juga didenda Rp1 miliar. Di tingkat banding, putusannya tidak jauh berbeda. Selain dihukum penjara, hakim PT juga memutuskan kapal dirampas untuk negara. Tapi tiga hari sebelumnya, PT menetapkan kapal tersebut dipinjam pakai kepada pemilik beserta surat-suratnya. (zan)

PONTIANAK –Kost maha-siswa di Jalan Sepakat II Pon-tianak dibobol maling, Kamis (24/5) dini hari. Dua dari 12 unit sepeda motor di garasi kost blok S lenyap. sem*ntara satu unit tak sempat dilarikan pelaku dan ditemukan di depan garasi dengan kunci rusak.

Sepeda motor yang hilang itu bernomor polisi KB 3877 LD dan KB 4796 PQ. Modus kasi pencurian ini dilakukan dengan merusak gembok garasi.

Ridwan (23) penghuni kost pemilik sepeda motor KB 4796 PQ, mengungkapkan, mengetahui sepeda motornya telah dibawa maling sekitar pukul 05.00. Saat itu Ridwan terjaga dari tidurnya, dan kaget melihat pintu garasi dalam keadaan terbuka. “Saya lihat satu sepeda motor sudah ada di luar,” ujarnya

Berpikir kalau ada teman kost yang sudah keluar, Ridwan awal-nya tidak mengetahui sepeda motornya telah hilang. Kemu-dian dirinya masuk ke garasi dan memeriksa jumlah sepeda motor, ternyata berkurang dua unit. Rid-

wan kaget dan panik, apalagi yang hilang adalah sepeda motornya.

“Kemudian saya masuk ke kost bertanya kepada teman yang lain tentang dua sepeda motor terse-but,” ucapnya.

Penghuni kost lainnya ikut terjaga, mereka memastikan ke-benaran informasi yang disam-paikan Ridwan. “Kawan-kawan lainnya kemudian mencari dengan bertanya kepada orang sekitar kost,” kata mahasiswa Kehutanan tersebut.

Dari usaha yang dilakukan dengan bertanya kepada warga sekitar, terungkap kalau salah seorang warga, melihat seseorang menyeret sepeda motor dari garasi kost dengan terburu-buru sekitar pukul 04.00.

Hal senada juga disampaikan pencari kayu di Jalan Perdana, dirinya melihat tiga orang meny-eret dua sepeda motor melintas di Jalan tersebut.

Setelah berupaya mencari sepeda motor yang hilang, salah seorang korban bernama Hendrik melapor ke Polsek Pontianak Se-latan sekitar pukul 08.00.(hen)

SUNGAI RAYA—Pengusaha kayu lokal Kubu Raya menda-tangi kantor DPRD Kubu Raya, Kamis(14/5) pagi. Mereka menun-tut diadakan pertemuan dengan berbagai dinas teknis. Tujuannya agar kayu-kayu lokal mereka yang lewat tidak bermasalah.

”Kita cukup lama menanti. Sudah hampir tiga bulan kita tunggu pascademo beberapa waktu lalu. Namun tidak terjadi sampai sekarang,” kata Abdullah, koordinator penyampai aspirasi di hadapan anggota Komisi B DPRD Kubu Raya.

Menurut dia kedatangan para pengusaha kayu lokal pada da-sarnya hanya ingin memastikan kapan pertemuan digelar. Pasal-nya, mereka membutuhkan aturan baku supaya dalam memasarkan kayu-kayu lokal kelas bawah tidak bermasalah. ”Sampai seka-rang pengusaha kayu lokal belum berani menjual hasil kayu olahan. Akibatnya bisa fatal. Sebab berg-erak saja bisa kena,” ucapnya.

Abdullah yang karib disapa Dollah ini lalu menceritakan membawa kayu bekas selaman saja dari sungai kapuas yang um-urnya berpuluh tahun dan diolah bisa kena. Apalagi membawa kayu yang jelas memiliki surat resmi dari dinas kehutanan. ”Se-andainya lengkap, SPORC dan Polhut tidak menangkap. Tetapi oknum penyidik lain kita bisa kena. Kalau seperti begini, sama saja bohong,” ujar dia.

Karena itu, ia berharap kala-ngan Komisi C DPRD Kubu Raya dapat memfasilitasi pertemuan.

Pihak terkait seperti dinas kehu-tanan, kepolisian dan lain-lain diharapkan dapat diundang. ”Kita hanya butuh kejelasan, peraturan seperti apa supaya kami mudah membawa kayu olahan ini,” pin-tanya.

Disamping meminta kejelasan, pengusaha kayu lokal Kubu Raya juga ingin berpartisipasi terhadap bentuk pembangunan di KKR. Pasalnya, lama macet, dampak kayu-kayu olahan banyak tidak tersedia di toko bangunan. Ka-laupun tersedia, paling hanya segelintir saja. ”Kami ingin men-jadi partner dalam menyediakan kebutuhan bagi pengembang dan masyarakat. Maka dari itu, kami butuh peraturan yang benar-benar jelas,” ujarnya.

Sekretaris Komisi C DPRD Kubu Raya, Paiman Simarmata menerima pendapat pengusaha kayu lokal. Namun, pertemuan berbagai pihak terkait dengan melibatkan mereka belum dapat dijadwalkan secepatnya.

”Kita belum dapat merancang. Untuk satu ini kewenangannya berada di Dinas Kehutanan dan Perkebunan KKR. Kalau kami yang mengundang besok (hari ini,red), bisa saja mereka diha-dirkan.

Tetapi belum tentu sebagai jalan penyelesaian,” ucap legisla-tor bersuara vokal ini. ”Kita ingin penyelesaian satu jalur dulu. Na-mun seandainya tidak terjadi, kita segera ambil alih,” sambungnya.

Tuntutan pengusaha kayu lokal dianggapnya wajar. Sebab, di-samping mereka mencari ma-kan, pengusaha juga butuh jalan keluar. “Kita akan berada di belakang mereka, karena kelang-sungan usahanya tergantung dari kesepakatan pertemuan ini,” jelas dia.(den)

PONTIANAK-Peran kop-erasi dalam upaya revitalisasi perkebunan di Kalbar mulai terlupakan. Padahal, pemerintah pusat melalui peraturan menteri perkebunan telah mengamanat-kan memberikan porsi besar terhadap pelaksanaan program revitalisasi perkebunan melalui koperasi. “Dalam revitalisasi saat ini, koperasi hanya berperan sebagai alat untuk mendapatkan kredit oleh pihak pihak tertentu,” kata Asisten Deputi Urusan Kehutanan dan Perkebunan Ke-menterian Negara, Koperasi dan UKM, Ramal Sihombing.

Di sela acara Rapat Kordi-nasi Penyusunan Kebijakan Peran KUKM Dalam Program Revi-talisasi Perkebunan yang digelar di Hotel Orcharz, Rabu (13/5) kemarin, kepada Pontianak Post dia mengungkapkan monopoli yang dilakukan pihak afalis atau perusahaan inti yang berperan sebagai penjamin kredit ke pihak bank pada program revitalisasi, terlihat jelas saat proses peny-iapan MoU antra petani, calon anggota koperasi dan afalis.

Dilihat dari proses penjaminan kredit yang ada, sebenarnya kope-

rasi wajib terlibat. Tapi sayang, semua tahapan hanya dilakukan mitra inti (afalis,red). Kondisi ini jelas tidak sehat. Terpuruknya koperasi dalam pelaksanaan pro-gram revitalisasi terjadi di ham-pir seluruh wilayah Indonesia. Kalbar termasuk di dalamnya. “Aneh, di sini (Kalbar,red) dinas koperasinya malah tidak menge-tahui tentang susunan kebijakan revitalisasi,” sesalnya

Apa penyebannya? Sihombing menduga hal itu disebabkan ka-rena kebijakan penempatan yang kurang tepat dalam menempatkan personil. Mereka yang paham dan mengerti akan koperasi tidak ditempatkan pada posisinya.

Kelemahan lain yang ia lihat adalah kendurnya pengawasan yang dilakukan Dinas Kopera-si terhadap proses revitalisasi perkebunan. Hal ini tampak pada hasil pertemuan rapat koordinasi. Meski pihaknya telah mendapat-kan surat tebusan izin kerja sama dengan koperasi untuk melaku-kan program revitalisasi, tapi tak seorang pun dari pihak dinas koperasi yang mengetahui hal tersebut. Keanehan ini terungkap saat rapat hendak di mulai. (go)

Pengusaha Kayu Lokal Serbu DPRDBerharap Pertemuan dengan Pihak Terkait

HIMPUNAN Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pontianak akan menggelar pelatihan perkopera-sian tingkat OKP dan BEM se-Kota Pontianak. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan 21 Mei 2009 di Kantor Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Kalimantan Barat.

Abdul Halim, Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) HMI Cabang Pontianak mengatakan, HMI sebagai bagian elemen bangsa untuk berikhtiar mengadakan pelatihan perkoperasian untuk kalangan ak-tivis muda yang nantinya pascapelatihan dapat mengembangkan koperasi tersebut.

Koperasi mempunyai potensi yang sangat be-sar untuk memainkan peran dalam membangun perekonomian nasional dan daerah. Kata Abdul Halim, koperasi juga dapat membangun budaya kerjasama dan musyawarah. Karena koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang lebih mengedepankan asas kekeluargaan. Ia melanjut-kan, krisis global yang melanda dunia saat ini akan berpengaruh terhadap ekonomi negara se perti melambannya pergerakan sektor rill, pemutus hubungan kerja, tingkat pengangguran yang tinggi serta kemiskinan. “Namun dengan keberadaan koperasi dapat dijadikan obat penangkal akibat dari krisis global tersebut,” katanya. (zan)

Kasus Pinjam Pakai KM Mutiara Mina IV

LAKI Laporkan PT Kalbar ke KY

kata Awang.Yudi, pedagang di Jalan Serdam

merasa kecewa atas perlakuan pemerintah ini. Pemerintah tidak

adil menertibkan PKL. “Sebab di Jalan Adisucipto, lebih banyak lagi pedagang kaki lima yang berjualan di atas parit. Bahkan,

tempat mereka berjualan tidak lagi berupa lapak, melainkan permanen berdinding sem*n,” ungkapnya dua hari lalu. (riq)

Sepeda Motor Hilang di Kost Mahasiswa

MUJADI/PONTIANAK POST

PROAKTIF SOSIALISASI: Program Puskesmas Menyapa digencarkan pihak Puskesmas Tanjung Hulu, Pontianak Timur. Para petugas kesehatan tersebut menyampaikan imbauan kepada warga, mengenai penanggulangan dan penanganan Demam Berdarah.

SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

PEMBIARAN: Satuan Polisi Pamong Praja saat membongkar lapak PKL di pinggir parit Sungai Raya Dalam beberapa waktu lalu yang diwarnai kericuhan. Ini dinilai karena penegakan aturan tidak dite­rapkan sejak awal mereka mendirikan.

IST

KARAKTER TANGGUH: Training ESQ men­ciptakan karakter manusia tangguh dengan memadukan IQ, SQ dan EQ.

BANK Indonesia Pontianak akan menggelar desiminasi ka-jian ekonomi regional, sekaligus penyampaian press release per-tumbuhan ekonomi Kalimantan Barat triwulan I 2009 oleh Badan Pusat Statistik Kalbar. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat (15/5) pukul 13.00.

Pemimpin Bank Indonesia Pon-tianak Samasta Pradhana menga-takan kegiatan ini digelar di KBI Pontianak. Pada agenda ini BPS akan mempresentasikan pertum-buhan ekonomi triwulan pertama. “Sedangkan BI akan menyam-paikan perkembangan perbankan dan sistem pembayaran. Kedua persentasi ini diharapkan ber-manfaat bagi dunia perbankan maupun masyarakat yang nanti-nya dipublikasikan media massa,” ungkapnya.

BI Pontianak mengharapkan kajian ekonomi regional mem-berikan informasi kepada dunia usaha dan pelaku ekonomi Kal-bar. Sehingga, kata Samasta lagi, dapat menjadi landasan mem-bangun kekuatan perekonomian daerah. (riq)

Kajian ekonomi regional

Keberadaan Koperasi Mulai Terlupakan

Pontianak Post - [PDF Document] (23)

PINYUH 23

SEGITIGA EMASTuan Rumah MTQ Pinyuh Berbenah

TIDAK ada firasat, kalau kelak bisa terpi-lih menjadi wakil rakyat duduk di lembaga

FIGURA

akhirnya barhasil meraih 841 suara, cerita Amelia alias Chin Bie Mie, 39 tahun, caleg dari Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP) dapil IV meliputi Sui Kunyit, Toho dan Sadaniang.

Amie-sapaan akrab, ibu rumah tangga empat anak itu mengaku, kalau dirinya bu-kanlah kader maupun pengurus partai yang sudah berpengalaman. “Kebetulan abang saya, Ketua DPC PDP Kabupaten Ponti-anak. Waktu menjaring caleg, memang tidak banyak yang ikut di empat dapil. Makanya, saya termasuk yang mencalonkan. Itupun pada urut tiga,” kilahnya ditemui di rukonya depan lapangan basket Mempawah. (ham)

Awalnya Dukung Caleg Diatas

legislatif. Paslnya, semula, mencalon kan diri pada urut tiga semata-mata untuk mendukung caleg yang ada di nomor urut atas. Be-gitu, turun putusan Mahkamah Konsti-tusi, menyangkut su-ara terbanyak, ber-main fair fly, hingga Amelia

Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Ujian susulan UASBN akan dilaksanakan sela-ma tiga hari mulai tang-

gal 18 - 22 Mei 2009

Usai UASBN Murid SD/MI Ikuti Ujian Sekolah

Pemkab Terima 50 Perwira Seskoal

HASIL rapat Ketua LPTQ, para Camat, KUA Kecamatan se Kabupaten Pontianak yang dipusatkan di Kecamatan Sui Kakap pada MTQ ke-26 lalu, mempercayakan Kecamatan Sui Pinyuh menjadi tuan ru-mah MTQ tingkat Kabupaten mendatang.

Guna menindaklanjuti rencana kerja tiga tahunan itu, telah pula dilakukan ra-pat yang rencana lokasi mimbar utama.

Dari hasil rapat di aula gedung serbaguna, memamg ada tiga lokasi yang menjadi alternatif pilihan seperti lapangan sepakbola Reformasi, halaman komplek Masjid Nikmatullah dan pilihan terakhir yakni komplek Kantor Camat.

Dari tiga pilihan itu, sepertinya komplek Kantor Camat menjadi fokus utama lokasi pelaksanaan. Dipandang sebagai tempat yang layak keberadaan-nya. Karenanya, ke depan komplek Kantor Ca-mat memang akan dimodifikasi dan disulap men-jadi areal yang layak untuk dipergunakan.(ham)

MEMPAWAH-Komandan Seko-lah Staf Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Ir Sujiwo MSc mengatakan, kuliah kerja Seskoal merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh lembaga Seskoal.

Karena dituntut untuk mampu mendidik dan membekali para siswa dapat menjadi perencana, pelaksana dan pemikir strategi bidang pertahanan negara di laut.

Sekaligus sebagai calon pemimpin TNI AL di masa mendatang yang mampu menyesuaikan berbagai permasalahan yang akan dihadapi nantinya, dengan berpikir jernih dan

rasional. Oleh karena itulah para siswa Seskoal perlu mengetahui ke-tersediaan sumber daya nasional se-cara nyata melalui kuliah kerja atau peninjauan langsung ke lapangan.

Kegiatan kerja siswa Seskoal meru-pakan bentuk aplikasi dari forum ap-likasi II, yaitu kegiatan untuk menda-patkan data tentang potensi wilayah yang dapat dimanfatkan untuk ke-pentingan pertahanan wilayah di laut dengan tujuan agar para perwira siswa dapat menganalisis dan memecahkan persoalan ketahanan negara di laut. Kuliah kerja ini merupakan rangkaian kegiatan dari seminar forum strategi I yang dilaksanakan di lingkungan

Seskoal untuk mengisi konsep pi-lihan strategi pertahanan negara, khusus pertahanan di laut, berdasar-kan analisis predeksi nilai ancaman.

Selanjutnya dalam forum strategi III fasis akan membahas tentang fostur TNI AL yang nantinya akan digunakan dalam menentukan pe-nyebaran kekuatan yang merupa-kan kegiatan forum strategi IV.

Terpilihnya kawasan tengah dan barat Indonesia dalam pemba-hasan makalah fasis tiket Ses-koal dengan pertimbangan, betapa pentingnya arti kawasan ini bagi bangsa Indonesia yang memi-liki nilai sangat strategis. (ham)

MEMPAWAH- Usai mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) 2008-2009 yang diikuti sedikit-nya 4574 murid dari satuan SD dan MI se Kabupaten Pontianak sejak 11 hingga 13 Mei lalu.

Mulai Kamis, 14-15 Mei 2009 kembali anak SD/MI secara mara-ton kembali mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) tertulis meliputi PKn, IPS dan Agama.

Demikian dijelaskan Kabid TK/SD seperti diterangkan Kasi Kurikulum Bidang TK/SA Drs Anies Sarfeni dikonfirmasi-kan Pontianak Post, kemarin.

Mantan Kepsek SD itu tidak menampik, dari jumlah yang ikut UASBN itu dipastikan jumlahnya berkurang. Namun begitu, dia tidak bisa memberikan angka riil seberapa banyak anak didik tingkat sekolah dasar itu yang dipredeksi t i dak meng iku t i UASBN.

Untuk mengetahui data riil, kata Anies, pihaknya masih menunggu dari provinsi. Nanti, baru akan kita

HAMDAN/PONTIANAK POST

CINDRAMATA: Wadan Sesko Brigjen (M) Halim A Hermanto menyerahkan cindramata kepada Asisten I atas nama Pemkab ketika menerima siswa Sesko, kemarin.

cross check kembali. “Yang pasti, memang ada anak yang dipasti-kan tidak ikut UASBN,” jelasnya.

HAMDAN-PONTIANAK POST

LANTIK: Ketua TP PKK Kabupaten Ny Erlina Ria Norsan, ketika melantik Ketua TP PKK Mempawah Timur.

MEMPAWAH- Ketua Tim Peng-gerak PKK Kabupaten Pontianak mengakui, ketidak tersediaan dana bagi PKK mulai kabupaten, keca-matan hingga desa dan kelurahan setidaknya jangan sampai mem-buat kegiatan menjadi melempem.

Harapan itu dia sampaikan seu-sai melantik Ny Elia Ichwanto selaku Ketua TP PKK Mempawah Timur. Sebelumnya juga istri Ria

Norsan, Bupati Pontianak itu juga melantik Ketua TP PKK Mem-pawah Hilir dan selanjutnya melan-tik Ketua TP PKK Sui Pinyuh.

Staf Kejati Pontianak itu menga-kui, PKK Kabupaten Pontianak memang memiliki banyak prestasi yang sudah berhasil diraih. Tak hanya tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Karena itu pula Ny Erlina Ria SH MH mengharapkan,

era dia sebagai Ketua TP PKK, mustilah keberhasilan yang ada terus dipertahankan serta meningkatkan program yang belum berhasil dari 10 program pokok PKK yang ada.

“Memang kebetulan, setelah saya di-lantik, kondisi daerah seperti ini. Semu-la banyak kegiatan PKK berjalan. Lan-taran tidak adanya dana yang diploting dari APBD, membuat kegiatan menjadi agak lesu,” ungkap Ny Erlina. (ham)

PKK Dituntut Lebih Berperan Aktif

Disebutkan Kasi Kurikulum, mulai Senin 25 Mei hingga selesai akan dilaksanakan ujian praktik. sem*ntara ujian susulan UASBN akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18 - 22 Mei 2009. Menyangkut kelulusan, menu-rut Anies diperkirakan minggu ketiga Juni 2009. Itupun masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Diknas Provinsi. Hal senada juga dikabarkan Kasi SMA/SMK kepastian kelulusan juga akan di-umumkan Juni mendatang. (ham)

Pontianak Post - [PDF Document] (24)

sambas24 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Antisipasi Virus Babi Terus DilakukanSAMBAS-Antisipasi terh-

adap virus babi terus dilakukan Pemkab Sambas saat ini. Menu-rut Wakil Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPh, berbagai ikhtiar dilakukan agar H1N1 tersebut tidak masuk ke Kabupaten Sambas.

”Sebagai daerah yang ber-batasan langsung dengan negara luar, upaya pencegahan tentu dimaksimalkan,” ujarnya ke-pada koran ini, dalam suatu acara kemarin, di Sambas.Masing-masing instansi terkait, imbuh Juliarti, juga telah diimbau guna melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi permasalahan ini. Misalnya Dinas Pertanian, ungkapnya, sesuai tugas pokok dan fungsi yang dimiliki, intansi

ini diminta agar memerankan diri dengan maksimal. Begitu pula dengan Dinas Kesehatan, dan be-berapa yang lainnya, mesti sigap, tukas Wabup.Juliarti menegaskan disamping mengontrol produk yang menjadi tempat pembiakan H1N1, tak kalah penting adalah mengawasi setiap warga asing yang rentan membawa virus babi masuk ke Kabupaten Sambas.

”Nah, mengingat daerah Kita bukan merupakan kawasan wisata yang menjadi tujuan tamu asing, Insya Allah, mudah-mudahan akan tetap aman,” papar mantan Kadis Kesehatan meyakinkan. Selain masalah virusnya, produk yang diduga mengandung babi sebenarnya juga menjadi perhatian Pemkab

Sambas saat ini. Itu terbukti, su-dah beberapa kali tim gabungan yang terdiri dari Bagian Ekon, Disperindag, dan pihak terkait lainnya, turun melakukan sidak ke pasar. Diantara yang sudah didatangi adalah Kota Sambas, Tebas, dan Pemangkat.

Berdasarkan pantauan yang telah dilaksanakan, jelas Neli Sefrina SE Msi, salah seorang yang tergabung dalam tim, untuk sem*ntara ini di tiga lokasi yang disambangi dalam keadaan aman dari produk yang mengandung babi. Bahkan dendeng, abon sapi, yang dikabarkan mengandung DNA babi tidak mereka temukan ketika tim melakukan sidak ke lapangan. Seolah-olah produk tersebut menghilang dari pasaran,

imbuhnya. Justru yang mereka temui ketika turun ke lapangan, jelas Neli, adalah produk abon yang tidak bermerk. Tak ayal, ba-rang tersebut langsung diamank-an petugas guna diperiksa lebih lanjut. ”Termasuklah beberapa barang yang sudah kadaluarsa, juga Kami sita,” ungkapnya.

Menurut Ketua MUI Kabu-paten Sambas H Ahmadi Mu-hammad, yang juga diajak serta turun ke lapangan memantau produk yang beredar di pasaran, mengatakan kejelian ummat Islam ketika berbelanja di pasar saat ini sangat penting. Hal itu untuk menghindari dari makanan yang diharamkan. ”Kalau tak jelas, sebaiknya jangan didekati,” ungkapnya.(mur)

1. Desa Dalam Kaum Sambas(600 meter dari KantorImigrasi Sambas)

Dijual tunai dan kredit 3 s/d 5 tahunKredit tanpa uang muka, Angsuranmulai Rp 350.000,- per bulan

DIJUALKAVLING TANAH

Hub: Tan Abdul MalikHP. 0856 5442 8275

2. Gang Usaha Baru Desa Lumbang Sambas

SAMBAS-Satu suara me-nentukan nasib bangsa. Slogan tersebut setidaknya menjadi pemacu bagi setiap pihak untuk aktif mendorong warga yang sudah memiliki hak pilih agar memastikan dirinya apakah sudah terdaftar atau belum.

“Alhamdulillah, Kami juga gencar. Hingga sekarang jumlah pemilih untuk Pilpres sudah bertambah 68 orang dibanding saat Pemilu lalu.

Mereka umumnya adalah pemilih pemula,” ujar Mu-jani SSos, Camat Sajad, ke-tika berada di Sambas kemarin, bertandang ke ruangan Kes-bangpol Linmas Kabupaten Sambas.

Menurutnya mereka di keca-matan kini selalu gencar me-nyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat yang tidak terdaftar ataupun yang telah berusia 17 tahun saat proses pendataan ini agar segera me-laporkan kepada petugas yang ditunjuk, seperti ke PPS, RT, RW dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Sejum-lah momen keramaian seperti pernikahan dan sebagainya, tak

disia-siakan untuk bersosial-isasi.Selain menghimbau untuk mendaftar DPS, Mujani juga menghimbau kepada warg-anya agar rutin melaksanakan Siskamling secara bergilir disaat mendekati Pilpres ini, dan al-hamdulillah Siskamling hingga sekarang telah terlaksana dan tetap berjalan, memang kita terus upayakan agar warganya sadar pentingnya kebersamaan, karena dengan siskamling be-rarti kita juga menjaga keaman-an desa kita.Pada kesempatan tersebut, Mujani juga meng-harapkan agar Komisi Pemili-han Umum Kabupaten Sambas untuk mengentri data yang telah diserahkan PPK dengan benar.

Sebab, katanya, khusus di Kecamatan Sajad, sudah tiga kali melakukan validasi data, tetapi tetap saja tidak berubah. “Malah data lama yang keluar terus,” ungkapnya.

Kasi Politik dan Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Linmas Jalil Muhammad, pada kesempatan yang sama, men-jelaskan bahwa mereka saat ini memang gencar mengimbau warga supaya aktif memastikan

diri agar benar-benar sudah ter-daftar untuk Pilpres Juli nanti. Hal itu, menurutnya, sesuai Intruksi Bupati Kabupaten Sam-bas Ir H Burhanuddin A Rasyid, yang menegaskan agar pemi-lih yang tidak terdaftar pada pemilu 9 April kemarin, agar mendaftarkan diri untuk masuk Daftar Pemilih sem*ntara DPS pada Pemilihan Presiden yang akan di gelar 9 Juli tahun ini. “Mengingat masih ada waktu, hendaknya digunakan sebai-knya untuk memastikan diri apakah sudah terdaftar atau belum. Jika belum, segera da-tangi petugas pemilu terdekat,” sujarnya. (*/r)

Pemilih Sajad untuk Pilpres Bertambah

Mursalin/Pontianak Post

PRODUK HALAL: Ketua MUI bersama tim gabungan Pemkab Sambas ketika mendatangi sejumlah toko, guna menelusuri kehalalalan suatu produk. Masalah makanan halal dan haram kini memang menjadi perhatian serius di daerah ini.

Pontianak Post - [PDF Document] (25)

BeBas FLU BaBiJaga Kebersihan dan PHBS

PLN Byar Pet

25Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009 Singkawang

Masalah air bersih masalah mendasar. Bagaimana investor

mau masuk, kalau air bersihnya tidak ada

Suswendi

PENGUSAHA es batu, Desa Karimunting Kecamatan Sui Raya Kabupaten Bengkayang, mengeluh soal byarpetnya listrik yang tiap hari dilakukan oleh PLN Cabang Singkawang. “Kami tentu terganggu dengan listrik yang sering mati. Kemarin saja puluhan kali listrik mati di kawasan Sui Raya dan Sui Raya Kepulauan,” kata Jiu Nyim Lie kepada Pontianak Post, kemarin.

Menurut dia, PLN harusnya bertanggung­jawab soal lampu mati ini. “Berapa kerugian yang kita derita, ketika listrik sering mati. Es tak bisa beku,” kata Jumli, biasa dia dipanggil. Bila kondisi ini terjadi terus menerus, kata Jumli yang juga mantan anggota DPRD Bengkayang ini, tentu dia berpikir untuk melaporkan masalah tersebut kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Kalbar.

“Ini sudah sering dan tentu sangat merugikan. Bukan hanya pengusaha masyarakat pun juga rugi,” kata Jumli. Terkait pemadaman, PLN sama sekali tidak memberi ampun terhadap pelanggan yang terlambat dalam pembayaran.

Seharusnya, kata Jumli, PLN bisa berpikir apa penyebab pelanggan itu belum membayar tagi­han rekening listriknya. “Salah satu penyebabnya adalah seringnya mati lampu. (zrf)

Pengusaha Mengeluh

HARI/PONTIANAKPOST

ANTUSIAS: Anak-anak antusias belajar di luar ruangan dalam sebuah pertemuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se kecamatan Pemangkat kemarin. PAUD direspon positif oleh orang tua dan ke-beradaannya terus bertambah.

SINGKAWANG-Status aset PDAM yang diserahkan oleh Pem­kab Sambas ke Kota Singkawang dinilai masih menggantung. De­wan juga belum mengetahui, apakah paska penyerahan aset itu sudah ditindaklanjuti dengan dike­luarkannya Peraturan Wali Kota Singkawang atau tidak.

Menurut cata­tan Ketua Komisi A DPRD Sing­kawang, Paryanto, dalam struktur or­ganisasi perangkat daerah (SOPD) tidak ada mendiri­kan BUMD. “Be­lum ada kejelasan soal status hukum PDAM,” kata Par­yanto, kepada Pon­tianak Post, kemarin.

Kata Paryanto, waktu penyera­han ada tiga katagori yang diserah­kan yakni aset dan karyawan yang berada di Kota Singkawang serta hutang yang ada. Singkawang, kata Paryanto, paling banyak me­nanggung hutang.

“Kita tak tahu, apakah paska pe­nyerahan itu, sudah ditindaklanjuti dengan peraturan wali kota atau belum. Sampai saat ini, kita belum diberitahu apakah wali kota sudah mengeluarkan peraturan menindak­lanjuti penyerahan aset ini. Sebab, didalam SOPD Singkawang tidak ada perusahaan daerah. Mungkin masuk dalam badan layanan umum

(BLU),” katanya lagi. Terkait dengan tarif yang diber­

lakukan, kata politisi Partai Kea­dilan Sejahtera ini, harusnya men­gacu pada Perda Kabupaten Sam­bas dengan dikeluarkan peraturan wali kota. “Bila tarif naik di Kabu­paten Sambas, terpaksa kita juga naik. Itu konsekwensi dari belum

adanya aturan dan status hu­kum yang jelas bagi PDAM itu sendir i ,” ka­tanya. Paryanto mengakui, sejak lama mengin­gatkan, agar pe­merintah segera menyampaikan rancangan pera­turan daerah ter­

kait PDAM ini. “Perda ini sangat vital. Perda

itu juga menjadi salah satu syarat untuk melakukan pemutihan hu­tang PDAM yang ditanggung oleh pemerintah kota,” katanya.

Anggota dewan lainnya, Sus­wendi mengakui, ketika penyera­han aset PDAM ini, ada perjanjian hibah dari pemkot sebesar Rp1 miliar kepada Pemkab Sambas.

Kata Suswendi, sampai saat ini, dewan sendiri tak mengetahui per­janjian hibah yang dikeluarkan.

“Pemkot Singkawang harus me­nyediakan dana sebesar satu miliar, sebagai bentuk dari kompensasi penyerahan aset ini. (zrf)

SINGKAWANG-Kesulitan air bersih yang dialami masyarakat Singkawang beberapa minggu terakhir ini memang tidak bisa dielakan. Pasca penyerahan PDAM dari Pemkab Sambas ke Pemkot Singkawang harapan yang besar digantungkan masyarakat agar PDAM dapat segera memberikan pelayanan yang terbaiknya bagi masyarakat Singkawang dalam penyediaan air bersih. Harapan masyarakat yang begitu besar tersebut tampaknya un tuk sem*n­tara ini masih belum direalisasikan. Keterbatasan debit air yang ada saat ini keinginan PDAM memberikan pelayanan yang terbaik seperti yang diharapkan masyarakat masih belum bisa dilaksanakan. “Kita harapkan masyarakat dapat me­mahami kondisi yang ada saat ini,” ujar Yohanes A Urip SSos Assisten

Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Singkawang.

Demikian relis yang diterima Pontianak Post dari Pemkot Sing­kawang, kemarin. Menurutnya, debit air yang ada sudah san­gat terbatas, sehingga kebutuhan masyarakat tidak mungkin dapat dipenuhi. Karena itu, kata Yohanes, untuk jangka pendek sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air ber­sih bagi masyarakat Singkawang, Rabu (13/5) Pemkot menggelar operasi air bersih. Operasi ini akan terus dilakukan sampai kondisi debit air PDAM normal kembali.

Operasi ini, jelas Yohanes, di­laksanakan dibeberapa titik yang terdapat jaringan PDAM namun karena debit air sudah tidak me­mungkin lagi dialirkan maka dilaksanakan operasi air bersih di lokasi tersebut. Lokasi yang

telah dilaksanakan operasi air bersih ujar Yohanes adalah, Jalan Pramuka ujung, Sei Garam ujung, Sekip Lama (Jalan RA Kartini), Gang Nyiur, Gang Tani, Jalan Alianyang simpang Tsafiuddin ke Kodim. Daerah lainnya tambah Yohanes, adalah Jalan Firdaus, Gunung Poteng, Dr. Sutomo, Gu­nung Senujuh, Gunung Kerinci, Diponegoro, Simpang Firdaus ke arah Mahkota, Kridasana, Gunung Niut, Kuala I dan II Perumnas Ujung serta Kelurahan Tengah. Air yang dibagikan dalam operasi tersebut, tegas Yohanes, dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Kita juga harapkan toleransi dari masyarakat yang menerima operasi air bersih untuk mempergunakan air sesuai kebutuhan dan sehemat mungkin agar masyarakat yang lain juga dapat menikmatinya. (zrf)

Status PDAM Dinilai Masih Menggantung

Pemkot Gelar Operasi Air Bersih

INFLUENZA pada babi merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang sangat menular, disebabkan oleh virus influenza tipe A serotype H1N1 yang termasuk orthomyxovirus. Sebe­narnya berkembang di negara yang mempunyai empat macam musim. Babi merupakan induk semang utama virus tersebut. Namun demikian virus tersebut dapat juga menular pada manusia ataupun sebaliknya.

“Diimbau pada peternak babi untuk menjaga kebersihan kandang kalau ada semprot dengan desinfektan, tanyakan pada dinas peternakan dan kehewanan ada atau tidak disediakan desinfektan­nya. Maka itu kami setuju untuk dibangun rumah potong yang baik dan benar,” kata Emir Elmaswan Staf P2PL Dinas Kesehatan Kota Singkawang.

“Saya imbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan Perlakuan Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS),” ujar Emir menam­bahkan. (zrf)

Pontianak Post - [PDF Document] (26)

KETAPANG26 Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Lahan Masyarakat Bakal Makin Sempit

99 Pemuda Ketapang Ikut Calon Siswa BintaraALE - ALEHarapan pada Pemimpin

POTRETHunting Keliling

SANDAI– Perkebunan kelapa sawit saat sekarang memang sedang pesat. Salah satu lokasi yang dilirik diantaranya Sandai dan Nanga Tayap. Dari catatan Zahidin M.Amin ada tujuh perusahaan yang sudah masuk berin-vestasi di kecamatan tersebut. Karena itu, dia melihat 10 tahun ke depan, masyarakat akan kesulitan untuk lahan, baik berco-co*k tanam, pemuki-man, daerah resapan air dan lain-lain.

“ S e b a t a s k e -mampuan saya sebagai bagian masyarakat biasa, bagi warga masyarakat setempat yang la-han tanam tummbuhnya yang produktif jangan mudah terlena dengan iming-iming rupiah se-mentara tanaman karet yang su-dah produksi dikorbankan hanya rupiah,” kata Zahidin M.Amin, pemuka masyarakat Sandai itu.

Jika mudah terlena dengan rupiah, maka Zahidin khawatir generasi berikutnya bakal me-nanggung akibatnya. Ia berharap para anggota DPRD Ketapang dapat melihat itu sebagai sebuah kondisi yang perlu disikapi. Pasalnya, sebagian besar la-han sudah dikuasai perusahaan.

Sisi lain, pertumbuhan pen-duduk makin meningkat, maka persoalan baru tak dapat dihin-

Mapiagu DP, mereka menjelas-kan Keputusan Kapolri tentang pendidikan dan latihan Polri TA 2009. Dijelaskan bahwa pada 14 Juli 2009 akan dibuka pen-didikan Brigadir polisi TA 2009.

Jumlah peserta pendidikan yang di-terima adalah 5.000 terdiri (4.550 pria polisi tugas umum) yang diperuntuk-kan 1.411 Brigadir Polmas, 250 Briga-dir Polisi Reskrim, 626 Brigadir PTU Perbatasan, 410 Brigadir Polisi Bri-mob, 400 Brigadir Pol Polair). Selain itu 450 polisi wanita, yang ditempat-kan 410 PTU , dan 40 brigadir polisi.

Mereka tersebut akan menda-patkan pendidikan di SPN Lido, SPN Cisarua, SPN Mandalawangi, SPN Purwokerto, Mojokerto, Se-polwan, Pusdik Gasum, Pusdik Brimob, dan Pusdik Pol Air. Lama

pendidikan 5 bulan, terdiri dari satu bulan Dasbhara dan 4 bulan Dik Fungsi teknis kepolisian.

Pengarahan yang disampaikan di Aula Mapolres Ketapang terse-but, dalam upaya mewujudkan Brigadir polisi yang bersih, transparans, dan akuntabel dan humanis. Karena itulah, meka-nisme pelaksanaan ujian dilak-sanakan, tempat pendaftaran dipasang spanduk dengan tulisan masuk polri tidak dipungut biaya, terbuka, calon bintara datang sendiri, calon yang tidak me-menuhi syarat administrasi tidak diberikan teloransi. Orangtua calon dikirim atau dikumpulkan untuk diberi penjeladan agar tidak memberikan uang pada siapa pun termasuk panitia. (ndi)

ANDI CANDRA/PONTIANAK POST

IDENTIFIKASI : Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dibutuhkan pula saat pe-nerimaan Bintara Polisi.

Suryo Wibowo

KETAPANG–Setelah melengkapi syarat administrasi calon Bintara yang dilaksanakan di Mapolres Ketapang, akhirnya ada sebanyak 99 peserta yang akan ikut test di Pontianak. Di-antaranya ada sebanyak enam orang calon Polwan. Sebelum berangkat, kemarin (14/5) calon siswa Bintara bersama para orangtua mendapatkan pengarahan di Mapolres Ketapang.

Pengarahan disampaikan Waka-polres Kompol Denny Y.Putro S.Ik, bersama Kabag Min Polres, AKP Mapiagu DP mewakili Kapolres Ketapang. Wakapolres mengingat-kan agar calon siswa bintara menjaga kesehatan. “Jangan sampai per-syaratan tertinggal, walaupun KTP, syarat administrasi yang diperlukan sangat penting sekali,” katanya.

Bersama dengan Kabag Min AKP

Pertahankan Kebun Karet Produktif

dari. Begitu juga, sumber air sebagai sebagai nadi kehidupan perlu diperhatikan dengan serius.

Banyaknya perusahaan kebun dan tambang yang masuk, ia berharap masyarakat berpikir dengan imbang kebutuhan hari ini dan yang akan datang. Bu-kan dirinya tak menyenangi

p e m b a n g u n a n . Namun Zahidin berharap, jangan sampai dalih ter-batasnya infrastruk-tur membuat gene-ras i mendatang menjadi korban.

D a l i h t e r b a -tas infrastruktur menjadikan kebun produktif ditebang dan dijual. Karena

itu, Zahidin berharap proses pembangunan infrastruktur ten-tunya dilakukan dengan proses yang imbang. Artinya investa-si tetap berjalan, masyarakat juga melihat proses yang sudah berkembang, misalnya kejadian di Tumbang Titi dan sekitarnya.

Keseimbangan alam, perke-bunan, pertambangan dan pembangunan infrastruktur tentu muaranya untuk masa yang akan datang. Zahidin tak menginginkan masyarakat ber-pikir konsumtif, terlena de-ngan barang-barang, tapi ke-mudian hari justru menangis.

“Jadi kita belajar dari hik-mah beberapa bulan petani tak dibayar, dengan begitu kare t yang ada k i ta per-tahankan,” katanya. (ndi)

IBARAT sebuah lagu berjudul jatuh bangun, nasib serupa juga dialami anggota KPU Ketapang. Pasalnya, jika dalam monitoring logistik Pemilu 2009, Muhamad Said dan anggota Sekretariat yang terguling di perjalanan ke pedalaman. Maka pada monitoring DPS Pilpres, giliran F.Alkap Pasti, anggota KPU Ketapang yang jatuh bangun.

Dalam perjalanan menuju Nanga Tayap, Selasa lalu, F.Alkap Pasti terjatuh di Kecurap, sekitar Matan Hilir Utara-Nanga Tayap. Sepeda motor yang dikendarainya terguling. (ndi)

RAGAMGiliran Jatuh

PEMILU Presiden dan Wakil Presiden RI yang dilaksanakan 8 Juni 2009, saat ini sudah mulai menjadi pembahasan masyarakat. Tak hanya, warga di perkotaan, tapi sampai juga ke pelo-sok pedalaman, seperti Sandai dan sekitarnya.

“Siapapun RI satu adalah kemenangan rakyat, RI satu ke depan harus komit untuk melestarikan lingkungan hidup,” kata YP Laway, anggota Konsorsium Anti Ilegal Logging (KAIL) Kalbar.

Komitmen untuk melestarikan lingkungan hidup jangan sampai terlupakan. Sebab, saat sekarang an-caman global warming (pemanasan global) kini su-dah cukup serius. Kutub Es mencair, iklim tak bisa ditebak, bahkan penyakit aneh pun bermunculan. YP laway mengi-ngatkan bahaya pemanasan global justru lebih mengkhawatirkan dari ancaman perang senjata. Dampaknya dirasakan perlahan, namun pasti mengubah keseimbangan alam seluruh dunia.Sebagai bagian dari masyarakat biasa, maka tokoh adat Sandai ini berharap pemimpin, baik di tingkat pusat maupun daerah, hen-daknya siap melayani masyarakat. (ndi)

KETAPANG – Wacana pendi-rian museum di Ketapang sudah lama tak terdengar. Tapi, kini kembali tergaung dalam tujuan untuk pelestarian kebudayaan dan barang sejarah. Menurut Jamiat A.Latif, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah-raga Kabupaten Ketapang, mu-seum mempunyai manfaat menca-kup penyimpanan, perawatan,

pengamanan dan pemanfaatan benda cagar budaya bergerak.

Ia mendukung wacana per-lunya sebuah museum di diri-kan di Kabupaten Ketapang.

“Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 23 disebutkan bahwa pemerintah memajukan kebu-dayaan Indonesia, jadi beran-jak dari dasar amanat inilah diambil salah satu langkah bi-jak yaitu adanya sebuah mu-

seum,” kata Jamiat, kemarin.Ia menyebutkan Kabupaten

Ketapang sebenarnya kaya akan barang bersejarah. Apal-agi, wacana perlunya museum yang representatif sudah lama disuarakan. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dewasa ini, maka tuntutan bahwa manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan

dan budaya itulah yang disimpan di museum, supaya tak hilang begitu saja. Ia menyebutkan mu-seum bisa menjadi tempat tujuan liburan edukatif yang menarik. Apalagi, jika dikelola dengan baik dan secara optimal maka sudah barang tentu akan mengundang pesona para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Karena museum adalah merupakan etalase ilmu pengetahuan sekaligus obyek wisata pendidikan dan budaya.

Dia menyebutkan museum di-artikan sebagai lembaga tempat penyimpanan, perawatan, penga-manan dan pemanfaatan benda-

benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingku-ngannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian ke-kayaan bangsa. Hal itu diamanat-kan dalam Undang-Undang Re-publik Indonesia Nomor 5 tahun 1992 tentang benda cagar budaya.

Warisan budaya bangsa, kata dia, dapat benar-benar menja-di sumber pengembangan kebu-dayaan nasioanal, maka peme rintah berkewajiban untuk me-nyediakan sarana pelaksanaannya, yaitu salah satunya yang disebut museum dan jika merupakan satu sistem disebut permuseuman. (ndi)

Ketapang Butuh Museum Representatif

kendaraan seperti kaca spion dan helm standar.Menurut Kapolres Ketapang, AKBP Karyoto

S.Ik, melalui KBO Lantas, IPDA Suryo Wibowo, razia akan dilakukan secara rutin. Selain razia, Satlantas Ketapang juga melakukan “hunting Keliling”. Tujuannya supaya masyarakat yang terkena razia dapat mensosialisasikan pengala-man mereka ketika ditegur dalam perjalanan dan razia. “Harapan kita supaya pengendara me-naiki kendaraan sudah lengkap,” katanya. (ndi)

PENEGAKAN disiplin lalu lintas kem-bali dilakukan Satlantas Polres Ketapang,

Kamis (14/5) di Jalan Letjend R.Soeprapto. Kendaraan yang tak lengkap ter jar ing petugas, diperkirakan lebih dari 100 buah. Lagi-lagi kesalahan yang ditemukan aki-bat tak lengkap doku-men kendaraan seperti STNK dan SIM. Se-lain itu kelengkapan

sejarah kebudayaan. Di Kabupaten Keta-

pang pernah ada leg-endayang cukup leng-kap. Objek sejarah

Melayani : pas foto, foto keluarga, fotoglamour, foto pengantin, foto anak-anak, dll.Melayani :

ditunggu

kamera digital

TEKNIK FOTOJl. Suprapto No. 86, Telp. 0534-3037153

Zahidin M.Amin

Pontianak Post - [PDF Document] (27)

ANEKA PONTIANAK 27Pontianak Post Jumat 15 Mei 2009

Sambungan dari halaman 28

Kemudian untuk jenis ker-tas kardus sekarang harganya Rp1.000, sekarang menjadi Rp400. “Penurunan harga mulai terjadi pada bulan Desember 2008, pernah harga untuk jenis kardus naik menjadi Rp700, namun tidak bertahan lama dan kemudian turun lagi menjadi Rp400,” ulasnya.

Kendala yang sering dihada-pi, lanjutnya, adalah masalah modal serta lokasi guna me-nampung kertas-kertas bekas yang datang. Soalnya tempat yang sekarang sudah tidak muat lagi. “Rencana mau beli tanah di belakang tempat ini, namun sampai sekarang belum tereal-isasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ba-gaimana menjaga kertas be-

kas tersebut agar kualitasnya tidak turun. Terpenting adalah masalah kelembaban dari ruan-gan penyimpanan kertas. Kalau sedang musim hujan kualitas kertas juga akan turun.

“Kalau lagi musim hujan biasanya kertas akan menjadi lembab, kalau lembab biasanya saat sampai di Jakarta akan kena potong harga, dianggapnya kualitas kertas tidak bagus,” papar warga yang tinggal di Siantan ini.

Dalam mendapatkan kertas bekas sebanyak-banyaknya, lanjutnya, melakukan promosi lewat penyebaran kartu nama ke kantor atau ke rumah warga. Dengan begitu jika ada warga mau jual kertas tinggal telpon.

“Kalau hari-harinya saya putar untuk ambil kertas satu kali saja, namun pada hari

Sabtu, bisanya sampai tujuh kali, itu lantaran kantor-kantor kertas-kertas yang sudah tidak terpakai terkumpul, biasanya kami mengambil kertas pada sore hari,” jelasnya.

Dalam sehari, lanjutnya, biasa terkumpul rata-rata 500 kilogram. Kemudian dalam sebulan kertas-kertas yang terkumpul dikirim ke Jakarta sekali. Jumlah kertas yang dikirim satu kontainer, yang beratnya mencapai 11 ton.

“Kalau memang lagi sepi biasanya hanya berkisar 50 kilo saja, kemudian juga banyak juga kertas-kertas tersebut dari sekolah atau kampus-kampus yang ada di Pontianak, kami juga menerima penjualan kertas yang langsung diantar ke tempat saya,” kata bapak satu anak tersebut.(*)

Sambungan dari halaman 21

alat-alat pencegahan dini keba-karan. “Nanti akan ada aturan-nya, untuk luasan sekian-sekian harus disiapkan alat pemadam,” jelasnya. Bahkan, perda juga akan memuat ketentuan men-genai sanksi bagi pelanggar. “Tetapi untuk tahap awal kita akan sosialisasi dulu ke pihak-pihak terkait,” kata Hizas.

Pencegahan dini menurutnya sangat penting demi mencegah kerugian yang lebih besar aki-bat kebakaran. Perda Proteksi Kebakaran merupakan tindak-lanjut dari Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (UUBG) dan

Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2005 tentang peraturan pelaksananya.

Dalam kedua aturan itu, persyaratan proteksi terhadap kebakaran dipandang sebagai hal yang mutlak pada setiap bangunan gedung.

Kemampuan bangunan ge-dung dalam mencegah dan me-nanggulangi bahaya kebakaran dilakukan melalui sistem pro-teksi pasif dan proteksi aktif.

Sistem proteksi pasif dian-taranya meliputi kemampuan stabilitas struktur dan elemen-nya, konstruksi tahan api serta kompartemensi dan pemisa-han pada bukaan untuk mena-han dan membatasi kecepatan

menjalarnya api. sem*ntara proteksi aktif diantaranya yaitu kemampuan peralatan deteksi dan memadamkan kebakaran, pengendalian asap, dan sarana penyelamatan kebakaran.

Saat dimintai tanggapannya mengenai rencana penyusunan raperda ini, Anggota Panitia Legislasi DPRD Kota Pon-tianak, M Arif, menyambut dengan positif.

“Panleg siap membahas lebih lanjut jika perda itu jadi diajukan eksekutif,” katanya. Menurut Arif, Perda Proteksi Kebakaran sangat urgen meng-ingat Kota Pontianak saat ini semakin padat dan bangu-nan gedung semakin banyak.

Dia berharap setiap gedung memiliki alat untuk proteksi kebakaran yang dapat digu-nakan guna penanggulangan awal terhadap kebakaran sebe-lum mobil pemadam datang. Selain perda, Arif juga menilai perlu adanya mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Pon-tianak Timur dan Pontianak Utara.

Hal ini agar penanggulangan musibah kebakaran bisa dilaku-kan dengan segera.

Sebab, selama ini upaya penyelamatan dan pemadaman kebakaran di dua kecamatan tersebut seringkali terkendala pada kemacetan lalu lintas di jembatan tol.(rnl)

Sambungan dari halaman 21

paling saya lari. Saya juga suka sering diusir dan dimarahi orang,” kata Dodi.

Mamang, pengemis paling kecil berumur delapan tahun yang duduk di kelas dua sekolah dasar. Gurunya sempat mengan-cam kalau ketemu mengemis dia akan digantung.Motivasi awal mengemis bagi Edo, siswa

kelas tiga sekolah dasar ini, “Supaya saya bisa membantu orang tua.

” Ian (11) yang putus sekolah dari kelas tiga SD mengungkap-kan alasan lain, “Saya ngemis uangnya saya tabung supaya bisa beli baju.” Ada juga yang mengatakan untuk bermain PS di dekat rumah.

Mereka mulai mengemis dari jam sepuluh pagi sampai jam

lima sore. Sedangkan Edo yang masih bersekolah di kelas tiga SD menyusul setelah sekolah. Mereka sama-sama pergi ke pasar Sudirman dengan meng-gunakan kapal feri.

Uang yang diperoleh tergan-tung kerajinan mereka meminta uang dan kebaikan orang. “Tapi rata-rata dua puluh ribu sehari,” jelas Edo yang bercita-cita menjadi polisi.

Mereka mengatakan orang tua mereka sudah tahu kalau tiap hari mereka mengemis di daerah pertokoan ini. “ Enaknya sih kalau terus sekolah, tapi mahal jadi saya ngemis aja,” ungkap Ian.

Setiap anak pastilah berhak mendapat pendidikan dan per-lindungan. Tapi banyak anak yang harus berjuang memenuhi kebutuhan hidup. (*)

Sambungan dari halaman 21

Untuk membangun WTP tersebut diperlukan dana sekitar Rp22 miliar. Pada 2010, WTP ini harus ada. Perusahaan memi-liki beberapa skenario untuk pembangunannya.

Yakni menggunakan dana PDAM sendiri. Jika tidak mam-pu, bisa menggunakan dana pemkot, meminjam, ataupun melalui sistem kemitraan.

”Jika ada WTP tersebut, baru air bisa dialirkan maksimal,” ujar Agus.

Proyek pemasangan pipa tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan

kepada para pelanggan. Perusa-haan juga meningkatkan bidang lainnya yakni peningkatan pelayanan kualitas air layak minum.

Upaya ini melalui kajian dengan tim yang dibentuk pe-rusahaan, dan bisa dilaksanakan tahun ini. Tahap awal dimulai dari 500 pelanggan terlebih dulu. Terkait molornya waktu penyelesaian proyek oleh pelak-sana, menurut Agus, pihaknya sudah bertemu dengan pelak-sana proyek.

Perusahaan memiliki empat alternatif dalam penyelesai-kan proyek pipa PDAM ini. Alternatif pertama, dilakukan

penyelesaian pekerjaan mela-lui kesepakatan ketiga pihak. Artinya, akan ada pihak ketiga yang ikut mengerjakan proyek tersebut.

Kedua, PDAM bisa melaku-kan pengenaan denda atas keterlambatan pengerjaan dan proyek tetap dikerjakan oleh kontraktor. Ketiga, penghentian dan pemutusan kontrak. Alter-natif terakhir, perpanjangan waktu pelaksanaan.

Setelah dirundingkan, PDAM mengambil sikap per-panjangan pinalti terhadap proyek tersebut. Waktu pelaksa-naan dipanjang,dengan denda 1/mil x nilai kontrak per hari atau

sekitar Rp28 juta per hari yang dibebankan terhadap pelaksana. ”Kami sudah bertemu dengan pelaksana.

Mereka setuju,” kata Agus.Proyek pemasangan pipa trans-misi air bersih instalasi Jalan Imam Bonjol-Boster Rambutan sepanjang 6.386 meter untuk mensuplai kebutuhan wilayah pelayanan zone Pontianak Barat dan Pontianak Selatan.

Sedangkan pemasangan jalur pipa transmisi Jalan KHW Hasyim-Booster Suwignyo sepanjang 1.860 meter untuk mensuplai kebutuhan wilayah pelayanan zone Pontianak Sela-tan dan Pontianak Kota. (uni)

Sambungan dari halaman 21

merupakan penggunak ekstasi. Setelah menjambret keduanya langsung menuju diskotik. “Dari pengakuan mereka setelah dapat hasil jambretan langsung ke MGM,” tutur Sunario.Kejahatan jenis ini, Sunario melanjutkan, merupakan kejahatan spesial-isasi. Karena pelaku jambret

yang ditangkap adalah pemain lama. Mereka rata-rata residivis, setelah keluar penjara cend-erung mengulangi kejahatan yang sama. “Jarang jambret dilakukan penjahat kambu-han. Mereka adalah memiliki spesialisasi,” katanya.Hubun-gan antara pengguna narkoba dengan jambret, jelas Sunario, dapat dikatana erat. Ketika tidak

mampu melepaskan diri dari ketergantungan narkoba, sedan-gkan ekonomi tidak memadai, seseorang akan mengambil jalan pintas dengan menjambret.

Akhir-akhir ini laporan ke Poltabes Pontianak dan jajaran-nya mengenai kejahatan jambret memang menurun dibandingkan sebulan lalu. Bulan lalu setiap hari rata-rata ada tiga laporan.

“Yang meningkat sekaran justru pencurian rumah jenis selonong boy. Setiap hari sekitar dua laporan di polsek dan poltabes,” ujar Sunario.

Beberapa pencuri rumah yang telah ditangkap, tambah-nya, sebagian juga pengguna narkoba. Namun persentasenya lebih kecil dibandingkan pelaku jambret.(hen)

Sambungan dari halaman 21

herbal memang didorong oleh pemerintah. Berbagai jenis herbal bisa digunakan untuk

obat-obatan misalnya sambiloto, temu lawak, kencur dan pegagan. Tak hanya untuk ternak tetapi juga untuk manusia.Bahkan beberapa obat pabrik produk

negara luar pun bahan bakunya didatangkan dari Indonesia yang kemudian diekstrak. Tahun lalu, sambung Umi, Presiden SBY pernah mencanangkan agar

temu lawak dijadikan sebagai icon bagi Indonesia. “Kalau Korea punya gingseng sebagai icon-nya, kita punya temula-wak,” ujarnya.(rnl)

Sambungan dari halaman 21

Dikatakan Mu, permainan judi jenis liongfu di rumahnya sudah diketahui ketua RT setem-pat. Ketua RT pernah melarang

aktivitas tersebut, tapi oleh seorang teman Mu diyakini tidak akan terjadi apa-apa jika berjudi di rumahnya.

Kasat Reskrim melanjutkan, penangkapan tersebut ber-

dasarkan laporan masyarakat. Diperkirakannya, aktivitas judi sudah lama berlangsung dan meresahkan masyarakat sekitar. 17 pelaku selanjutnya akan diproses sesuai ketentuan,

mereka dijerat dengan pasal 303 KUHP. “Kita lihat peran mer-eka. Kemungkinan pasal yang dikenakan akan berbeda. Yang pasti bandar akan dikenakan 303 KUHP,” ujar Sunario.(hen)

Sambungan dari halaman 28

"Diperlukan komitmen pe-merintah terhadap pertanian. Memang diakui anggaran pe-merintah masih minim.

Namun pemerintah daerah harus berkomitmen memajukan pertanian,” ujar Radian.

Ia juga menyebutkan, agroin-dustri belum tersedia. Saat ini, tambah dia, sekitar 30 persen padi tidak bisa jadi beras. Ideal-nya hanya lima persen saja yang gagal. “Harus ada pembenahan mulai dari panen, perontokan, penjemuran, hingga peng-

gilingan,” katanya. Hal yang penting juga dalam menin-gkatkan produksi pertanian, kata Radian, sistem pemasaran haruslah dibangun dengan baik. Kemudian keterlibatan lembaga perbankan dan koperasi.

“Ini penting agar petani lebih bergairah dan sejahtera. Selama ini hanya mengejar produksi saja tapi mengabai-kan kesejahteraan petani,” kata Radian. Anggota DPRD Kalbar Uray Darmansyah me-nilai produksi dipengaruhi oleh berkurangnya areal pertanian yang bisa diusahakan petani.

“Pertumbuhan penduduk yang pesat dan pemukiman yang pada membuat sebagian lahan pertanian beralihfungsi,” kata Uray di Pontianak, beberapa waktu lalu.

Ia berharap ada komitmen yang kuat pemerintah untuk meningkatkan produksi padi lokal. Selama ini varietas lokal hanya bisa dipanen selama satu tahun sekali. sem*ntara varietas unggul bisa tiga kali. “Mestinya adakan perkawinan silang sehingga varietas lokal bisa panen sama dengan ung-gul,” katanya. (mnk)

Sambungan dari halaman 28

UMKM dalam jumlah besar.“Pasar daerah lain masih sangat terbatas pembelinya. Harapan kita, pasarnya men-jangkau pelaku usaha yang memesan dalam partai besar.

Tidak hanya pembeli indi-vidu saja yang membeli terbatas pada pelaksanaan pameran,” ka-tanya. Sedangkan permodalan untuk Koperasi dan UMKM, kata dia, memang cukup ban-

yak lembaga keuangan yang membantu. Namun dalam keg-iatannya, koperasi dan UMKM diharapan mampu mengelola pinjaman permodalan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mengembangkan kegiatannya.

Dia berharap ke depan pengembangan kegiatan kop-erasi dan UMKM bisa meng-hasilkan produk yang diolah secara kreatif. “Produksi Ko-perasi dan UMKM dengan bahan baku yang tersedia di

daerah masing-masing dikemas dan diproduksi yang dapat meningkatkan harga jual dan keuntungan,” ujarnya.

sem*ntara Kepala Balai Pelatihan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Hamdan Harun mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat men-jadikan koperasi yang kreatif, produktif dan mandiri, dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM bagi pengurus koperasi di Kalbar. (zan)

Sambungan dari halaman 28

anjut Shaban, mencerminkan negara telah mengabaikan hak atas kemerdekaan berserikat, berkumpul dan meyampaikan pendapat di muka umum.

“Dalam hal ini negara juga mengabaikan hak masyarakat pesisir dengan melakukan deportasi kepada nelayan dan aktivis lingkungan yang se-dang menyuarakan hak dasar nelayan,” ungkapnya.

Menurut Walhi, kata Shaban, WOC melakukan pelanggaran hak ekonomi, sosial dan budaya. Ini dapat dilihat dari kebijakan pemerintah dengan melarang nelayan melaut sepanjang pelaksanaan WOC. Dengan demikian, jargon WOC sebagai forum dunia untuk kepentingan

rakyat jauh dari kenyataan. “WOC justru jauh dari potret

kritis kelautan dan krisis yang dirasakan nelayan. WOC lebih menampakan diri sebagai ben-tuk penguasaan sumber-sumber ekonomi nelayan,” katanya.

Bagi gerakan sipil, Shaban melanjutkan, khususnya gera-kan lingkungan dan nelayan Indonesia, WOC hanya men-jadi alat untuk meligitimasi liberalisasi sumber daya laut. Coral Triangle Initiative (CTI) merupakan kelanjutan WOC yang akan dilaksanakan 15 Mei, dinilai sebagai inisiatif meng-hilangkan kedaulatan negara kepulauan seperti Indonesia. “WOC-CTI mengarah kepada pasar bebas konservasi yang sebenarnya sangat mengun-tungkan negara maju,” ujar

Shaban.Ditegaskan Shaban, WOC-CTI tidak akan mem-bantu menjawab krisi kelautan, apalagi menuntutnya berperan dalam perubahan iklim.

Sebaliknya peran laut bagi 147 juta warga pesisir sebagai sumber kehidupan semakin terancam. “Arti dan fungsi laut disempitkan hanya sebagai pe-nyerap karbon, yang kebenaran-nya pun masih diperdebatkan,” ketusnya.

Walhi Kalbar juga meminta pembebesan Berry NF dan Erwin Usman di Manadi serta empat aktivis lingkungan di Palangkaraya.

“Kami meminta Kapolri memberikan sanksi tegas terh-adap tindakan polisi di Manadi dan Palangkaraya,” ujar Sha-ban. (hen)

Sambungan dari halaman 28

mengatakan ada tiga opsi yang mereka tawarkan. ”Yang pertama di kawasan Asrama Landak. Kedua di bekas ban-gunan Kebun Binatang dan yang terakhir di Terminal C Sui. Raya yang belum ditempati,” ungkapnya.

Menurut dia, opsi di As-rama Landak harus dilakukan ruilslag. Tentunya dengan pe-mekaran, tempat tersebut bisa dialihfungsikan. Apalagi, be-rada dalam kawasan kabupaten termuda. ”Tinggal bagaimana kesepakatan saja dengan Pem-kab Landak,” ucapnya.

Asrama mahasiswa Kabupat-en Landak dianggap pedagang sangat strategis. Di samping letaknya di beranda depan, juga berdekatan dengan ter-minal. Istilahnya di tempat ini merupakan pintu masuk yang bisa dilalui dari mana saja. ”Itu strategisnya,” kata dia.

Namun demikian, seandainya tidak disetujui, masukan terbaru ialah berada di Kebun Binatang.

Tempat ini juga sangat bagus lantaran terletak di bibir jalan adisucipto dan dekat perbatasan Kota Pontianak. “Untuk opsi kedua ini, kita juga siap men-carikan investornya. Kalau pemerintah tidak mampu ban-gun, biar kami yang wujudkan. Kita punya pemodal dan hanya tinggal bayar pajak saja ke pemerintah,” ucapnya.

Lalu opsi ketiga? Di kawasan terminal Soedarso yang belum ditempati juga dapat menjadi al-ternatifnya. Hanya saja, tempat ini sebagai penganti sem*ntara lapak-lapak pedagang yang belum ada jalan keluarnya. ”Ini kami tempati setelah pasar tumpah serdam kami tidak bertenda dan berbentuk lagi,” kata dia.

Ketiga opsi tempat ini dita-warkan f*ckMI dan pedagang demi memuluskan periuk mer-eka. Namun kalau salah satunya juta tidak dikabulkan, mereka akan tetap berjualan seperti biasa. ”Kita akan tetap ber-jualan. Silakan gusur pedagang. Kita akan berjuang sampai titik

darah penghabisan kalau perlu,” katanya.Menurut dia, solusi pemda memang belum ada. Sambil menunggu Bupati Kubu Raya datang dari kunjungan luar daerah, pihaknya tetap akan menunggu. “Kita akan tetap menanti jawaban pasti, terutama dari Bupati Kubu Raya. Solusi bagi kami harus ada,” pintanya. “Kalau tidak jangan salahkan pedagang tetap berjualan kem-bali,” timpal dia.

Mengenai pedagang yang pasca penggusuran masih tetap berjualan, Effendi memaklu-minya. ”Mana bisa perut mereka ditahan-tahan. Apalagi kalau menyangkut kehidupan anak istrinya,” ujarnya.

M. Sodiq, Sekretaris Komisi D DPRD Kubu Raya menga-takan aspirasi pedagang akan mereka tampung. ”Kita akan koordinasikan dengan pimpi-nan DPRD. Sebagai wakil rakyat, kami juga turut prihatin kepada pedagang. Apalagi, mereka yang tergusur tanpa ada kejelasan jalan keluar,” ucap dia singkat.(den)

Setiap Hari Berkeliling Mencari Calon Penjual Kertas

Susun Perda Proteksi Kebakaran

Saya Mulai Mengemis Sejak Belum Sekolah

Proyek PDAM Bermanfaat Jangka Panjang

Mayoritas Jambret Pengguna Narkoba

Ikon Temulawak

Delapan Wanita Judi Liongfu Ditangkap

Perlu Regulasi Untungkan Petani

Pasar Terbatas, Hambat UMKM

Kecam Penangkapan Aktivis Lingkungan

Usulkan Tiga Lokasi Baru

Telah terjadi kesalahan pada teks foto halaman 21 terbitan 14 Mei 2009. Tertulis “UJIAN: Seorang siswa Sekolah Luar Biasa Tunas Bangsa mengerjakan soal ujiannya ” Seharusnya “UJIAN: Seorang siswa Sekolah Luar Biasa Dharma Asih mengerjakan soal ujiannya ” Demikian kesala-han diperbaiki. Terima kasih.

RALAT :

PONTIANAK - Anggota Komisi C DPRD Kalimantan Barat Harry Tri Yoga men-gatakan tertib administrasi merupakan kunci good gov-ernment. Menurutnya, selisih jumlah nominal aset dalam neraca dengan data inventarisasi barang daerah tahun 2008 pada biro pengelolaan aset tidak akan terjadi jika prinsip administras-inya baik.

“Sistem manajemen yang diterapkan pemerintah dengan berbagai aturan cukup baik.

Hanya saja pada tahap pelaksa-naan, aparatur pelaksana kurang memperhatikan,” ungkapnya kemarin di Pontianak.

Ia menyebutkan persoalan pengolahan data, penyusunan neraca dan penyusunan inven-tarisasi barang daerah memang berbeda karena peraturan yang mendasarinya juga berlainan. Penyusunan inventaris barang daerah mengacu Permendagri Nomor 17 tahun 2007 dan pe-nyusunan neraca mengacu pada PP Nomor 24 tahun 2005.

“Aturan ini hanya sebagai pedoman pelaksana peny-usunan. Tetapi barang yang diinventarisasi pasti sama, sehingga kemungkinan kecil perbedaan besar pada neraca,” ungkap Yoga.

Menurutnya, jika nilai aset pasti akan terjadi perubahan setiap tahun. Dikatakannya, seperti nilai tanah akan men-galmi kenaikan.

“Berbeda dengan aset ken-daraan dan bangunan. Nilai kedua objek itu akan menurun.

Sehingga akan terjadi pengha-pusan barang bila sudah tidak memiliki nilai,” ujarnya.

Yoga mengatakan bila pemer-intah tidak bisa tertib adminis-trasi sangat wajar hasil audit BPK RI selalu menyatakan pembukuan Pemprov Kalbar buruk. “Bahkan akan terbangun opini yang kurang baik terhadap pemerintah. Sebab BPK RI, akan memberikan opini dis-claimer yang artinya pekerjaan tidak dapat diberi penilaian,” katanya.(riq)

PONTIANAK - Kasus peng-gelapan kendaraan bermotor disidangkan kemarin (14/5). Ter-dakwa Pt alias Ip (35) ternyata masih ada hubungan keluarga. Dalam persidangan, Ip warga Jl. Khatulistiwa, Pontianak Utara hanya ditemani istrinya. Yang sebelumnya telah hadir di pengadilan sejak pukul 10.00. Dihadiri beberapa orang kelu-arga dari pihak korban, majelis hakim menghadirkan dua orang saksi kunci. Di antaranya Beni Suryadi (18) saksi korban dan Imanuel (17).

Minggu (15/2) pukul 06.30, Ip datang ke rumah Beni. ”Mana yang punya sepeda motor, tanya pelaku. Beni langsung menuju kamar untuk menyampaikan-

nya. Tak lama berselang sepeda motor sudah diturunkan dari rumah dan dibawanya tanpa izin dari pemilik.”Pagi itu, saya masih tertidur. Tak tahu ada Ip datang kerumah, setelah diban-gunkan, saya langsung menuju ke depan untuk menemui pelaku. Ternyata sepeda motor sudah dibawa pergi,” ujar Beni dalam persidangan kemarin.

Lima hari ditunggu belum juga dikembalikan Ip. Hingga Iman melihat motor tersebut di-pakai oleh Al, warga Jl. Dharma Putra, Pontianak Utara, diguna-kan untuk mengangkut rumput. Yang kemudian melaporkan hal tersebut kepada Beni.

Mendapat informasi itu Beni langsung menuju kerumah Al,

bermaksud untuk mengambil motornya. Al tidak mau mem-berikan motor itu dengan ala-san Ip telah menggadaikannya seharga Rp3,3 juta. ”Kalau mau ambil, kamu harus ganti dulu uangnya,” lanjut pria pengang-kut rumput itu. Tidak membuang waktu korban langsung ke tem-pat orangtua Ip untuk meminta penjelasan.

”Benar, sepeda motor itu su-dah digadaikan kepada Al, untuk membayar ganti rugi. Sebelum-nya pernah menabrak seorang anak kecil sehingga masuk ke rumah sakit. Saat orang tuanya perlu biaya, saya lagi tidak ada uang, makanya nekat meng-gadaikan kendaraan itu,” dalih Ip di ruang sidang, yang ada

hubungan keluarga dengan korban.Saat Ip ditanyai majelis hakim yang diketuai Yunus Sesa, apakah benar keterangan dari saksi tersebut? ”Tidak semuanya benar Pak Hakim, karena pada saat itu Beni sempat keluar menemui saya dan mengatakan pinjam sepeda motornya jangan lama-lama, artinya saya sudah izin dong,” kata pelaku.

Ip mengaku sebelumnya telah meminjam sepeda motor milik Beni Suryadi. ”Saya bilang sama Iman yang pada pagi itu yang membukakan pintu rumah untuk menyampaikan kepada Beni. Karena kunci ada di sepda motor dan telah mendapat izin dari Beni saya langsung saja membawanya” katanya. (vic).

Tertib Administrasi Kunci Good Government

Sepmot Digadaikan Biras

Pontianak Post - [PDF Document] (28)

metropolisPontianak Post 28Jumat 15 Mei 2009

■ Ke Halaman 27 kolom 5

Mereka yang Menggantungkan Hidup dari Koran Bekas

Bersama dua rekannya, setiap hari mengambil kertas ke kantor-kantor atau ke rumah-rumah.

“Setiap harinya menggunakan satu buah mobil berkeliling dari satu kantor satu ke kantor lain, guna mengambil kertas yang akan dijual pemi-liknya, bahkan dalam mencari kertas sampai di daerah KKR,” tambahnya.

Dalam krisis sekarang ini, lanjutnya, bisnis ini juga terkena dari dampaknya. Terbukti dari harga kertas yang turun sejak Desmber lalu. Hingga sekarang belum pernah mengalami kenaikan lagi.“Harga-harga penjualan kertas semua jenis, mengalami penurunan,” ungkapnya.

Menurutnya, kertas jenis putih dulu harganya Rp1.900-Rp2.000, sekarang hanya berkisar seribu rupiah.

Setiap Hari Berkeliling Mencari Calon Penjual Kertas Bisnis jual beli kertas bekas di Pontianak terkena dampak dari krisis global. Hal itu ditunjukkan dengan turunnya nilai jual kertas bekas. Bagaimana pergerakan bisnis tersebut saat resesi melanda?

Fahrozi Pontianak

SEBELUMNYA, melihat bisnis tersebut dari kawannya yang terlihat sukses lewat usaha jual beli kertas bekas. Kemudian pada tahun 2008, mem-beranikan membuka usaha jual beli kertas bekas.

Yanto (32), sudah setengah tahun ini membuka usaha jual beli kertas bekas. Bisnis tersebut dipil-ihnya karena mendatangkan keuntungan lumayan.

perbatasan

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Barat berusaha memastikan kehadiran Presiden Re-

publik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan dua border. “Secara informal Presi-den SBY siap hadir di Kalbar. Tetapi kita butuh berita resminya,” kata Kepala Bidang Pem-berdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan di Badan Pengelolaan Kawasan Perbatasan dan Kerja sama Kalbar Fachraini kemarin.

Ia menyebutkan dua border atau pos pemeriksaan lintas batas yang akan diresmikan yaitu Aruk (Kabupaten Sambas) dan Badau (Kabupaten Kapuas Hulu). Menurut-nya, persiapan peresmian sudah dilakukan sudah cukup lama.

“Pemerintah pusat sendiri sudah melihat kesia-pan daerah untuk peresmian dua border tersebut. Sebab sarana dan prasarana sudah jadi di wilayah Indonesia mau pun Malaysia,” ungkapnya.

Fachraini mengemukakan harapan Pemprov Kalbar dengan dibukanya PPLB secara resmi per-tumbuhan ekonomi perbatasan meningkat. Selain itu, katanya, kegiatan ilegal dapat diminimalisir di dua negara.

“Kami sedang melakukan penjajakan kepada pusat. Sehingga benar-benar mendapatkan kepas-tian kehadiran kepala negara dalam meresmikan dua PPLB tersebut,” ujarnya.

Sekretaris Komisi C DPRD Kalbar Rosliyan Ramli Saleh mengatakan pihak eksekutif telah bekerja keras membangun jalan di kawasan per-batasan. Menurutnya, hasil lobi ke pusat dimana dua border akan diresmikan.

“Tentunya, status jalan provinsi nanti akan diambil alih pemerintah pusat dan dijadikan jalan negara. Sehingga Pemprov Kalbar tidak keteter dalam membangun infrastruktur dasar,” katanya. (riq)

Peresmian Dua Border

Fachraini

BADAN Kepegawa-ian Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat belum menerima surat secara resmi dari pemerintah pusat terkait rencana dimajukan-nya seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ang-garan 2009.

”Kita baru sebatas dapat informasi dan membaca di media ten-tang rencana penerimaan CPNS yang akan di-lakukan sebelum pemilihan presiden. sem*ntara pemberitahuan secara resmi, kita belum terima,” kata Kepala BKD Kalbar Lensus Kandri.

Dijelaskannya, Pemprov Kalbar sudah men-girimkan data usulan yang akan digunakan seba-gai basis penetapan formasi CPNS tahun 2009. “Kita sudah mengajukan usulan formasi ke pusat tapi belum ada jawaban untuk itu,” ujarnya.

Pihaknya juga mendapatkan tembusan laporan tentang sudah diusulkannya formasi CPNS 2009 dari kabupaten/kota lainnya di Kalbar ke pusat. “Memang ada tiga kabupaten yang terlambat mengusulkan formasinya. Itu bisa pengaruh pada jadwal seleksi penerimaan,” katanya.

Lensus menjelaskan, untuk tahun ini Pemprov Kalbar mengusulkan formasi CPNS sebanyak 351 orang, termasuk pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

Kalau pun ada penambahan, Lensus mem-prediksi paling banyak kuota yang diberikan pusat untuk itu sebanyak 10 persen. Untuk Pemprov Kalbar, formasi paling banyak yang diusulkan dalam penerimaan tahun ini yakni tenaga medis.

“Tenaga honorer yang tersisa untuk diangkat CPNS sebanyak 234 orang. Pusat menjanjikan tahun 2009 yang tersisa itu diangkat semua. Kita berharap, janji itu bisa ditepati,” katanya.(zan)

Belum Terima Surat Resmicpns

■ Ke Halaman 27 kolom 5

FAHROZI/PONTIANAKPOST

BEKAS: Bisnis jual beli koran bekas yang juga terkena dampak krisis global.

PONTIANAK – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Radian menilai tidak semua varietas unggul padi coco*k ditanam di Kali-mantan Barat. “Di beberapa tempat, varietas lokal lebih coco*k,” katanya di Pontianak, kemarin.

Ia menambahkan, seharusnya ada subsidi bagi petani yang bersifat lokal

sehingga sesuai dengan karakteris-tik daerah. Radian mencontohkan, varietas padi, pupuk dan sejumlah pendukung lainnya yang berkaitan dengan peningkatan produksi per-tanian. “Harus ada keberanian dari daerah untuk membuat regulasi yang menguntungkan petani,” katanya.

Radian menyebutkan lima aspek

yang harus dilakukan agar produksi pertanian bisa meningkat. Pertama, sarana dan prasarana pertanian harus dibangun. Di Kalbar, kata Radian, tidak ada sawah teknis. “Kalaupun ada masih kurang diperhatikan.”

Begitu juga dengan pupuk yang tidak tepat waktu datang ke petani, termasuk kurangnya subsidi pupuk

untuk petani. Di negara maju saja, pupuk masih disubsidi. sem*ntara di Indonesia masih sangat kurang. Bah-kan skalanya sangat kecil sekali.

Proses produksi juga belum baik dalam subsistem usaha tani. Belum ada perlakuan yang begitu besar terhadap petani.

Perlu Regulasi Untungkan Petani

Radian■ Ke Halaman 27 kolom 5

Lensus Kandri

PONTIANAK – Menyikapi penyelenggaraan World Ocean Conference (WOC) di Manado 11-15 Mei dan penangkapan Direktur Eksekutif Walhi Berry NF, Walhi Kalbar menyatakan sikap menolak pertemuan WOC dan mengutuk kriminilisasi atas aktivis lingkungan.

“Lagi-lagi suara keadilan dibungkam. Aksi yang dilakukan Aliansi Manado 11 Mei lalu dilakukan secara damai, tapi polisi Manado melakuan penangkapan secara paksa,” tegas Direktur Eksekutif Walhi Kalbar Shaban Stiawan, kemarin.

SUNGAI RAYA - Pascapenertiban kios di kawasan Sungai Raya Dalam, pedagang tetap mencari penyelesaian. Setelah mendatangi kantor Komnas HAM Kalbar, giliran kantor wakil rakyat Kubu Raya dijambangi. Bersama f*ckMI (Forum Usaha Kecil Menengah In-

donesia) Kalbar dan 10 perwakilan pedagang, mereka menuntut opsi tempat penganti.

Effendi, ketua f*ckMI mewakili para pedagang dihadapan anggota Komisi D, M Sodiq, Mawardi, Catur dan Arpandi

PONTIANAK-Koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah harus kreatif, produk-tif dan mandiri. Sebagai pelaku usaha juga di-harapkan mampu mengembangkan usahanya dan memberian man-faat yang sebesar-besarnya bagi pening-katan kesejahteraan anggota, bahkan bagi masyarakat di sekitarnya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Herry Djaung ketika mem-buka pelatihan manajemen usaha kecil bagi pengurus koperasi dan UMKM se-Kalimantan Barat di Balai Pelatihan Koperasi, UMKM kemarin (14/5).

Menurutnya, hambatan dalam perkembangan koperasi dan UMKM di Kalimantan Barat yakni kemampun sumber daya manusia, permodalan dan pasar yang masih terbatas.

Pelatihan ini menjadi salah satu upaya Pemprov Kalbar untuk meningkatkan kemampuan SDM koperasi, usaha mik-ro, kecil dan menengah yang tersebar di kabuaten/kota di provinsi ini.

Menurut Herry, untuk mengatasi per-masalahan pemasaran dan permodalan diperlukan SDM yang mampu bekerja mengembangkan usahanya ke depan. Seperti dengan membuat jaring pemasa-ran produk koperasi,

Kecam Penangkapan Aktivis Lingkungan

Usulkan Tiga Lokasi Baru

Pasar Terbatas,Hambat UMKM

Herry Djaung

■ Ke Halaman 27 kolom 5

* Eks Asrama Landak * Kebun Binatang * Terminal C Sui. Raya

SHANDO/PONTIANAKPOST

KECAM: Wahli Kalbar saat menyampaikan kecaman terhadap penangkapan aktivis lingkungan.

MUJADI/PONTIANAK POST

DEMI KELUARGA: Demi ekonomi keluarga, pedagang di Jalan Sungai Raya Dalam ini mencoba bertahan. Mereka menggelar da-gangannya menggunakan fasilitas apa adanya, setelah kiosnya terkena penertiban.

■ Ke Halaman 27 kolom 5

Pontianak Post - [PDF Document] (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Fr. Dewey Fisher

Last Updated:

Views: 6009

Rating: 4.1 / 5 (62 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Fr. Dewey Fisher

Birthday: 1993-03-26

Address: 917 Hyun Views, Rogahnmouth, KY 91013-8827

Phone: +5938540192553

Job: Administration Developer

Hobby: Embroidery, Horseback riding, Juggling, Urban exploration, Skiing, Cycling, Handball

Introduction: My name is Fr. Dewey Fisher, I am a powerful, open, faithful, combative, spotless, faithful, fair person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.